Hidup Sehat Dengan Finishing Kayu Kelapa Cat Aman dan Ramah Lingkungan

999

Teknik finishing kayu kelapa harus dilakukan dengan tepat dan benar. Alangkah baiknya menggunakan cat aman dan ramah lingkungan untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar Anda.

Kayu kelapa merupakan salah satu kayu yang digunakan oleh indutri furniture. Produsen furniture sering memanfaatkan kayu kelapa untuk membuat kusen, tiang rumah bagian depan ataupun dalam, jendela, pintu, rangka atap atau bahkan dapat digunakan untuk pagar. Di Indonesia, untuk mendapatkan kayu ini  tidaklah sulit. Karena Indonesia merupakan beriklim tropis, dan sangat cocok ditumbuhi pohon kelapa.

Kayu kelapan atau juga disebut dengan kayu glugu merupakan jenis kayu yang paling sering digunakan untuk komponen bangunan seperti langit-langit, tiang atau yang lainnya. Biasanya, pemanfaatan kayu kelapa banyak digunakan oleh penduduk pesisir karena bahan bakunya yang mudah dijumpai. Pemilihan kayu kelapa sebagai material bahan baku bangunan karena dikenal kokoh sayangnya kurang rentan terhadap serangan rayap sehingga dibutuhkan obat untuk mencegah kayu terserang rayap atau jamur. Jika dahulu obat pencegah terserang rayap adalah minyak tanah namun untuk saat ini justru sudah dijumpai dengan berbagai macam merk .

CS Biovarnish

Untuk menjaga kualita kayu kelapa dapat bertahan dengan optimal sebaiknya pasca penebangan untuk segera mungkin lakukan treatment. Ya, treatment kayu pada umumnya dilakukan sebelum kayu tersebut digunakan sebagai bahan baku bangunan. Lalu dikeringkan hingga MC 12% atau kurang dari 15%. Standar tingkat kering pada kayu ini bertujuan untuk menjaga kayu agar tidak terlalu basah atau kering. Seperti yang diketahui bahwa kayu kelapa merupakan salah jenis kayu yang memiliki kandungan minyak cukup tinggi.

Karena kekohan dari kayu kelapa saat ini kayu tersebut pun merambah pada furniture atau perabotan dari kayu kelapa. Banyak desainer arsitektur memanfaatkan kayu kelapa untuk furniture eksterior ataupun interior. Selain kokoh, banyak desainer arsitektur memilih kayu kelapa untuk dijadikan furniture karena serat-seratnya yang unik dan jelas. Karena serat tersebut lah yang menjadi salah satu ciri khas kayu kelapa. Dengan tampilan alami serat kayu kelapa dapat menampilkan furniture lebih elegan dan mewah.  Namun, kayu kelapa juga sangat rentan dengan serangan jamur dan serangga seperti rayap atau serangga bubuk kering.  Maka dari itu, sebelum diolah untuk dijadikan bahan furniture alangkah baiknya dilakukan treatment kemudian dilakukan aplikasi finishing kayu kelapa.

Gunakan Finishing Kayu Kelapa Yang Aman dan Tepat

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa kayu kelapa merupakan salah satu kayu yang sangat rentan terkena serangan jamur dan serangga. Selain itu, kadar minyak yang dimiliki kayu kelapa sangat tinggi sehingga harus diperhatikan aplikasi finishing kayu kelapa yang benar dan tepat. Jika salah teknik aplikasi finishing kayu kelapa maka serat kayu akan menyusup dan hal tersebut berbahaya. Maka dari itu, sebelum sampai ke langkah finishing kayu kelapa alangkah baiknya lakukan treatment pada kayu kelapa untuk menghindari serangan jamur dan serangga jahat. Berikut treatment yang dapat Anda lakukan:

  1. Gunakan anti jamur dan anti sekaligus ke dalam air untuk merendam kayu kelapa. Rendam kayu kelapa kurang lebih 1-2 jam.
  2. Kemudian angkat dari rendaman tersebut.
  3. Kayu kelapa di stacking KD di oven klindry sampai benar-benar mengering
  4. Pastikan MC kayu <12%, kemudian amplas kayu kelapa hingga halus.

Setelah Anda melakukan treatment, kayu kelapa sudah dapat digunakan untuk membentuk pola furniture yang telah Anda buat. Langkah selanjutnya adalah tahap finishing kayu kelapa yang sudah dibentuk sebuah furniture. Sebelum melangkah pada finishing maka diperhatikan kembali cat kayu yang harus digunakan. Saat ini cat kayu memang banyak dijumpai di pasaran namun tentu cukup sulit menentukan cat kayu yang bagus untuk finishing kayu kelapa. Namun, Anda dapat membandingkan produk cat solvent based dan cat water based sebagai solusi paling tepat untuk menentukan jenis cat yang tepat.

