Agar Burung Tidak Stres, Finishing Sangkar Burung Dengan Cat Aman

879

Pengaplikasian cat aman untuk sangkar burung Anda memberikan pengaruh terhadap estetikanya. Selain keindahan, Anda juga perlu menjaga keamanan dengan cat water based.

Apa hewan peliharaan yang Anda miliki saat ini? Selain kucing, anjing atau hewan mamalia, salah satu hewan yang sangat digemari oleh banyak orang adalah burung.  Pada umumnya, peliharaan burung banyak diminati oleh kalangan adam mulai dengan harga yang terjangkau hingga yang berharga fantastis seperti burung paruh bengkok. Jika memelihara burung maka identik dengan sangkar burung untuk mengurung burung-burung kesayangan agar tidak kabur.

Keadaan sangkar burung sangat penting bagi owner atau pemilik hewan peliharaan karena dapat berpengaruh pada kesehatan dari hewan peliharaan itu sendiri. Terlebih jika burung peliharaan tersebut sering dilombakan di ajang perlombaaan bergengsi. Kebutuhan sangkar burung ini sangat penting menjaga burung dalam kondisi yang baik. Wajar saja jika pemilik burung selalu mencari sangkar burung dengan kualitas yang baik.

CS Biovarnish

Banyak penggemar burung mencari sangkar burung dengan kualitas bagus dan juga memiliki estetika yang tinggi. Sangkar burung menjadi salah satu pengaruh juga terhadap penggemar burung, dengan keindahan sangkar maka pemilik juga lebih menyukai burung peliharaannya. Namun, Anda sebagai penggemar burung perlu memperhatikan kesehatan burung Anda. Salah satu faktor yang memicu stres dan penyakit pada burung Anda adalah cat yang digunakan pada sangkar burung Anda. Maka, ketika Anda memelihara burung lebih memperhatikan keamanan cat yang digunakan.

Tidak sedikit pula pengrajin sangkar burung baik yang menggunakan material kayu, bambu ataupun besi pada produk sangkar burung yang dikerjakan justru diaplikasikan cat kayu yang memiliki kandungan bahan kimia berbahaya. Bahkan kandungan bahan kimia pada cat sangkar burung tersebut tidak hanya berpengaruh pada kondisi burung saja melainkan juga pada pemiliknya. Kandungan bahan kimia yang berbahaya pada cat bagi kesehatan hewan peliharaan dan pemiliknya (manusia) diantaranya adalah arsenic, timbal, cadmium dan merkuri. Seberapa bahaya kah cat tersebut bagi kesehatan burung, manusia dan lingkungan?

Kandungan bahan kimia berbahaya tersebut saja sudah membahayakan bagi manusia terlebih hewan peliharaan. Pasalnya, bahan-bahan kimia tersebut apabila mengendep dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan diantaranya adalah gangguan pernafasan, gangguan pencernaan, gangguan sistem syaraf dan ataupun kanker. Tentu saja juga akan berdampak buruk pada hewan diantaranya adalah stress, terganggunya pernafasan dan lainnya. Bahkan kandungan bahan kimia tersebut juga berbahaya bagi lingkungan karena dapat mencemari udara, air ataupun tanah.

Tidak ingin burung kesayangan Anda mengalami gangguan kesehatan diakibatkan oleh zat kimia yang terkandung dalam cat, bukan? Sudah saatnya mengganti cat konvensional yang memiliki kandungan bahan kimia berbahaya dengan cat water based yang ramah lingkungan.

Tips Aplikasi Cat Aman untuk Sangkar Burung

finishing biovarnish pada sangkar burung

Kecenderungan stress pada burung, salah satu faktornya adalah bau cat pada sangkar burung. Cat berbau menyengat, biasanya menggunakan cat solvent based yang berbahaya bagi kesehatan. Cat dengan pelarut solvent based memiliki kandungan kimia yang tinggi, sehingga tidak disarankan untuk aplikasi pada media yang berinteraksi dengan manusia atau hewan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, efek solvent based pada jangka pendek akan terasa pusing sedangkan jangka panjangnya adalah penyakit kanker.

Ada kah cat alternatif untuk sangkat burung yang lebih ramah lingkungan? Saat ini, telah hadir cat untuk finishing kayu ataupun besi yang lebih ramah lingkungan yakni cat water based. Cat ini memang tergolong baru di Indonesia sehingga keberadaannya pun masih cukup langka. Bahkan masih banyak masyarakat Indonesia yang belum menyadari keberadaan cat water based ataupun telah mendengar cat water based namun belum mengetahui info lebih mendalam.

Cat water based berbeda dengan cat solvent based atau cat konvensional pada umumnya. Perbedaan yang mencolok dari cat water based dengan cat solvent based adalah kandungan bahan dan pelarut yang digunakan. Jika biasanya cat harus menggunakan pelarut organik seperti thinner, spiritus atau sejenisnya, berbeda dengan cat water based yang cukup menggunakan air. Pastikan air yang digunakan sebagai pelarut tersebut bersih dan dengan pH 7. Kenapa harus denngan pH 7? Sebab, dengan pH normal akan menjaga tampilan cat sehingga ketika diaplikasikan ke permukaan media finishing tidak akan mengalami perubahan.

