Gunakan Alat Pembakar untuk Serat Kayu Tampak Jelas

493
Gunakan Alat Pembakar untuk Serat Kayu Tampak Jelas

Anda suka melakukan finishing pada kayu? Bagi sebagian besar orang bahkan pengrajin pekerjaan finishing bukanlah kegiatan yang banyak disukai. Bahkan kegiatan finishing memberikan kesan bosan karena proses pengamplasan yang panjang dan harus berurusan dengan bahan finishing yang mengeluarkan aroma menyengat dan kotor.

Namun paradigma tersebut tidak harus Anda teruskan, jika Anda tidak menyukai finishing maka cara mudah ini akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil finishing pada kayu yang menakjubkan dan Anda tidak perlu pusing lagi dengan cat.

Caranya sangat mudah, namun persiapan sangatlah penting. Jenis finishing ini adalah finishing bakar yang berasal dari negara Jepang. Anda bisa menemukan cara ini lebih mudah bahkan lebih menegangkan karena Anda bekerja dengan api. Namun jika Anda memiliki teman atau kenalan yang profesional di bidang ini Anda bisa menanyakan lebih lanjut mengenai proses pembakaran.

CS Biovarnish

Hal yang harus Anda persiapkan di awal adalah kayu, material kayu yang perlu Anda gunakan adalah kayu yang memiliki serat menarik atau serat bukan hanya serat lurus dan terpadu. Anda bisa melihat dari contoh seperti kayu jati.

Untuk jenis kayu kelas di bawah kayu jati yang lebih murah sekali dan mudah didapatkan Anda bisa menggunakan kayu jati belanda atau kayu pinus. Jenis kayu ini akan lebih mudah dibakar dan proses pembakaran sangat cepat karena sifat lunak dari kayu yang mudah terbakar. Sedangkan untuk seratnya Anda bisa mendapatkan serat yang menarik setelah pembakaran.

Material yang akan dibakar juga harus Anda amplas terlebih dahulu. Mendapatkan permukaan yang halus dan juga rata akan mempermudah Anda untuk mendapatkan hasilnya dan pembakaran akan lebih mudah untuk didapatkan.

Kedua setelah material siapkan juga torch atau alat pembakar kayu yang menggunakan gas. Pastikan pematik api menyala dan gas stabil sehingga proses pembakaran terjadi terus menerus tanpa jeda. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Namun sebagai latihan gunakan pada kayu yang tidak terpakai apabila terjadi kesalahan.

Gunakan Alat Pembakar untuk Serat Kayu Tampak JelasSelanjutnya setelah proses pembakaran selesai Anda bisa menggunakan alat pembentuk serat sekaligus untuk membersihkan sisa debu pembakaran. Sikatkan kawat ke permukaan kayu dan bentuk serat atau goresan hapus juga debu pembakaran hingga bersih. Untuk lebih membersihkan lagi Anda bisa menggunakan blower untuk menyemprotkan menggunakan angin pada bagian debu terbakar.

Langkah terakhir dari pembakaran adalah memberikan lapisan pelindung pada kayu yaitu berupa minyak. Lapisi seluruh permukaan kayu menggunakan minyak dan pastikan minyak meresap. Tinggal Anda tunggu kering dan Anda bisa mendapatkan hasil yang sempurna.

Untuk proses pembakaran ini tentu akan lebih mudah dibandingkan dengan finishing menggunakan cat. Ada dua hasil yang bisa Anda dapatkan pada permukaan tergantung dengan proses pembakaran yang Anda lakukan.

Pertama adalah hasil pembakaran yang akan mengeluarkan serat kayu. Anda akan diperlihatkan serat kayu yang benar-benar menyala dan Anda akan mendapatkan semburat api namun Anda tetap memiliki khas warna asli kayu. Apabila Anda menggunakan kayu jati belanda maka Anda akan mendapatkan warna putih atau warna dasar kayu dengan warna terbakar dari kayu.

Kedua hasil yang bisa Anda dapatkan adalah tampilan finishing charcoal. Jika Anda menggunakan cat tentu akan membutuhkan waktu yang lama. Jika Anda menggunakan alat pembakar kayu dengan gas yang tepat dan agak lama maka Anda akan mendapatkan tampilan kayu charcoal.

 

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here