Finishing Kayu Pinus Untuk Meja Berkonsep Kontemporer

492

Finishing kayu pinus sangat berpengaruh pada tampilan furniture. Untuk menampilkan kontemporer, lebih baik menonjolkan kesan alami kayu saat finishing.

Kayu merupakan elemen yang sering digunakan untuk furniture atau mebel. Salah satu jenis kayu yang digunakan adalah kayu pinus. Kayu pinus memiliki corak yang bagus sepertinya halnya kayu jati. Selain corak, kayu pinus memiliki karakter yang halus dan lebih empuk. Maka sering digunakan untuk furniture bangunan. Namun, kayu pinus tidak diperuntukkan untuk furniture eksterior atau garden karena sifatnya yang mudah lapuk dan tidak tahan cuaca

Furniture interior dengan gaya kontemporer selalu digunakan untuk menampilkan kesan hangat nan alami. Salah satu furniture yang menggunakan kayu pinus adalah meja. Meja bergaya kontemporer biasanya digunakan pada ruang tamu atau ruang makan. Kesan alami nan hangat yang ditampilkan oleh kayu pinus sangat cocok digunakan untuk tempat berkumpul. Adapun langkah-langkah finishing kayu pinus untuk meja bergaya kontemporer.

Tips Finishing Kayu Pinus untuk Meja Berkonsep Kontemporer

Kayu pinus memiliki kecenderungan warna tidak merata ketika diaplikasikan cat karena kayu tersebut memiliki karakter mata dan kantung minyak yang lebih keras.  Anda perlu lebih teliti ketika mengaplikasikan cat ke kayu pinus. Berikut tahap-tahapan yang perlu Anda perhatikan ketika finishing kayu pinus.

  • Bersihkan permukaan meja dengan amplas guna mengangkat kotoran, debu atau minyak yang tertinggal pada meja kayu. Gunakan amplas dengan grade 400 atau 360 untuk meratakan kayu lebih rata dan cepat.
  • Aplikasikan plitur dengan lap atau kuas yang sudah dilapisi kain secara merata.

Lakukan tahap tersebut secara berulang sampai mendapatkan ketebalan warna yang diinginkan. Untuk pengaplikasian plitur tidak disarankan menggunakan kuas karena akan menimbulkan bekas kuas di meja kayu.

Plitur cenderung menimbulkan bau yang menyengat ditambah dengan pelarut minyak atau thinner, sehingga tidak aman untuk Anda dan keluarga. Seyogyanya gunakan cat water based yang lebih tidak berbau dan aman serta ramah lingkungan, karena penggunaan air sebagai pelarutnya. salah satu produk cat water based yang aman dan ramah lingkungan adalah Biovarnish. Karena Biovarnis diformulasikan sesuai standar internasional seperti, US-Environmental Protection Agency (EPA) dan  standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA) REACH. Anda dapat mengunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No.94, Yogykarta untuk mendapatkan produk dan informasi tentang Biovarnish. Atau Anda dapat menghubungi customer care Bio Industries via telp/wa ke no. 0878-3934-6433.

Untuk Biovarnish, gunakan pelarut air dengan perbandingan 2 bahan/1 air. Pengaplikasian Biovarnish tidak berbeda dengan pengaplikasian plitur pada kayu. Untuk mendapatkan kesan kontemporer, lebih baik menggunakan warna alami kayu pinus. Dengan warna alami kayu pinus akan lebih terkesan alami nan hangat. Untuk kenyamanan dan keamanan keluarga Anda, gunakan cat yang aman dan ramah lingkungan karena memiliki kandungan kimia yang lebih sedikit dan tidak menimbulkan bau. Demikian tips finishing kayu pinus untuk meja berkonsep kontemporer. Semoga bermanfaat!

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here