6 Langkah Mudah Finishing Warna Kayu Transparan Pada Furniture

1230

Untuk melindungsi sekaligus mempercantik tampilan maka dibutuhkan coating yang berkualitas seperti halnya dengan sanding sealer.

Sebagian masyarakat mungkin masih awam dengan coating yang satu ini yakni sanding, karena pada dasarnya coating ini sangat jarang digunakan untuk finishing manufakturing mebel. Namun, pada umumnya sanding sealer digunakan untuk finishing dengan hasil natural kayu. Nah, sebelum membahas tentang sanding sealer, akan ada baiknya kita membahas tahap coating yang biasa diaplikasikan pada furniture.

Pembahasan ini sangat tepat sekali bagi Anda yang merupakan orang yang masih awam atau ingin pengaplikasian secara DIY. Karena pada proses finishing diperlukan beberapa tahap untuk menghasilkan tampilan yang maksimal sehingga furniture pun terkesan indah dan menarik. Adakalanya, sebagai pemula akan merasa cukup kesulitan jika harus melalui berbagai tahap finishing. Selain proses finishing yang cukup rumit juga memakan waktu yang lama. Maka dari itu, banyak yang mengabaikan berbagai tahap finishing yang benar dan tepat. Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang pemula adalah cara aplikasi cat.

CS Biovarnish

Jika Anda menginginkan yang praktis, maka cukup diaplikasikan pernis atau plitur, keduanya sama-sama coating kayu untuk warna natural namun perbedaannya adalah pernish digunakan untuk finishing pada furniture interior sedangkan plitur biasanya digunakan untuk finishing pada furniture eksterior. Namun, jika Anda menginginkan tahap yang lebih lengkap maka akan dikenal beberapa tahap diantaranya base coat, main coat dan top coat. Tiga tahap ini biasanya sering dilakukan oleh pengrajin mebeling sehingga wajar saja hasilnya mengagumkan dan tampak indah.

Sedikit tips untuk mengecat secara diy sebagai seorang pemula apabila menggunakan metode kuas adalah

  • Pastikan cat kayu dilarutkan dengan takaran yang tepat agar ketika diaplikasikan pertama kali tidak terlihat gelap. Takaran yang kurang tepat dapat menimbulkan warna yang kurang rata karena bisa saja cat terlalu kental atau encer
  • Gunakan kuas sponge atau kuas yang sudah terlapisi kain katun yang bersih untuk mengurangi adanya bekas kuas
  • Gunakan kuas dengan tekanan yang ringan agar ketika diaplikasikan membuat cat tidak terlalu tebal
  • Aplikasikan cat tersebut searah dengan serat kayu agar mendapatkan warna yang rata dan rapi

Namun, jika Anda menginginkan tahap yang lebih lengkap untuk hasil yang optimal maka akan dikenal beberapa tahap diantaranya base coat, main coat dan top coat. Tiga tahap ini biasanya sering dilakukan oleh pengrajin mebeling sehingga wajar saja hasilnya mengagumkan dan tampak indah. Untuk melakukan tiga tahap tersebut, maka Anda harus bersabar karena prosesnya yang cukup panjang. Anda juga membutuhkan beberapa perlengkapan untuk mempermudah selama finishing. Lalu bagaimana dengan sanding sealer, dimana kah letak sanding sealer pada tahap finishing?

Sentuhan Finishing Warna Kayu Transparan Dengan Sanding Sealer

Furniture sudah menjadi salah satu gaya hidup masyarakat dunia begitu pula dengan Indonesia. Terlebih didukung dengan sumber daya alam yang mendukung, banyak tumbuhan yang diproduksi oleh alam untuk kebutuhan manusia mulai dari sandang hingga pangan. Salah satu yang banyak digunakan disini adalah kayu dan serat alam seperti bambu, rotan, enceng gondok dan lain sebagainya.

Membicarakan furniture maka kita akan membahas tampilannya yang menarik perhatian. Tidak hanya karena desainnya yang unik namun juga warna yang dihasilkan. Salah satu primadona yang banyak digunakan untuk furniture adalah warna natural kayu. Kenapa warna ini begitu banyak diminati oleh masyarakat?

