5 Material yang Bagus untuk Tangga Rumah

36

Rumah dua lantai bergaya minimalis mulai banyak meminati. Hal ini berpengaruh pada jenis tangga yang akan diterapkan.

Rumah dua lantai merupakan solusi yang baik untuk rumah minimalis karena membutuhkan ruang tambahan seperti tempat menjemur pakaian, kamar dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, dibutuhkan penghubung menuju ke lantai dua yakni tangga. Sedangkan tangga sendiri memiliki berbagai banyak model dan desain yang bisa Anda terapkan.

Jika rumah Anda merupakan rumah minimalis, perhatikan kembali desain dan material tangga yang akan digunakan. Alangkah baiknya untuk menghindari tangga yang full terbuat dari beton karena membuat tangga tampak berukuran besar dan membuat ruang menjadi terlihat sempit.

5 Jenis Material yang Bagus untuk Tangga Rumah Minimalis

CS Biovarnish

Jika Anda tinggal di rumah minimalis dan ingin menggunakan tangga dari beton maka yang harus diperhatikan adalah desain tangga itu sendiri. Sedangkan bagi Anda yang menginginkan desain minimalis yang estetik, tidak ada salahnya mempertimbangkan material yang akan digunakan.

Inspirasi Desain Tangga Yang Tepat Untuk Rumah Sempit

Di sini akan dijelaskan beberapa jenis material yang baik digunakan untuk tangga. Berikut 5 rekomendasi material tangga rumah yang bagus.

  • Tangga Lantai Parket

Tangga yang menggunakan parket memang terkesan mewah dan elegan. Parket sendiri secara umum dibagi menjadi dua yakni parket kayu solid dan parket kayu imitasi. Keduanya memberikan kesan ruang yang natural dan elegan namun cara pemasangannya yang cukup berbeda.

Lantai parket harus dihubungkan dengan benar dan apabila menggunakan kayu solid, alangkah baiknya menggunakan alat pres sehingga kayu dapat melekat antar sisi dengan optimal. Berbeda dengan kayu imitasi yang cukup ditempelkan saja namun jenis lantai ini juga memiliki resiko licin.

Perawatan lantai parket cukup mudah. Cukup bersihkan dari debu serta rutin mengepel untuk mempertahankan kualitas tampilan parket.

Selain itu, sebaiknya sebulan sekali untuk memoleskan wax kayu untuk menjaga tampilan kayu agar tetap tajam.

  • Tangga Lantai Kayu Jati

Tangga lantai kayu jati hampir sama dengan lantai parket namun yang membedakan adalah pola yang diterapkan. Secara umum, lantai kayu jati berbentuk balok atau lembaran dan tinggal dipasang. Oleh karena menggunakan kayu solid maka Anda harus memasangnya dengan hati-hati agar setiap lantai dapat melekat pada anak tangga dengan optimal.

Untuk perawatan, sebaiknya pel menggunakan lap setengah basah sehingga air tidak menggenang dan menyerap ke dalam kayu. Anda juga dapat menggunakan vacum cleaner untuk membersihkan debu-debu yang menempel pada kayu. Alangkah baiknya, setiap sebulan sekali untuk mengaplikasikan wax dengan rutin.

  • Keramik

Tangga keramik cukup sering diterapkan pada rumah hunian. Selain mudah dijumpai di toko bangunan, harganya pun juga bervariasi. Dan perawatannya pun cukup sederhana yakni bersihkan setiap hari dari debu menggunakan sapu dan pel secara rutin untuk membersihkan debu membandel serta noda-noda yang melekat pada keramik.

Sayangnya, lantai keramik cukup licin dan rentan pecah sehingga Anda harus lebih berhati-hati. Meskipun demikian, lantai tangga keramik ini cukup kokoh ketika digunakan.

  • Karpet

Lantai tangga yang selanjutnya cukup sering digunakan adalah karpet. Secara umum, karpet untuk lantai tangga bisa diterapkan pada hunian rumah minimalis.

Selain memberikan kesan yang mewah, penggunaan karpet juga cukup karena permukaannya tidak licin ketika digunakan. Untuk membersihkannya, Anda harus rutin membersihkan debu menggunakan vacum cleaner agar debu tidak menumpuk, sehingga karpet tetap bersih dan nyaman ketika digunakan.

  • Besi

Salah satu material yang cukup sering digunakan untuk lantai tangga rumah minimalis adalah tangga yang terbuat dari besi. Desain tangga ini cukup fleksibel karena Anda dapat mendesainnya dengan mudah. Cukup memberitahukan ke tukang besi maka tangga sudah siap diterapkan pada rumah minimalis.

Untuk rumah minimalis, sebaiknya menggunakan model tangga besi berbentuk spiral atau melingkar. Selain lebih hemat tempat, tangga tersebut juga memberikan kesan yang estetik namun tetap nyaman ketika digunakan.

Untuk menjaga keawetan tangga besi, usahakan untuk meminimalisir tangga terkena air, atau jika tangga terkena air, selalu lap menggunakan kain kering.

Teknik Finishing Khusus Untuk Lantai Tangga Rumah Minimalis

Teknik finishing yang dimaksudkan adalah lantai tangga dari kayu atau parket. Kedua material ini tergolong material yang rawan mengalami kerusakan karena sangat rentan lapuk.

Oleh karena itu, lantai tangga dari kayu harus dilakukan perawatan yang tepat serta aplikasikan cat khusus sehingga dapat melindungi kayu dengan optimal. Salah satu cat kayu yang bagus untuk finishing pada lantai tangga rumah dari kayu adalah Biothane 2K.

Biothane 2K mengandung hardener sehingga ketika diaplikasikan ke lantai tangga kayu akan dapat terlindungi dengan baik. Tangga kayu tidak akan mudah tergores bahkan tahan terhadap air sehingga lebih awet.

Penggunaan jenis cat Biothane 2K akan menghemat proses refinishing karena apabila Anda menggunakan cat kayu biasa kurang dari 5 tahun harus mengecat ulang. Hal ini dikarenakan cat selalu terkikis oleh gesekan.

Untuk melapisi lantai tangga rumah, Anda juga dapat mengaplikasikan Biovarnish Sanding Sealer terlebih dahulu sebelum Biothane 2K. Kedua cat ini ramah lingkungan sehingga ketika diaplikasikan di dalam rumah tidak mengeluarkan bau cat menyengat dan tidak beracun.

Cara Pemesanan Biothane dan Biovarnish Sanding Sealer

Untuk pemesanan produk Biothane dan Biovarnish Sanding Sealer, Anda dapat menghubungi kontak yang tercantum pada website ini. Namun, jika ingin melakukan order lebih praktis dan sederhana, Anda dapat order via marketplace di bawah ini.

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Shopee: https://shopee.co.id/bio.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here