Ini Hasilnya Jika Cara Sanding Kayu Jati Belanda Salah

346
Ini Hasilnya Jika Cara Sanding Kayu Jati Belanda Salah

Apakah Anda menyukai pekerjaan mengamplas? Jika Anda pertama kali akan mengamplas sebuah kayu jati belanda maka banyak yang harus Anda pelajari sebelum melakukan pengamplasan. Ketika mengamplas kayu maka pahami jenis kayu apakah kayu lunak atau keras.

Selain jenis kayu yang akan diamplas, pemilihan amplas dan juga teknik yang digunakan akan mempengaruhi kecepatan bahkan tingkat halus yang sesuai dan Anda butuhkan. Anda bisa mendapatkan kayu jati belanda halus dengan cara sanding kayu jati belanda yang benar.

Namun apa jadinya jika ternyata Anda melakukan kesalahan dan jenis kesalahan apa saja yang dapat timbul ketika melakukan sanding kayu jati belanda? Berikut ini hasil kesalahan yang akan ditimbulkan jika cara sanding kayu jati belanda Anda salah dan perlu melakukan cara memperbaiki yang benar.

  • Permukaan yang kasar
CS Biovarnish

Walaupun Anda melakukan pengamplasan namun permukaan kasar tetap saja masih ada. Baik itu pada bagian ujung atau siku bahkan pada permukaan kayu yang datar. Permukaan kasar bisa disebabkan oleh berbagai macam hal kebanyakan terjadi karena Anda salah dalam penggunaan amplas.

Penggunaan amplas yang tepat agar permukaan halus adalah sesuai dengan urutan angka grit dari rendah ke tinggi. Jika Anda menggunakannya dari angka yang tinggi ke rendah maka Anda tidak akan segera mendapatkan permukaan kayu jati belanda yang halus.

Lakukan pengamplasan persiapan kayu dari nomor  180 , 220, 240. Pada saat pengamplasan pada permukaan lapisan coating Anda bisa menggunakan amplas dengan ukuran 400.

  • Permukaan kayu bergelombang

Anda mungkin sudah mendapatkan permukaan kayu yang halus namun ternyata permukaan kayu jati belanda yang halus tersebut tidak rata. Permukaan bergelombang dan Anda harus mencari jalan keluarnya. Tidak usah panik.

Ini Hasilnya Jika Cara Sanding Kayu Jati Belanda Salah
Pengamplasan dengan mesin.

Masalah kayu bergelombang seringkali muncul karena Anda tidak menggunakan blok kayu atau blok buatan dari pabrik. Blok ini berfungsi untuk mendapatkan permukaan kayu yang rata. Anda bisa mulai menggunakan blok sanding untuk mengamplas.

Lanjutkan pengamplasan dengan kertas amplas yang dibalutkan pada blok sanding.

  • Permukaan bekas sander

Jika Anda menggunakan mesin sanding atau bisa hand sander dengan perputaran pengamplasan yang salah maka akan menimbulkan permukaan kayu bekas sander membentuk swirls. Bentuk ini akan terlihat sekali ketika Anda melakukan pengecatan dengan pernis.

Persiapan lantai kayu biasanya akan membentuk kesalahan ini karena mesin amplas yang digunakan sangat berat. Jika orang yang mengamplas lantai kayu belum profesional maka kesalahan ini akan mudah muncul.

Untuk mengatasinya Anda perlu pengamplasan ulang. Dalam pengamplasan yang benar maka Anda harus menggunakan mesin dengan tepat. Dalam kasus hand sander, Anda perlu menggunakan amplas kasar untuk menghilangkan permukaan yang tajam.

Arah yang dilakukan adalah bergerak lebih cepat jangan berhenti dalam satu titik terlalu lama. Gerakan juga perlahan jangan terlalu cepat. Nikmati waktu pengamplasan Anda dan jangan terburu-buru.

Ganti kertas amplas Anda jika grit pada kertas sudah habis. Amplas yang sudah habis akan membuat Anda menimbulkan permukaan yang sama dan tidak halus. Dengan begitu Anda akan memperbaiki permukaan yang tidak rata.

Nah dalam hal ini perlu Anda perhatikan gerakannya. Anda bisa mengamplasa searah jarum jam dan pastikan tidak terlalu keras menekan yang akan merusak mesin sanding. Namun juga jangan sampai mesin menguasai tangan Anda.

Pastikan Anda telah menguasai mesin terlebih dahulu, jika perlu praktekan terlebih dahulu pada permukaan kayu yang lainnya.

 

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here