Pada dasarnya, warna natural kayu memberikan kesan rumah lebih hangat dan elegan. Terlebih warna ini sangat menyatu dengan alam sehingga memberikan kenyamanan bagi para penghuni rumahnya. Bahkan, warna natural kayu juga sangat cocok dipadukan dengan segala jenis gaya hunian yang diterapkan. Maka, wajar saja jika kebutuhan furniture tampilan natural kayu tidak surut dari minat masyarakat. Untuk mendapatkan warna natural kayu,  kita sudah singgung diatas yakni diterapkan finishing natural kayu baik dengan aplikasi pernih/plitur atau dengan tahap lengkap (base coat, main coat dan topcoat) namun Anda juga bisa menghasilkan warna natural kayu yang tidak kalah menarik dengan teknik yakni pengaplikasian sanding sealer.

Sanding sealer sendiri memiliki fungsi yang hampir sama dengan main coat. Namun, Sanding sealer ini memiliki proteksi terhadap kayu yang bagus dan hasil warnanya pun sangat bagus. Bisa dikatakan, fungsi sanding sealer hampir sama dengan primer coat pada finishing solid colour. Sehingga, Anda bisa mengaplikasikan langsung ke permukaan kayu.

Untuk hasil yang bagus dan halus, perhatikan prosedur pengaplikasian sanding sealer dibawah ini:

  1. Siapkan material furniture yang digunakan (kayu, rotan, bambu atau serat alam lainnya)
  2. Pastikan material-material tersebut kering dan bersih dari berbagai kotoran dan debu
  3. Kemudian campurkan larutan sanding sealer dan bahan pelarut dengan perbandingan 2:1. Aduk larutan tersebut hingga homogen sempurna.
  4. Aplikasikan sanding sealer dengan sistem semprot ke seluruh permukaan kayu. Pastikan untuk menggunakan spray gun nozle 1.0 sampai dengan 1.5. Namun, apabila Anda tidak bisa menggunakan sistem ini maka Anda bisa menggunakan sistem lain seperti dioles atau dikuas.
  5. Setelah mengaplikasikan ke seluruh permukaan kayu, maka biarkan lapisan tersebut mengering dengan sempurna kurang lebih 60 menit. Cukup diamkan saja media yang telah terlapisi sanding sealer tersebut di tempat yang teduh atau dalam suhu ruangan tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari.
  6. Amplas permukaan kayu dengan amples jenis scotbrite yang bertujuan untuk menghaluskan permukaan lapisan tersebut.

Ingat! Untuk mendapatkan yang sempurna, aplikasi sanding sealer dilakukan setidaknya 3 kali. Setelah tahap pengamplasan pertama, aplikasikan sanding sealer dengan takaran yang sama di atas lapisan yang sudah diamplas tersebut kemudian tunggu hingga kering. Setelah kering, maka amplas kembali agar permukaan lebih halus. Sanding sealer dapat diaplikasikan sebelum atau setelah colouring atau disesuaikan dengan kebutuhan. Jika sanding sealer digunakan sebelum colouring biasanya untuk memotong bulu-bulu halus dan atau menutup pori-pori kecil yang cukup sulit ditutup dengan filler kayu. Sedangkan sanding sealer digunakan setelah colouring bertujuan untuk mengoptimalkan tampilan cat yang sebelumnya agar lebih tajam.

Pastikan untuk selalu mengamplas permukaan kayu yang sudah di sanding sealer guna meratakan permukaan kayu sekaligus merekatkan antarmediate lapisan film agar lebih kuat. Hal ini berlaku untuk semua kebutuhan sanding sealer baik sebelum atau setelah pengaplikasian colouring.

Cat Water Based Menjadi Pilihan Cat Ramah Lingkungan

Kemajuan teknologi menuntut berbagai kebutuhan saat ini juga mengalami perkembangan, tidak hanya itu saja bahkan dengan berkembangnya teknologi mengembalikan produk-produk lebih ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan tingkat polusi dan dampak kesehatan yang diakibatkan produk berbahan kimia yang cukup membahayakan kehidupan makhluk hidup di bumi. Bahkan berbagai konferensi diselenggarakan untuk menggerakkan gerakan hijau untuk diaplikasikan di semua lini kehidupan termasuk cat.

