Hikmah Puasa Ramadhan

321

Puasa ramadhan tidak hanya mengajarkan untuk menahan lapar dan haus namun ada banyak hikmah dibalik melaksanakan puasa ramadhan itu sendiri.

Puasa ramadhan tahun 2017 serentak jatuh pada 27 Mei 2017. Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang banyak dinanti oleh umat Muslim. Momen pada bulan ini memberikan sebuah nuansa berbeda dari bulan-bulan yang lainnya. Anda akan banyak menjumpai takjil, terawih, sahur atau kegiatan lain-lainnya.

Puasa ramadhan tidak hanya bertujuan utuk menahan lapar dan dahaga saja. Banyak hikmah yang dapat Anda ambil dalam melaksanakan bulan puasa ini.

Hikmah Dari Puasa Ramadhan

Pada bulan ramadhan, segala amalan kita akan medapatkan pahala. Bahkan tidur pun lebih baik daripada membicarakan sesuatu hal yang sia-sia atau tidak baik. Pada bulan ini banyak orang akan berlomba-lomba melakukan kebaikan, Anda dapat melakukan sedekah, bersilaturahmi dan banyak kegiatan lainnya.

Puasa Ramadhan memberikan banyak hikmah untuk kita memberikan sebuah pelajaran dalm hidup. Tidak hanya untuk menahan lapar, dahaga, ataupun nafsu saja namun berbagai amalan iadah lainnya. Agar lebih bersemangat dalam menjalan ibadah puasa, berikut beberapa hikmah yang bisa Anda petik dalam menjalankan ibadah puasa tersebut.

  1. Mengajarkan Untuk Sabar

Dengan menahan lapar, haus dan nafsu secara tidak langsung kita harus belajar dalam menahan sesuatu. Banyak hal yang sering dilakukan di masyarakat seperti memfitnah, berprasangka buruk ataupun membicarakan orang. Sedangkan puasa ramadhan, mengajarkan kepada umat muslim untuk menghindari perbuatan tersebut dengan cara menahan dan menghindari perbuatan tersebut. inilah salah satu perbuatan sabar yang dapat mendorong seseorang melakukan hal yang baik.

  1. Melatih Disiplin Waktu

Pada puasa ramadhan, umat muslim memiliki waktu khusus dalam melaksanakan ibadah. Pertama adalah waktu sahur. Pada waktu ini umat muslim didunia disunnahkan untuk melaksanakan sahur sebelum menjalankan puasa. Kedua, waktu berbuka. Pada waktu berbuka akan mendorong umat  muslim berbondong-bondong menyiapkan menu untuk berbuka. Ketiga, melaksanakan ibadah terawih. Selama satu bulan penuh, umat muslim melaksanakan rutinitas tersebut. Sahur bertujuan untuk umat muslim dapat bangun lebih pagi dan menjempur rejeki selain itu waktu-waktu tersebut memberikan kepada umat muslim untuk berinstirahat secara cukup.

  1. Menjalankan Hidup Seimbang

Pada bulan ramadhan kita akan menyadari bahwa hidup tidak melulu mengenai dunia seperti bekerja, makan dan tidur namun juga ibadah seperti puasa, bersedekah ataupun ibadah lainnya yang membuat hidup lebih tenang dan barokah.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here