Manufaktur Cat Kayu Kuas Biovarnish Tanpa Meninggalkan Brush Mark

952

Manufakatur cat seperti manufaktur cat kayu kuas Biovarnish di Indonesia mengembangkan cat kayu dengan bahan yang aman mengingat dampak buruk dari cat solvent based.

Furniture dengan tampilan natural kayu tidak bisa lepas dari cat kayu seperti plitur atau pernis. Cat tersebut merupakan cat solvent based yang sering digunakan di Indonesia. Saat ini, cat jenis ini disarankan untuk tidak digunakan karena bahannya yang berbahaya bagi kesehatan maupun lingkungan.

Maka dari itu, manufaktur cat seperti manufaktur cat kayu kuas Biovarnish mengembangkan cat dengan bahan yang aman yaitu jenis cat water based.

Cat Kayu Water Based Lebih Aman Untuk Finishing Kayu

CS Biovarnish

Berbeda dengan halnya cat solvent based yang sudah lama digunakan oleh industri kayu atau mebel di Indonesia, cat water based merupakan jenis cat yang baru dikembangkan oleh beberapa manufaktur cat kayu di Indonesia termasuk manufaktur cat kayu kuas Biovarnish. Jenis cat ini jauh lebih aman daripada cat solvent based karena kandungan bahannya tidak berbahaya dan tidak beracun. Sehingga lebih aman dan nyaman digunakan karena cat water based cenderung tidak menimbulkan bau menyengat.

cat-kayu-untuk-furniture

Kita sering menjumpai furniture yang masih baru terkadang menyisakan bau cat yang sangat menyengat, justru bau yang keluar dari cat tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan karena apabila masuk kedalam tubuh akan menimbulkan gangguan kesehatan seperti gangguan pernafasan, gangguan sistem syaraf ataupun kanker. Maka dari itu, melihat dampak buruk dari cat solvent based beberpa manufaktur cat di Indonesia mengembangkan cat dengan kandungan bahan yang aman jika berinteraksi langsung dengan aplikator dan lingkungan.

Manufaktur Cat Kayu Kuas Biovarnish

Manufaktur cat kayu kuas Biovarnish mengembangkan cat kayu dengan bahan water based acrylic yang diformulasikan khusus sebagai pengganti plitur atau pernis. Sehingga sangat bagus jika digunakan untuk finishing dengan tampilan natural kayu.

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa untuk aplikasi cat water based sama halnya dengan cat solvent based. Daripada penasaran, berikut tahap-tahap finishing untuk tampilan natural kayu menggunakan varian produk Biovarnish:

  1. Untuk memperhalus permukaan media sekaligus membersihkannya maka sebaiknya ampelas terlebih dahulu. Kemudian bersihkan sisa-sisa pengampelasan tersebut hingga benar-benar bersih.
  2. Untuk menutup pori-pori atau menyamarkan cacat pada media maka aplikasikan Biovarnish Wood Filler. Encerkan dengan air terlebih dahulu lalu aplikasikan dengan kuas atau pisau palet. Diamkan selama 20-30 menit kemudian ampelas menggunakan kertas ampelas no. 320
  3. Pilih warna yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Encerkan Biovarnish Liquid Stain lalu aduk hingga larutan tersebut tercampur. Aplikasikan dengan cara kuas atau semprot secara merata. Lalu diamkan selama 60 menit dan apabila sudah kering sentuh maka ampelas ambang menggunakan kertas ampelas no. 400
  4. Untuk memperkuat coating sekaligus memperhalus tekstur maka aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer. Encerkan terlebih dahulu lalu semprotkan ke seluruh permukaan media hingga merata. Diamkan selama 60 menit dan apabila sudah kering sentuh maka ampelas menggunakan kertas ampelas no. 400
  5. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat matte atau gloss untuk mengunci cat sekaligus menciptakan tampilan akhir matte atau gloss. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu secara merata lalu diamkan selama semalaman hingga cat benar-benar kering dan media yang sudah terlapisi cat tersebut siap digunakan.

Pasca finishing, Anda tidak perlu mengangink-anginkan furniture yang sudah terlapisi Biovarnish tersebut di ruang terbuka. Anda dapat langsung menggunakannya karena cat ini tidak mengalami proses penguapan.

Karena tanpa adanya penguapan sehingga lapisan cat tersebut juga akan lebih tahan lama. Dengan demikian, penggunaan Biovarnish akan meminimalisir refinishing dalam kurun waktu lima tahun mendatang.

Biovarnish ini sangat aman digunakan karena bahan yang terkandung dalam cat telah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional seperti regulasi VOC US Enviromental Protection Agency dan regulasi bahan kimia European Chemical Aggency.

Jika Anda seringkali merasa terganggu karena bau serta bahan cat yang berbahaya, dengan cat water based Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut karena sudah dijamin aman dan tidak membahayakan kesehatan.

Karena kandungan bahannya yang aman, cat ini juga tidak menimbulkan bahaya pada anak-anak. Sehingga lapisan cat Biovarnish dapat diaplikasikan pada furniture ataupun mainan anak-anak.

Biovarnish dapat digunakan untuk berbagai media finishing furniture seperti kayu, bambu, rotan, enceng gondok dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, Biovarnish juga dapat digunakan untuk finishing pada kayu olahan seperti plywood, MDF, multiplek dll.

Sebab Biovarnish telah dilengkapi dengan fitur daya rekat film yang kuat dan transparansi warna yang tajam. Selain itu, untuk kebutuhan outdoor seperti tiang rumah kayu, jendela, pintu, gazebo dan area outdoor lainnya, cat ini juga tahan cuaca.

Selain itu, cat kayu ini juga memiliki elastisitas cat yang baik sehinga ketika digunakan pada media yang mudah memuai atau menyusut maka cat dapat menyesuaikan dengan baik.

Bisa dikatakan bahwa cat Biovarnish tidak mengalami proses flacking atau retak-retak karena paparan sinar matahari dan air hujan secara terus-menerus. Maka dari itu, Biovarnish sangat baik ketika digunakan untuk finishing natural kayu pada jendela ataupun pintu.

Biovarnish merupakan salah satu cat water based dari Bio Industries. Nah, tidak hanya Biovarnish, Bio Industries juga menyediakan berbagai kebutuhan perkayuan seperti obat anti rayap, obat anti jamur, bahan bleaching kayu dan poles kayu.

Sudah tahu betapa pentingnya penggunaan cat kayu yang ramah lingkungan, bukan? Yuk, sadari sejak dini menjaga lingkungan dengan memulai penggunaan cat ramah lingkungan.

Cara Pemesanan

Untuk informasi dan pemesanan produk cat ramah lingkungan, silahkan menghubungi kontak yang sudah tercantum pada website berikut. Atau dapat menghubungi Bio Industries via email di [email protected].

Untuk pemesanan yang lebih cepat dan simple, Anda dapat melakukan pemesanan via marketplace. Bio Industries telah memasarkan produk-produk ramah lingkungannya di marketplace kesayangan Anda. Silahkan klik salah satu marketplace ini untuk pemesanan:

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Shopee: https://shopee.co.id/Biovarnish.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here