5 Langkah Refinishing Furniture Pallet Kayu Menggunakan Biovarnish

108

Palet kayu dahulu banyak digunakan untuk bantalan pengiriman baik antar kota atau antar negara. Palet kayu yang digunakan untuk bantalan pengiriman pada umumnya tidak hanya menggunakan kayu jati belanda saja melainkan kayu olahan. Namun, untuk paet dari kayu jati belanda saat ini banyak dimanfaatkan sebagai furniture. Furniture yang terbuat dari palet justru memberikan kesan modern dan kekinian karena banyak furniture palet kayu digunakan untuk butik, cafe atau restaurant.

Nah, apakah di rumah Anda menerapkan furniture atau aksesoris dari palet kayu?  Jika iya, ada baiknya untuk mengaplikasikan cat yang memiliki ketahanan air karena kayu jati belanda termasuk jenis kayu lunak. Ya, kayu jati belanda bukanlah termasuk golongan kayu jati sehingga ketahanannya pun rendah. Sehingga dibutuhkan cat kayu yang memiliki perlindungan yang baik terutama terhadap jamur.

Cat kayu yang cocok untuk palet kayu adalah cat dengan tahan air dah memiliki daya rekat film yang kuat sehingga cat tersebut akan melekat dengan baik dan tidak mudah rusak karena air. Terutama ketika Anda harus refinishing palet kayu di rumah Anda, pastikan untuk memilih cat kayu yang aman dan nyaman setelah diaplikaiskan. Pada umumnya, cat kayu akan mengeluarkan bau yang menyengat setelah diaplikasikan sehingga akan memberikan aroma yang tidak nyaman. Nah, saat ini telah muncul cat kayu yang tidak mengeluarkan bau menyengat.

CS Biovarnish

Sangat disarankan pula menggunakan cat kayu yang tanpa bau menyengat saja melainkan juga yang aman digunakan. Cat kayu yang aman tersebut tidak mengeluarkan senyawa kimia berbahaya sehingga tidak menyebabkan polusi udara ataupun gangguan kesehatan. Cat kayu yang aman ini biasanya mengandung VOC yang rendah sehingga kemungkinan keracunan terhadap bahan kimia pun sangat rendah. Refinishing furniture palet kayu menggunakan Biovarnish adalah salah satu solusi untuk kenyamanan penghuni rumah.

Tahap Mudah Refinishing Furniture Palet Kayu Menggunakan Biovarnish

Biovarnish merupakan cat kayu yang terbuat dari water based acrylic yang sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach sehingga kandungan bahan kimia dan VOC pada cat sangat dibatasi agar tidak berdampak buruk pda lingkungan.

Refinishing furniture palet kayu menggunakan Biovarnish sangat mudah dilakukan bahkan jika diaplikasikan sendiri karena ddilengkapi fitur-fitur yang akan memeberikan hasil optimal. Agar hasilnya menarik dan apik, perhatikan langkah finishing dibawah ini:

  1. Amplas terlebih dahulu palet kayu tersebut hingga benar-benar halus
  2. Gunakan Biovarnish Wood Filler untuk menutup pori-pori kayu dan menyamarkan cacat pada kayu seperti mata kayu jati belanda, paku dan lain sebagainya. Setelah diaplikasikan, diamkan setidaknya 30 menit dan apabila sudah kering, amplas hingga serat pada kayu terlihat
  3. Pilih tampilan natural kayu yang diinginkan pada Biovarnish Liquid Stain. Larutkan dengan air lalu aduk hingga homogen. Kuaskan atau semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Setelah itu diamkan selama 60 menit, cukup didiamkan saja di tempat yang teduh. Kemudian amplas ambang apabila sudah kering sentuh.
  4. Gunakan Biovarnish Sanding Sealer untuk memperkuat coating sebelumnya. Lakukan cara finishing dengan tahap diatas
  5. Gunakan Biovarnish Clear Coat dan BioCide SPF agar terlindungi dari serangan jamur. Setelah dicampurkan, aplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Setelah diaplikasikan ke seluruh permukaan kayu, diamkan selama semalaman atau hingga benar-benar kering sempurna.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here