Sanding Sealer untuk Cat Kayu Terbaik Guna Memperhalus Tekstur Kayu

88

Dalam proses finishing maka dibutuhkan tahapan per tahapan untuk hasil yang optimal. Seringkali, aplikator mengaplikasikan lebih dari satu jenis cat kayu untuk tampilan natural kayu. Ya, untuk tampilan natural kayu tidak cukup jika menggunakan satu jenis cat kayu seperti plitur apabila menginginkan tampilan yang tajam dan menarik. Sehingga dibutuhkan cat kayu lainnya agar tampilan lebih menonjol, tajam dan memiliki nilai seni yang tinggi. Apakah pengaplikasian cat lebih dari satu jenis harus dilakukan? Bagi seorang profesional, tahap pengaplikasian cat kayu mulai dari tahap basecoat, maincoat dan topcoat adalah sebuah keharusan. Hal tersebut sangat berpengaruh pada hasil dan membuat furniture memiliki nilai komersiil yang tinggi.

Adakalanya aplikator mengaplikasikan sanding sealer untuk mendapatkan hasil tajam pada furniture. Sebagian orang mungkin masih awam dengan sanding sealer dalam proses finishing. Pasalnya, aplikasi sanding sealer ini biasanya sering dilakukan oleh industri mebeling. Bukan hanya sekedar mendapatkan hasil yang tajam dan optimal, pengaplikasian sanding sealer juga diklaim mempermudah proses finishing. Seberapa penting kah penggunaan sanding sealer pada tahap proses finishing?

Sanding sealer merupakan lapisan cat dasar dengan tampilan transparan sehingga ketika diaplikasikan warna natural kayu akan tetap terlihat serat dari media yang dilapisinya. Sanding sealer juga memiliki peran yang penting selama proses finishing diantaranya untuk memotong bulu-bulu halus yang kadangkala saat pengamplasan keluar. Pada umumnya, bulu-bulu halus tersebut sangat sulit diamplas setelah diaplikasikan sealer atau wood stain. Dengan pengaplikasian sanding sealer membuat bulu-bulu halus menjadi kaku dan akan mudah dipotong. Maka dari itu, sanding sealer memiliki peranan yang penting selama finishing terutama saat pengamplasan. Selain itu, sanding sealer juga mampu menutup pori-pori kayu jadi warna cat kayu pun akan lebih optimal. Lalu apa perbedaan dari sanding sealer dan filler kayu?

CS Biovarnish

Sanding sealer dan filler kayu memang memiliki satu peranan yang sama yakni menutup pori-pori kayu. Perbedaannya adalah sanding sealer bertujuan untuk menutup pori-pori kayu yang kecil sedangkan untuk menutup pori-pori kayu dalam ukuran yang besar maka dibutuhkan filler kayu. Wajar saja jika sanding sealer menjadi alternatif paling sering digunakan oleh aplikator untuk hasil finishing natural kayu terlihat tajam dan maksimal. Fungsi lain dari sanding sealer untuk cat kayu terbaik adalah agar lapisan coating terlindungi dan memperhalus tekstur media finishing yang dilapisinya.

Cara Memilih Sanding Sealer untuk Cat Kayu Terbaik Tampilan Natural Kayu

Seperti halnya dengan cat kayu pada umumnya, untuk hasil yang baik tentu dibutuhkan cat kayu dengan kualitas terbaik. Di pasaran, cat kayu terdiri dari berbagai merk dan disuguhkan dengan berbagai fitur-fitur unggulan. Sebagai seorang konsumen pastinya harus selektif dalam memilih, apabila salah memilih maka hasilnya pun tidak akan maksimal. Begitu pula dengan sanding sealer, agar fungsi sanding sealer tersebut dapat bekerja secara optimal maka dibutuhkan beberapa faktor.

  • Memiliki Daya Rekat Film Yang Kuat

Sanding sealer akan bekerja secara optimal apabila mampu melapisi lapisan coating dengan kuat agar cat tersebut bisa memotong bulu-bulu halus secara optimal dan tidak mudah rusak ketika diamplas. Kerekatan film tersebut dapat mempengaruhi sanding sealer bertahan lebih lama.

  • Efektif Melindungi Permukaan Kayu

Fungsi dari coating pada proses finishing adalah melindungi permukaan kayu dari berbagai faktor perusak. Apabila lapisan sanding sealer tersebut mudah retak maka dengan mudah kayu pun rusak. Dengan perlindungan sanding sealer maka akan menutup pori-pori kayu dan mampu menyamarkan cacat pada kayu sehingga memberikan kesan yang apik.

