5 Macam Material Lantai Outdoor Serta Kelebihan dan Kekurangannya

2
Memilih Sanding Sealer Berkualitas untuk Flooring

Untuk mempercantik halaman seperti teras ataupun taman, banyak motif lantai yang dipilih serta material tertentu agar lantai outdoor terkesan elegan dan menarik.

Halaman yang terbuka tidak hanya dapat dihias menggunakan rumput saja. Bagian teras juga menjadi elemen penting untuk diberikan sentuhan yang menarik sesuai material lantai yang digunakan.

Banyak orang yang salah kaprah tentang penggunaan material lantai outdoor. Jika Anda salah dalam pemilihan lantai, bukan hanya tidak menarik untuk dilihat tapi juga akan menmbulkan kerugian yang tidak sedikit.

CS Biovarnish

Oleh karena itu, penting sekali untuk mengenali material lantai outdoor agar halaman atau teras Anda terkesan lebih elegan dan estetik. Berikut beberapa ulasan mengenai macam-macam material lantai outdoor yang bagus untuk teras atau taman.

5 Macam Material Lantai Outdoor dengan Tampilan Estetik

Lantai outdoor bukan hanya sekadar motif atau corak yang diinginkan oleh penghuni rumah saja. Hal ini memang penting namun hal yang tidak kalah penting lainnya adalah penggunaan material lantai outdoor.

lantai kayu yang diaplikasi menggunakan lem Crossbond

Tidak semua material lantai akan menghasilkan kesan yang menarik sehingga cukup mengganggu pemandangan pemilik atau tamu yang sedang berkunjung. Sedangkan ketika seseorang memiliki rumah pasti menginginkan kesan rumah tersebut menarik dan nyaman bagi siapa saja yang sedang berkunjung, bukan? Berikut 5 macam material lantai outdoor yang akan mempercantik halaman Anda:

  • Kayu Solid

Kayu solid tidak hanya dapat digunakan untuk furniture atau konstruksi rumah saja, tapi juga dapat digunakan untuk lantai. Penggunaan kayu akan menimbulkan kesan estetik yang natural sehingga terkesan lebih mewah dan elegan. Menariknya penggunaan kayu adalah suhu lantai akan tetap stabil karena kayu dapat menyerap suhu dengan baik.

Untuk pemasangan kayu solid cukup rumit karena harus menggunakan alat pres agar tidak terdapat sela sehingga orang yang menginjaknya akan terasa lebih nyaman. Selain itu, perawatan harus dilakukan secara rutin dan hati-hati karena rawan tergores. Sedangkan kayu yang sudah tergores cukup mengganggu ketika melangkahkan kaki dan bahkan menimbulkan kecelakaan kecil.

  • Kayu Komposit

Kayu komposit ini berbeda halnya dengan kayu solid. Jika kayu solid dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, kayu komposit justru lebih terjangkau. Kayu komposit ini terbuat dari vynil dan plastik sehingga untuk pemasangannya pun mudah dan memberikan kesan natural karena tampilannya yang semacam kayu solid.

Oleh karena terbuat dari plastik, jenis lantai ini cukup licin sehingga sangat tidak aman baik orang yang sudah lanjut usia. Selain itu, plastik yang digunakan mudah menimbulkan panas. Untuk perawatannya pun hampir sama dengan lantai kayu solid.

  • Keramik Atau Porselain

Material keramik atau porselain adalah material yang paling banyak diterapkan di Indonesia. Selain harganya yang murah, motif dari keramik juga sangat banyak sehingga konsumen akan dengan mudah memilah-milah sesuai dengan seleranya.

Kelemahan dari keramik adalah mudah pecah apabila pemasangannya kurang tepat. Selain itu, apabila selalu terpapar sinar matahari atau air hujan akan cepat rusak. Anda harus lebih berhati-hati ketika menginjak keramik karena material ini dikenal licin.