Kelebihan lain dari cat water based yang tidak didapatkan pada cat solvent based adalah cat tersebut cenderung lebih bertahan lama  karena tanpa mengalami penguapan. Cat solvent based lebih cepat menguap karena terdapat kandungan minyak didalamnya. Cat yang lebih cepat menguap justru akan lebih cepat memudar sehingga harus segera di cat ulang atau refinishing.Yang menjadi penasaran hingga saat ini adalah cat water based merupakan cat yang terbuat dari air, apakah juga cepat memudar? Jawabannya adalah TIDAK. Cat water based justru dapat bertahan lebih lama dibandingkan cat solvent based meskipun tertumpah dengan air.

Keuntungan lain menggunakan cat water based adalah ketika proses finishing lebih mudah diaplikasikan dan lebih cepat kering. Selain itu, cat water based cenderung tidak berbau dan tidak beracun. Anda tidak perlu khawatir karena di Indonesia saat ini sudah terdapat cat water based yang berkualitas dan kandungannya yang aman

Salah satu produk cat water based yang cocok digunakan untuk sangkar burung Anda adalah Orchid Enamel. Cat ini  diformulasikan sesuai standar keamanan internasional seperti US-Environmental Protection Agency (EPA) dan  standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA) REACH. Maka dari itu, cat ini sangat aman untuk sangkar burung, agar burung peliharan Anda tidak stres dan selalu sehat. Kenyamanan pada sangkar burung adalah hal yang perlu diperhatikan pertama kali, karena memberikan dampak besar pada burung Anda.

Jika Anda ingin membuat sangkar burung, langkah awal yang perlu Anda lakukan diantaranya adalah

Pertama, membuat pola sangkar burung tersebut sesuai dengan pola yang Anda inginkan. Dan pastikan size sangkar burung sesuai dengan ukuran burung peliharaan Anda.

Kedua, potong kayu atau bambu guna membentuk pola yang telah Anda buat sebelumnya.

Ketiga, sebelum memasang potongan tersebut sesuai pola, lebih terdahulu amplas potongan-potongan kayu atau bambu tersebut. Pengamplasan tersebut bertujuan untuk memperhalus permukaan kayu atau bambu sehingga akan mempermudah coating melekat dengan baik pada permukaan kayu.

Keempat, aplikasikan cat aman seperti Orchid Enamel ke sangkar burung Anda dengan metode kuas atau semprot untuk hasil yang merata. Lebih baik Orchid diberikan pelarut air dengan takaran 20% dari Orchid agar cat tidak terlalu tebal atau cair saat diaplikasikan. Pilih warna Orchid sesuai dengan kehendak Anda. Lalu keringkan hingga sangkar burung tersebut benar-benar kering dan dapat digunakan untuk mengurung burung kesayangan Anda.

Pasca finishing, sangar burung dapat langsung digunakan apabila sudah benar-benar kering karena cat pada sangkar burung tidak mengeluarkan VOC yang tinggi, senyawa kimia berbahaya ataupun tidak berbau sehingga akan lebih aman dan nyaman bagi burung peliharaan ataupun pemilik hewan peliharaan.

Setelah pemakaian, cat yang sudah tidak terpakai dapat dibuang di tempat air mengalir atau pada lubang khusus pembuangan. Cat ini tidak berdampak buruk pada air sehingga air pun tidak terkontaminasi bahan kimia berbahaya dan biota didalamnya pun tetap aman. Atau Anda dapat menyimpan cat tersebut di tempat yang teduh dan jauh dari jangkauan anak-anak agar tidak salah digunakan. Meskipun tidak berbahaya, akan lebih baik meletakkan produk seperti cat jauh dari jangkauan anak-anak untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk menjaga tampilan sangkar burung, pastikan untuk selalu membersihkannya secara rutin. Selain menjaga tampilan cat, sangkar burung yang bersih juga dapat menjaga kondisi kesehatan dan burung peliharaan Anda. Nah, sekarang sudah tahu kan jenis cat yang aman untuk sangkar burung atau furniture yang terbuat dari kayu, besi atau serat alam yang aman dan tidak mengganggu kesehatan? Pastikan untuk selalu menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan untuk menjaga keseimbangan lingkungan. Dengan penggunaan produk yang ramah lingkungan akan mengurangi polusi yang merusak keseimbangan alam.

Untuk mendapat informasi lebih lanjut mengenai cat Orchid Enamel, silahkan menghubungi Bio Industries via telp atau WA pada kontak hotline yang tercantum pada website. Atau Anda dapat mengunjungi langsung ke kantor pusat Bio Industries di Jl. Sidikan No.94, Yogyakarta. Demi menjaga keamanan burung peliharaan Anda dan keluarga, lebih baik gunakan cat aman dan ramah lingkungan seperti Orchid Enamel. Demikian tips singkat mengenai aplikasi cat aman untuk sangkar burung peliharaan kesayangan Anda. Selamat Mencoba!

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here