  • Good Self-leveling

Untuk menghasilkan coating yang optimal maka dibutuhkan sanding sealer dengan daya kerataan yang baik. Ketika diaplikasikan, sanding sealer mampu teraplikasi dengan rata dan sempurna.

  • Mudah diamplas

Seperti yang sudah disinggung diatas, tujuan penggunaan dari sanding sealer adalah agar pengamplasan lebih mudah. Apabila lapisan sanding sealer ini alot maka cukup sulit diamplas dan pastinya akan mempersulit proses finishing selanjutnya.

Cara Aplikasi Sanding Sealer untuk Hasil Halus dan Tajam

Sanding sealer sudah banyak dijumpai di pasaran namun akan lebih baik jika Anda menggunakan sanding sealer yang ramah lingkungan. Seiring dengan era new normal saat ini, penggunaan produk ramah lingkungan memiliki peran yang baik terhadap lingkungan. Faktanya, cat kayu yang ramah lingkungan tersebut tidak beracun disebabkan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Salah satu sanding sealer yang ramah lingkungan yakni Biovarnish sanding sealer yang notabene menggunakan bahan dan pelarut air.

Biovarnish sanding sealer memiliki kerekatan dan daya sebar yang baik ketika diaplikasikan ke permukaan kayu. Bahkan selama proses pengeringan, sanding sealer ini tergolong cepat sehingga akan lebih efisien waktu. Maka dari itu, Biovarnish sanding sealer cocok digunakan oleh pengrajin, penghobi, industri mebeling ataupun DIY karena prosesnya yang cepat dan hasilnya optimal.

Berikut teknik aplikasi sanding Sealer untuk cat kayu terbaik warna transparan natural kayu:

  • Pastikan permukaan kayu yang akan dilapisi sanding sealer diamplas terlebih dahulu agar permukaannya lebih halus dan rata sehingga akan mempermudahkan coating melekat dengan sempurna.
  • Apabila sebelumnya diaplikasikan dempul atau filler kayu, pastikan setelah pengamplasan membersihkan debu-debu sisa amplas
  • Larutkan sanding sealer dan air lalu aduk hingga larutan tersebut tercampur dengan baik. Kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Agar hasilnya optimal, Anda bisa menggunakan spray gun untuk mengaplikasikannya ke permukaan kayu. Namun, Anda juga bisa menggunakan cara kuas baik dengan kuas spon atau kuas yang dilapisi kain katun yang bersih.
  • Untuk proses pengeringan, cukup diamkan dalam suhu ruangan atau di tempat yang teduh. Untuk hasil kering sentuh, diamkan kayu yang dilapisi sanding sealer kurang lebih 20-30 menit sedangkan untuk hasil kering amplas maka diamkan kurang lebih 60 menit. Jika sudah kering, amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400. Pada tahap awal pengaplikasian sanding sealer ini bertujuan untuk menutup pori-pori sekaligus memotong bulu-bulu halus pada kayu..
  • Lakukan pengaplikasian kembali sanding sealer dengan tujuan memperhalus tekstur dan agar mendapatkan hasil finishing yang rapi
  • Setelah pengaplikasian Biovarnish Sanding Sealer pada tahap kedua, amplas ambang kembali sebelum diaplikasikan dengan Biovarnish Clear Coat sebagai tahap akhir yakni topcoat.

Biovarnish sanding sealer dapat pula diaplikasikan sebelum atau setelah wood liquid stain untuk hasil yang optimal. Tujuannya adalah untuk memperkuat tampilan coating liquid stain sehingga membuat coating tersebut terkesan lebih tajam.

Pasca finishing menggunakan sanding sealer ini, Anda tidak perlu mengangin-anginkan terlebih dahulu di luar ruangan sebelum digunakan. Pasalnya, furniture yang dilapisi Biovarnish dapat langsung digunakan karena tidak mengalami penguapan, tidak mengeluarkan bau menyengat dan tidak beracun sehingga membuat penghuni rumah merasa lebih nyaman dan tidak khawatir akan bahaya dari senyawa kimia yang terdapat pada cat tersebut. Nah, pastikan sejak sekarang menggunakan produk ramah lingkungan demi menjaga kesehatan Anda dan orang sekitar.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here