  • Batu Granit

Jika yang satu ini memiliki ciri khas dengan tampilan kilaunya yang menyerupai kaca. Material batu granit sangat cocok jika diterapkan di teras karena dapat memantulkan kesan yang elegan dan mewah. Untuk masalah harga, batu granit cukup mahal dibandingkan dengan keramik.

Karena hampir mirip dengan keramik, batu granit juga cukup mudah patah apabila pemasangannya tidak benar. Selain itu, batu granit juga merupakan material yang licin sehingga perlu berhati-hati ketika menginjaknya.

  • Beton

Beton adalah material yang dikatergorikan sangat awet untuk diterapkan pada bagian outdoor. Bahkan perawatannya pun cukup mudah yakni cukup dengan disapu saja. Meskipun dikenal sangat kokoh dan tahan lama, permukaan beton ini cukup kasar sehingga cukup menyiksa kaki jika Anda berjalan dengan kaki telanjang.

Selain itu, karena tampilan beton adalah warna semen sehingga terkesan monoton. Oleh karena itu, dibutuhkan desain yang unik. Sayangnya, jika Anda ingin mendesain beton pada rumah Anda maka harus menyiapkan dana yang lebih.

Pastikan Anda memilih material lantai outdoor sesuai dengan kebutuhan dan badget yang Anda miliki saat ini sehingga pengeluaran tidak terlalu banyak dan keuangan Anda tetap aman.

Cara Finishing Material Lantai Outdoor Kayu

Penggunaan lantai kayu yang terbuat dari kayu solid atau pun kayu komposit membutuhkan finishing. Apa yang disebut dengan finishing? Finishing atau langkah terakhir yang dibutuhkan adalah dengan mengecatnya.

Karena intensitas gesekan lantai kayu lebih sering maka dibutuhkan cat kayu yang tidak mudah tergores dan awet ketika sudah diaplikasikan ke permukaan kayu tersebut. Anda dapat menggunakan serangkaian Biovarnish dan Biothane 2K.

Untuk kayu solid umumnya tampilan kayu cenderung pucat sehingga dibutuhkan pewaraan. Nah, Anda dapat mengaplikasikan Biovarnish Liquid Stain terlebih dahulu untuk memberikan sentuhan warna natural kayu yang tajam. Daripada penasaran, berikut tahap-tahap finishing pada material lantai outdoor:

  • Pastikan lantai kayu tersebut sudah siap untuk difinishing yakni permukaan kayu sudah halus dan bersih.
  • Larutkan Biovarnish Liquid Stain dengan air lalu aduk hingga larutan tercampur. Kemudian oleskan atau kuaskan ke permukaan kayu secara merata. Diamkan selama 60 menit dan apabila sudah kering sentuh maka ampelas ambang menggunakan kertas ampelas grid 400
  • Untuk memperkuat coating dan memperhalus teksturnya, aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer yang sebelumnya sudah dilarutkan dengan air. Setelah diaplikasikan, diamkan sekurangnya 60 menit kemudian ampelas ambang menggunakan grid 400 apabila sudah kering sentuh
  • Terakhir, aplikasikan Biothane 2K yang sudah dilarutkan dengan air. Setelah itu, diamkan selama semalaman atau cat benar-benar kering.
  • Setelah kering, lantai kayu sudah siap untuk digunakan.

Pada tahap finishing di atas, cat tersebut hanya cukup menggunakan palarut air karena jenis cat tersebut adalah cat water based. Meskipun demikian, ketahanan cat ini sama bagusnya dengan cat kayu pada umumnya. Bahkan selain kualitasnya yang mirip produk cat import, cat tersebut juga aman dan ramah lingkungan.

Dimana bisa order Biovarnish dan Biothane? Anda dapat langsung menghubungi kontak hotline yang tercantum pada website ini. Dan Anda juga dapat order melalui marketplace kesayangan Anda yakni

Shopee: https://shopee.co.id/bio.official

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here