Teknik Aplikasi Cat Kayu Water Based Pada Tiang Kayu Tanpa Brush Mark

1348

Tiang kayu akan lebih tampak indah dengan diaplikasikan cat kayu water based. Cat tersebut diformulasikan khusus dengan transparansi warna yang bagus dan tajam.

Tiang merupakan sebuah penyangga hunian rumah, bisanya tiang dengan media kayu banyak dijumpai pada hunian rumah tradisional terutama area kepulauan Jawa. Bahkan tampilannya pun masih natural dan memperlihatkan nuansa klasik-tradisional.

Dahulu, untuk menjaga kualitas kayu ketika ditanam ke tanah, kayu akan disiram oli atau minyak tanah. Hal ini bertujuan untuk mencegah kayu terserang rayap.

CS Biovarnish

Namun, sebelum finishing berlangsung maka Anda dapat mengaplikasikan obat anti jamur atau obat anti jamur yang menggunakan bahan kimia tertentu sehingga mencegah rayap, jamur ataupun mikroorganisme lainnya menyerang kayu tersebut.

Baca Juga : apa sih cat kayu yang paling bagus untuk rumah kayu?

Finishing Cat Kayu Water Based Pada Tiang Kayu

Umumnya, treatment seperti yang dijelaskan diatas dilakukan sebelum finishing karena digunakan sebagai pencegahan. Sebab, kayu merupakan salah satu material yang mudah terserang mikroorganisme tersebut.

Terlebih jika kayu tersebut di tanam ke tanah atau digunakan sebagai penyangga rumah maka kayu tersebut akan lebih rawan terserang jamur atau rayap.

Jenis kayu yang sering digunakan sebagai penyangga rumah di rumah-rumah Jawa adalah kayu jati dan kayu glugu. Kedua kayu tersebut memang tergolong kuat namun memiliki ketahanan yang berbeda.

Kayu jati merupakan jenis kayu yang terkenal dengan kualitasnya yang bagus dan bahkan tahan terhadap serangan rayap dan jamur. Sedangkan kayu glugu tergolong jenis kayu yang mudah terserang kumbang bubuk, jamur ataupun mikroorganisme lainnya.

Sedangkan untuk masalah finishing, tiang kayu kebanyakan menggunakan warna-warna natural kayu. Warna tersebut sangat cocok dengan kesan tradisional pada rumah Jawa.

cat-kayu-untuk-Tiang Kayu

Untuk memberikan tampilan natural, gunakan cat kayu water based yang baik digunakan untuk finishing pada tiang kayu. Bahkan cat tersebut jauh lebih aman digunakan daripada cat kayu pada umumnya.

Cat kayu water based tergolong jenis cat kayu yang masih baru di Indonesia, namun cat ini jauh lebih aman daripada cat pada umumnya. Cat yang selalu digunakan pada industri kayu atau mebel di Indonesia masih menggunakan cat kayu solvent based yang cenderung berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.

Cat tersebut tidak baik digunakan karena mengandung timbal dan merkuri selain itu kandungan VOC-nya juga tinggi sehingga sangat dapat berdampak buruk pada kesehatan maupun lingkungan.

Thinner menyumbangkan emisi gas buang yang tinggi bahkan untuk satu liter penggunaan thiner sama dengan emisi gas buang dari 100 liter bensin. Seperti yang diketahui saja bahwa asap dari satu kendaraan bermotor saja sudah mengganggu.

Maka dari itu, saat ini telah keluar kebijakan penggunaan standar emisi gas bung yang rendah yakni Euro untuk setiap kendaraan. Sedangkan untuk standar keamanan rendah VOC yang digunakan sebagai rujukan cat water based, salah satunya adalah regulasi EPA.

Emisi gas buang ini sudah menjadi topik yang serius untuk seluruh dunia sehingga bermunculan batas-batas terhadap produk yang mampu menciptakan emisi gas buang yang tinggi.

Sebagai alternatif, manufaktur cat di Indonesia telah mengembangkan cat kayu water based yang jauh lebih aman. Cat water based yang bagus digunakan untuk finishing tiang kayu dengan tampilan natural adalah Biovarnish.

Selain Biovarnish aman digunakan, kualitas yang ditampilan cat ini pun tidak kalah dengan cat kayu pada umumnya. Bahkan standar gloss pada cat Biovarnish telah memenuhi standar dengan tingkat gloss mencapai 80%.

