Bahan Pelapis Cat Bagus untuk Furniture Kayu Jati Belanda Bagus

218

Dengan mengaplikasikan bahan pelpais cat bagus untuk furniture kayu jati belanda berkualitas bagus membuat kayu terlihat rapi dan menarik.

Kayu pinus atau juga disebut sebagai kayu jati belanda merupakan salah satu jenis kayu yang saat ini mulai gemar dipakai untuk furniture. Seratnya yang lurus dan halus membuat kayu jenis ini mudah diproses finishing terlebih finishing natural kayu. Kelebihan lain dari kayu jati belanda adalah warnanya yang terang membuat kayu dapat diaplikasikan dengan tampilan apapun. Sayangnya, masalah yang sering terjadi pada kayu jati belanda adalah kantong minyak dan mata kayu. Biasanya bagian kantong minyak dan mata kayu memiliki permukaan yang kasar dan keras sehingga ketika diaplikasikan cat kayu warna natural tidak mudah menyerap membuat warna menjadi tidak sama rata.

Selain itu,  kayu jati belanda ini memiliki ketahanan  yang kurang baik sehingga sangat mudah untuk diserang jamur. Jamur yang sering kali menyerang kayu jati belanda disebut dengan blue stain. Dan, kayu jati belanda tidak tahan terhadap perubahan cuaca ataupun kelembaban udara. Akan lebih baik jika pasca penebangan, kayu jati belanda langsung dilakukan pengeringan. Alasan proses dilakukan secara cepat pasca penebangakn karena setelah penebangan karena kayu jati belanda memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi sehingga rawan terserang jamur (blue stain).

CS Biovarnish

Meskipun banyak memiliki berbagai hal yang harus dipertimbangkan, kayu jati belanda menjadi salah satu kayu favorit saat ini. Pasalnya, tampilannya yang cerah dan tampilan seratnya yang indah membuat kayu jati belanda cocok untuk furniture minimalis modern. Pada umumnya, kayu jati belanda ketika digunakan sebagai material furniture dalam bentuk papan atau palet kayu. Tentu sudah tidak asing lagi dengan palet kayu jati belanda sebab palet biasanya digunakan untuk bantalan pengiriman barang. Karena furniture dengan palet dipandang unik dan memiliki nilai seni membuat kayu palet banyak digemari. Bahkan palet kayu banyak digunakan untuk furniture atau hiasan pada restaurant ataupun butik/distro.

Pasti sudah tidak asing lagi ketika melihat distro atau butik menggunakan palet kayu sebagai hiasan dalam outlet-nya. Biasanya, furniture atau hiasan kayu palet ini akan terlihat lebih artisitik dengan hiasan lampu hias berwarna kekuningan. Kesan hangat dan modern hiasan tersebut membuat banyak orang lebih tertarik untuk datang. Nah, cara ini juga bisa Anda ciptakan sendiri untuk ruangan atau kamar Anda, loh.Sedangkan untuk finishing, kayu jati belanda harus memerlukan lapisan cat karena dasarnya kayu jati belanda memiliki ketahanan yang kurang baik.

Cat  Kayu yang Tepat untuk Kayu Jati Belanda Sebagai Furniture

Bahan Pelapis Cat Bagus untuk Furniture Kayu Jati Belanda

Kayu jati belanda memerlukan lapisan cat kayu untuk melindungi bagian luar kayu dari berbagai kerusakan yang sering terjadi pada furniture kayu. Terlebih dengan tampilan kayu jati belanda yang cerah kekuningan membuat kayu tersebut dapat dilapisi dengan warna cat apapun. Namun, untuk memberikan kesan minimalis modern maka Anda bisa menggunakan warna dasar dari kayu jati belanda tersebut.

Adakalah cat kayu yang mirip dengan tampilan kayu jati belanda? Nah, jika menginginkan hasil transparan kayu jati belanda maka Anda bisa menggunakan pernis. Atau Anda dapat mengaplikasikan langsung cat kayu seperti sanding sealer dan topcoat. Fungsi dan kegunaan dari sanding sealer disini adalah memperhalus tekstur permukaan kayu jati belanda. Sanding sealer tidak hanya memperhalus tekstur saja melainkan juga dapat memperkuat coating setelahnya. Sehingga, cat kayu ini sangat efektif jika digunakan untuk tampilan transparan kayu jati belanda.