Saat ini kita mulai mengenal cat water based yang notabene cat tersebut adalah cat dengan bahan yang jauh lebih ramah lingkungan daripada cat solvent based. Cat solvent based biasanya adalah cat yang menggunakan bahan pelarut minyak seperti thinner, bensin dan lain sebagainya. Bahan-bahan dalam cat solvent based sendiri juga sangat membahayakan kesehatan dan lingkungan karena kandungan VOC-nya yang tinggi. Salah satu tanda bahwa cat tersebut  cukup tinggi VOC adalah ketika di dalam ruangan, bau sangat menyengat dan membuat pusing ketika dihirup. Ini sangat membahayakan kesehatan karena bisa memicu penyakit kanker hingga kematian.

Berbeda dengan cat water based yang cenderung rendah VOC dan tidak menyebabkan gangguan kesehatan dan lingkungan karena cat ini mampu larut ketika bersentuhan langsung dengan air. Salah satu cat water based atau sanding sealer dengan pelarut air yang ramah lingkungan adalah Biovarnish Sanding Sealer.

Sanding yang satu ini sudah dipastikan aman karena kandungan-kandungan bahannya telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan dar US-Enviromental Protection Agency (EPA) dan Regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA) REACH. Sehingga dipastikan tidak menyebabkan gangguan kasehatan karena tidak mengandung bahan yang beracun, ramah anak dan lingkungan serta tidak menyebabkan bau yang menyengat. Bahkan dengan kandungan bahannya yang aman, Biovarnish juga dapat digunakan untuk kebutuhan finishing furniture bayi, mainan anak-anak, peralatan hewan peliharaan seperti kandang atau sangkar burung dan dapat pula digunakan untuk finishing kitchenette.

Keunggulan lain yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan sanding sealer water based ini adalah daya keringnya yang sangat cepat sehingga jauh lebih efisien waktu. Dan meskipun memiliki daya kering yang kuat ternyata sanding sealer ini juga memiliki daya rekat yang kuat sehingga cat tidak mudah mengelupas atau memudar dengan cepat. Selain itu, tidak mudah blocking ketika tersentuh air atau cairan yang lainnya, hal ini menunjukkan bahwa penggunaan sanding sealer water based jauh lebih baik daripada yang solvent based notabene cenderung mudah blocking ketika tersentuh air.

Pasca finishing, Biovarnish juga tetap aman digunakan karena tidak mengeluarkan bau menyengat dan kandungan bahan yang berbahaya. Jika biasnaya harus dianginkan di ruangan terbuka, Biovarnish justru dapat langsung digunakan karena tidak berbau, tidak beracun dan tidak mengeluarkan bahan-bahan kimia berbahaya. Sehingga penghuni rumah pun akan terasa lebih nyaman. Selain itu, karena tidak mengalami penguapan maka ketahanan cat water based justru lebih lama dibandingkan cat solvent based. Dengan demikian, tampilan atau warna cat Biovarnish tidak mudah memudar. Hal tersebut terjadi karena cat water based tidak mengandung minyak atau solvent. Nah, kandungan minyak ini lah yang membuat cat lama kering dan mudah menguap.

Tidak perlu khawatir, sanding sealer water based ini sudah bisa Anda dapatkan langsung disini caranya pesan sekarang melalui kontak yang tertera pada website ini. Atau Anda dapat order via marketplace https://www.tokopedia.com/biopaint102, https://tokopedia.com/bioindustries atau https://shopee.co.id/biovarnish.official. Atau Anda dapat mengujungi Bio Office Centre di Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta.

Mulai saat ini, pastikan Anda selalu menggunakan produk-produk finishing yang ramah lingkungan guna menjaga kelesatarian lingkungan dan kenyamanan orang-orang sekitar Anda. Seperti penggunaan cat water based yang notabene Anda ikut andil dalam menjaga lingkungan dan orang sekitar Anda dari bahaya senyawa kimia berbahaya yang kini telah banyak mencemari lingkungan.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here