Cat kayu solvent based merupakan jenis cat yang menggunakan bahan dasar dari solvent atau minyak. Biasanya, cat kayu ini menggunakan bahan pelarut organik seperti thinner atau spiritus. Selama proses pengaplikasian, cat solvent based tergolong mudah dan sederhana namun akan cukup membutuhkan waktu yang lama karena proses pengeringannya yang bergantung dengan cahaya matahari. Sedangkan cat water based merupakan cat kayu yang menggunakan bahan dasar dan pelarut dari air. Karena keberadaannya yang masih sedikit di Indonesia, cat water based tergolong mahal sehingga tidak banyak orang yang menggunakannya. Menariknya adalah cat water based justru lebih aman dan ramah lingkungan dibandingkan cat solvent based, loh. Hal ini dikarenakan cat water based menggunakan bahan dan pelarut air serta memiliki kandungan VOC yang rendah dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Saat ini, banyak produsen cat lokal yang berlomba-lomba untuk mengembangkan cat water based. Nah, salah satu produsen lokal yang khusus mengembangkan cat water based adalah Bioindustries. Bahkan produsen cat ini merupakan pelopor cat water based di Indonesia jadi wajar saja jika kualitas cat water based produk lokal ini mampu bersaing dengan produk cat water based dari luar negeri.Hal ini berdasarkan pengalaman dan selalu dilakukan peningkatan dan perkembangan untuk mendapatkan kualitas cat yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Produk yang cocok untuk kayu kelapa dengan hasil natural adalah Biovarnish. Cat kayu tersebut terbuat dari water based acrylic yang sudah disesuaikan dengan standar keamanan. Dengan fitur transparansi warna yang tajam membuat cat kayu dapat terlihat tajam ketika diaplikasikan.

Adapun langkah-langkah finishing kayu kelapa yang dapat Anda lakukan sebagai berikut:

  1. Pastikan kayu kelapa bersih, amplas jika Anda merasa permukaan kayu kelapa kurang bersih dan rapi
  2. Untuk menutup serat kayu kelapa, aplikasikan Biovarnish Wood Filler. Larutkan terlebih dahulu dengan air lalu aplikasikan ke seluruh permukaan kayu hingga serat kayu kelapa tertutup dengan sempurna. Dengan pori-pori atau serat kayu tertutup dengan baik akan mempermudah cat kayu menciptakan warna yang optimal tajam
  3. Kemudian aplikasikan Biovarnish Wood Stain ke permukaan kayu kelapa. Bahan yang digunakan, disarankan dengan takaran 2 bahan Biovarnish:1 bahan air. Tunggu hingga mengering kurang lebih 60 menit dalam suhu ruangan.
  4. Jika hasil warnanya kurang memuaskan, dapat Anda aplikasikan kembali Biovarnish. Namun, sebelumnya amplas kembali permukaan kayu lalu aplikasikan Biovarnish
  5. Apabila Anda sudah menemukan warna yang sesuai dnegan yang diinginkan, Anda aplikasikan clear coat. Gunakan Biovarnish Clear Coat dengan warna sesuai dengan yang Anda kehendaki. Gunakan clear coat sesuai takaran sepertinya halnya Biopolyture, 2 bahan clear coat:1 bahan air.
  6. Tunggu hingga kering, kemudian lihat hasil yang ditampilkan tersebut.

Bahan-bahan seperti Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Clear Coat dan Biovarnish Wood Stain merupakan produk dari Bio Industries. Bio Industries merupakan perusahaan yang memiliki semboyan Good Chemical Good life dengan maksud perusahaan yang peduli lingkungan dengan memproduksi khusus cat water based yang aman dan ramah lingkungan. Bahaya penggunaan bahan yang dapat mengikis lapisan ozon seperti cat yang mengeluarkan VOC yang tinggi,cat solvent based sudah tidak disarankan untuk digunakan. Cat tersebut salah satu yang dapat menyebabkan lubang lapisan ozon melebar dan global warming semakin menjadi. Maka dari itu, disarankan menggunakan cat yang aman dan ramah lingkungan.

Cat water based sudah digalakkan di benua Amerika dan Eropa sejak belasan bahkan puluhan tahun lalu untuk mencegah pemanasan lingkungan dan menjaga lingkungan sekitar. Sedangkan di Indonesia, salah satu langkah peduli lingkungan dan go green adalah banyak produsen cat yang mulai mengembangkan cat water based aman dan ramah lingkungan, salah satunya Bio Industries. Cat water based, seperti BioColours Biopolyture yang menggunakan bahan sesuai dengan formulasi standarisasi keamanan internasional seperti US-Environmental Protection Agency (EPA) dan standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA)REACH.

Anda pasti ingin menjaga lingkungan sekitar Anda, bukan? Tidak maukah Anda menggalakkan go green dengan menggunakan cat aman dan ramah lingkungan? Jika iya, angkat telphone Anda dan hubungi Bio Industries via telp pada kontak hotline yang tertera pada website ini. Jika Anda berada di kawasan Yogyakarta dan ingin membeli produk cat water based secara langsung, silahkan kunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan. No.94, Yogyakarta. Mari galakkan go green dan peduli lingkungan sekitar Kita dengan menggunakan finishing kayu kelapa yang aman dan ramah lingkungan. Semoga dengan ulasan singkat mengenai langkah-langkah melakukan finishing kayu kelapa tersebut akan memberikan inspirasi dan memudahkan Anda. Bumi Aman, Anda pun Aman.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here