Meskipun terlihat semi gloss namun Anda dapat menciptakan tampilan yang lebih gloss dengan cara mengaplikasikan cat dengan beberapa layer. Anda tidak perlu khawatir karena boros justru cat ini lebih hemat dibandingkan cat berpelarut organik lainnya. Untuk mengoleskan cat hingga beberapa layer, Anda hanya membutuhkan pelarut air sebagai pengencer cat.

Ini lah yang membuat cat water based lebih ramah lingkungan dan memiliki tingkat emisi gas buang yang rendah. Selain itu, karena penggunaannya air bukan minyak membuat cat ini lebih cepat kering.

Minyak pada cat solvent cenderung lebih lama dikeringkan karena membutuhkan sinar matahari langsung. Meskipun saat ini telah ada cat yang lebih cepat kering namun tetap saja membutuhkan waktu hingga lebih dari satu jam.

Terlebih lagi, cat solvent yang diklaim cepat kering tersebut tetap mengeluarkan gas yang dapat memicu kesehatan seperti pusing, mual, alergi dan lain sebagainya. Tidak hanya dalam kemasan kaleng saja melainkan juga dalam bentuk kemasan kaleng pilox (semprot).

Wajar saja jika cat berbahan solvent tidak disarankan untuk diaplikasikan di tempat yang tertutup. Melainkan harus di tempat terbuka agar gas pada cat tersebut segera hilang.

Dengan demikian, cat water based lebih efisien dan efektif untuk finishing natural kayu. Selain aman dan mudah, cat tersebut juga memberikan hasil natural kayu yang optimal.

Penasaran dengan bagaimana cara aplikasi cat water based Biovarnish? Tenang saja jika Anda masih seorang pemula karena cat ini dapat diaplikasikan oleh semua kalangan baik yang masih pemula hingga profesional.

Dengan kemudahan yang ditawarkan Biovarnish, tentu saja tidak berpengaruh pada hasil finishing. Biovarnish tetap memberikan tampilan yang tajam dengan tekstur yang halus apabila dilakukan secara benar dan tepat.

Bagi Anda yang masih pemula dalam finishing, perhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Untuk memperhalus hasil finishing dan membuat warna sama rata maka sebaiknya ampelas terlebih dahulu permukaan media finishing hingga benar-benar halus dan bersih
  2. Gunakan kuas sponge atau kuas yang sudah terlapisi kain agar terhindar dari brush mark yang membuat tampilan terkesan kasar
  3. Cairkan cat sesuai dengan petunjuk pada kemasan. Cat perlu diencerkan guna menurunkan intensitas warna sehingga tidak terlalu gelap. Dan membuat cat akan lebih mudah diaplikasikan saat tidak terlalu kental.
  4. Cukup keringkan Biovarnish dalam suhu ruangan tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari
  5. Aplikasikan cat searah dengan serat pada media finishing misalkan serat kayu

Memperhatikan hal-hal yang dilakukan selama finishing diatas akan memberikan hasil finishing lebih halus dan sempurna. Untuk tahap finishing, pilih tampilan yang ingin Anda tampilkan misalkan tampilan natural kayu walnut brown.

Sehingga, untuk pemilihan warna pada wood stain sebaiknya memilih warna walnut brown. Nah, Biovarnish menyediakan 20 pilihan warna natural kayu yang lengkap mulai dari yang terang hingga yang gelap.

Pilihan warna natural kayu tersebut dapat diaplikasikan untuk kepentingan indoor ataupun outdoor. Sebab, Biovarnish dilengkapi dengan fitur khusus outdoor yakni tahan terhadap cuaca.

Bahkan Biovarnish juga memiliki fleksibilitas yang baik sehingga cat tersebut dapat menyesuaikan media yang dilapisinya. Kadangkala, seperti media kayu terdapat beberapa jenis yang mudah memuai dan menyusut.

Penyusutan dan pemuaian cat tersebut dapat mengakibatkan cat akan mudah retak seiring waktu. Sehingga membuat tampilan cat terkesan lebih kasar dan membuat cat tersebut tidak dapat melindungi media tersebut dengan baik.