Meskipun kayu jati belanda sudah diaplikasikan wood stain ataupun hanya topcoat saja justru tampilan cat tersebut akan lebih cepat pudar. Dengan mengaplikasikan sanding sealer maka cat kayu dapat merekat dengan optimal, tahan lama dan tidak pudar. Terlebih jika cat kayu yang digunakan adalah cat berbahan dasar air. Sebab, cat kayu tersebut biasanya tidak akan mudah memudar karena tidak mengalami penguapan. Cat yang menguap pada umumnya akan lebih cepat pudar dan biasanya cat tersebut adalah cat yang memiliki kandungan minyak didalamnya.

Biovarnish Sanding Sealer menjadi pilihan tepat untuk finishing kayu jati belanda sebab kayu ini memiliki transparansi warna yang baik dan tajam. Berbeda dengan sanding sealer konvensional yang membutuhkan waktu yang lama ketika proses pengeringan, Biovarnish justru lebih cepat. Jika sanding sealer konvensional memakan waktu seharian atau bahkan beberapa apabila tidak terdapat sinar matahari, Biovarnish hanya cukup didiamkan kurang lebih 60 menit dan tanpa dikeringkan dibawah sinar matahari langsung.

Finishing Furniture Transparan Kayu Jati Belanda dengan Biovarnish

Biovarnish merupakan cat kayu berbahan water based acrylic yang berkualitas dan teruji aman karena telah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA)  Reach. Dengan mengaplikasikan Biovarnish, pasca finishing cat tersebut tidak mengeluarkan bau menyengat dan bahkan tidak beracun. Hal tersebut karena bahan-bahan yang sudah disesuaikan dengan standar keamanan diatas. Karena kandungan bahannya yang aman, furniture yang dilapisi Biovarnish akan lebih nyaman sebab tidak mengeluarkan bahan kimia berbahaya sehingga tidak hanya aman untuk furniture pada umumnya saja melainkan juga pada furniture bayi ataupun mainan anak-anak.

Lapisan intermediate cat kayu dengan Biovarnish Sanding Sealer akan membuat tampilan lebih tajam dan kuat. Cara aplikasinya pun sederhana dibandingkan dengan cat kayu pada umumnya karena Anda hanya cukup menggunakan pelarut air dan bisa diaplikasikan dengan cara kuas atau semprot. Namun, khusus untuk sanding sealer Biovarnish disarankan untuk menggunakan cara semprot apabila menginginkan hasil optimal. Meskipun, cat kayu tersebut juga bisa menggunakan cara kuas.

Teknik Finishing Transparan Kayu

  • Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer untuk mengisi pori-pori kayu sekaligus memperhalus tekstur permukaan kayu jati belanda

Larutkan Biovarnish Sanding Sealer dan air dengan perbandingan 2 bahan: 1 air lalu aduk hingga homogen. Aplikasikan dengan cara kuas atau semprot, apabila menggunakan kuas sebaiknya gunakan kuas sponge atau kuas yang sudah terlapisi kain katun. Apabila sudah terlapisi secara merata, diamkan kurang lebih 60 menit. Ketika sudah kering sentuh, amplas ambang seluruh permukaan kayu jati belanda menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400

  • Aplikasikan kembali Biovarnish Sanding Sealer untuk memperkuat dan mempertajam coating sebelumnya. Lakukan cara finishing seperti halnya dengan tahapan awal Biovarnish Sanding Sealer diatas
  • Aplikasikan Biovarnish Clear Coat dan BioCide SPF untuk menciptakan tampilan matte atau gloss sekaligus melindungi kayu dari serangan jamur.

Campurkan Biovarnish Clear Coat, BioCide SPF dan air, sebaiknya pakai BioCide SPF hanya beberapa tetes saja karena sudah cukup melindungi kayu. Setelah larutan tersebut tercampur dengan baik, aplikasikan ke seluruh permukaan kayu secara merata. Untuk 30 menit awal setelah diaplikasikan larutan cat tersebut, perhatikan tampilan yang terlihat. Apabila belum sesuai dengan yang diharapkan, amplas terlebih dahulu lalu aplikasikan cat tersebut. Namun, apabila sudah mendapatkan tampilan yang diinginkan maka diamkan selama semalaman atau benar-benar furniture kayu jati belanda tersebut kering dan siap digunakan.

Demikian pembahasan mengenai cat kayu warna transparan untuk furniture kayu jati belanda. Sebaiknya untuk selalu menggunakan cat kayu yang ramah lingkungan demi kenyamanan dan keamanan lingkungan sekitar Anda.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here