Jika sudah mengetahui hal tersebut, maka perhatikan langkah-langkah finishing Biovarnish dibawah ini:

  1. Larutkan Biovarnish Wood Filler dengan air lalu aplikasikan pada seluruh permukaan media finishing untuk menutup pori-pori atau aplikasikan pada bagian yang cacat seperti lubang bekas paku, retak dll. Jika sudah diaplikasikan, diamkan selama 20-30 menit lalu ampelas dengan kertas ampelas no. 320
  2. Encerkan Biovarnish Wood Stain dengan air kemudian aduk hingga larutan tercampur dengan sempurna. Lalu kuaskan ke seluruh permukaan media finishing secara merata. Kemudian diamkan selama 60 menit, jika sudah kering sentuh maka ampelas dengan kertas ampelas no. 400
  3. Encerkan Biovarnish Clear Coat dengan air dan aduk hingga larutan tercampur dengan sempurna. Setelah tercampur, aplikasikan ke seluruh permukaan media secara merata. Untuk hasil yang optimal, diamkan selama semalaman.
  4. Setelah cat tersebut didiamkan selama semalaman dan benar-benar kering maka media finishing tersebut siap di packing.

Cat Kayu Rendah VOC dan Tidak Berbau

Cat kayu pada umumnya menyisakan bau yang menyengat, berbeda halnya dengan

Cat kayu pada umumnya menyisakan bau yang menyengat, berbeda halnya dengan cat kayu water based Biovarnish yang justru tidak berbau sebab memiliki kandungan VOC yang sangat rendah.

Sehingga sangat nyaman digunakan ketika proses finishing, bahkan tidak menyebabkan pencemaran lingkungan. Biovarnish dijamin aman karena menggunakan bahan yang telah disesuaikan dengan standar regulasi bahan kimia internasional seperti regulasi  US Eniviromental Protection Agency dan European Chemical Agency.

Seperti yang sudah disinggung pada pembahasan diatas bahwa gas buang pada cat memang menimbulkan dampak buruk pada kesehatan dan lingkungan. Cat seperti cat solvent sangat disarankan untuk diaplikasikan di tempat terbuka kandungan bahan kimia berbahaya yang terbuang ke udara.

Hal ini lah yang menyebabkan cat tersebut memiliki dampak buruk pada lingkungan. Maka dari itu, sebaiknya gunakan cat kayu yang aman dan ramah lingkungan seperti cat water based.

Cat water based menjadi solusi paling tepat untuk mencegah meningkatnya polusi udara yang menyebabkan pemanasan global saat ini. Dengan teknologi yang semakin canggih, cat water based diformulasikan untuk mempermudah proses finishing dengan hasil yang tajam.

Tertarik menggunakan cat kayu water based Biovarnish? Untuk pemesanan dan informasi lebih detail tentang Biovarnish, silahkan menghubungi kontak berikut yang tercantum pada website ini atau dapat juga menghubungi via email di [email protected]

Apabila ingin membeli produk Biovarnish dengan mudah, Anda dapat melakukan pemesanan via marketplace. Anda dapat membeli di salah satu marketplace kesayangan Anda dibawah ini!

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Shopee: https://shopee.co.id/Biovarnish.official

 Biovarnish yang justru tidak berbau sebab memiliki kandungan VOC yang sangat rendah.

Sehingga sangat nyaman digunakan ketika proses finishing, bahkan tidak menyebabkan pencemaran lingkungan. Biovarnish dijamin aman karena menggunakan bahan yang telah disesuaikan dengan standar regulasi bahan kimia internasional seperti regulasi  US Eniviromental Protection Agency dan European Chemical Agency.

Seperti yang sudah disinggung pada pembahasan diatas bahwa gas buang pada cat memang menimbulkan dampak buruk pada kesehatan dan lingkungan. Cat seperti cat solvent sangat disarankan untuk diaplikasikan di tempat terbuka kandungan bahan kimia berbahaya yang terbuang ke udara.

Hal ini lah yang menyebabkan cat tersebut memiliki dampak buruk pada lingkungan. Maka dari itu, sebaiknya gunakan cat kayu yang aman dan ramah lingkungan seperti cat water based.

Cat water based menjadi solusi paling tepat untuk mencegah meningkatnya polusi udara yang menyebabkan pemanasan global saat ini. Dengan teknologi yang semakin canggih, cat water based diformulasikan untuk mempermudah proses finishing dengan hasil yang tajam.

Tertarik menggunakan cat kayu water based Biovarnish? Untuk pemesanan dan informasi lebih detail tentang Biovarnish, silahkan menghubungi kontak berikut yang tercantum pada website ini atau dapat juga menghubungi via email di [email protected]

Apabila ingin membeli produk Biovarnish dengan mudah, Anda dapat melakukan pemesanan via marketplace. Anda dapat membeli di salah satu marketplace kesayangan Anda dibawah ini!

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Shopee: https://shopee.co.id/Biovarnish.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here