Refinishing Lantai Kayu Sungkai Menggunakan Biovarnish Agar Tampak Mengkilap Natural

135

Rumah Anda menggunakan lantai kayu atau parket dari kayu sungkai? Sudah saatnya di cat ulang apabila sudah mengalami beberapa masalah seperti permukaan kayu yang sudah kasar karena gesekan benda tumpul, warna cat yang mulai memudar atau warna yang tidak sama rata diakibatkan oleh tumpahan air.

Kayu sungkai merupakan salah satu material alam yang sering digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti furniture, kerajinan, vinir ataupun konstruksi bangunan. Kayu ini juga sangat cocok digunakan untuk lantai kayu karena tingkat kekerasannya yang tinggi sehingga akan awet apabila diinjak setiap hari. Sayangnya, kayu ini memiliki tingkat kekerasan, ketahanan dan keawetan yang berbeda sehingga penangannya pun cukup sulit. Dengan tingkat kekerasan, ketahanan dan keawetan yang kurang seimbang akan membuat kayu sungkai mudah retak dan patah. Sehingga dibutuhkan penanganan khusus agar kayu tersebut bisa digunakan dengan baik.

Selain alasan kekerasannya yang baik, kayu sungkai banyak dipilih karena tampilannya yang memesona. Kayu untuk lantai ini memiliki warna yang pucat dengan serat yang lurus melengkung yang rapi sehingga untuk cat yang biasa digunakan pada kayu sungkai pun kebanyakan warna natural kayu karena seratnya yang indah. Untuk mendapatkan tampilan natural kayu, Anda bisa menggunakan pernis apabila menginginkan warna asli kayu sungkai atau plitur apabila menginginkan tampilan natural kayu yang lain.

CS Biovarnish

Lantai kayu yang menggunakan kayu sungkai sudah banyak dilirik oleh peminatnya sehingga harga jualnya pun cukup terjangkau. Nah, apabila Anda sudah menggunakan parket atau lantai kayu sungkai dan sudah saatnya untuk refinishing atau pengecatan ulang maka gunakan cat kayu yang memiliki ketahanan yang bagus. Selain itu, pastikan untuk menggunakan cat kayu yang aman agar tidak berdampak buruk pada kesehatan ataupun lingkungan. Refinishing lantai kayu sungkai menggunakan Biovarnish adalah pilihan yang tepat karena cat tersebut sudah menyesuaikan dengan standar keamanan bahan kimia.

Refinishing Lantai Kayu Sungkai Menggunakan Biovarnish

Karena cat kayu tersebut digunakan untuk lantai maka untuk menggunakan cat kayu dengan daya rekat filmya yang kuat. Biovarnish adalah salah satu cat kayu yang direkomendasikan untuk lantai kayu karena dilengkapi dengan berbagai fitur seperti daya rekat film yang kuat, tarikan kuas yang ringan, daya sebar yang luas jika disemprot, tahan air, tahan cuaca dan memiliki elastisitas yang baik. Wajar saja jika Biovarnish sangat disarankan untuk proses finishing baik pada lantai kayu, furniture interior, furniture eksterior ataupun konstruksi bangunan.

Biovarnish merupakan cat kayu berbahan dasar air yang sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US EPA (Enviromental Protection Agency) dan ECHA (European Chemical Agency) Reach. Sehingga bahan pada cat tersebut dipastikan aman bahkan aman juga untuk finishing furniture bayi ataupun mainan anak-anak. Nah, untuk mengaplikasikan Biovarnish pun cukup sederhana. Berikut tahap refinishing lantai kayu sungkai menggunakan Biovarnish:

  1. Agar cat yang lama hilang pada permukaan kayu maka amplas terlebih dahulu hingga benar-benar hilang. Sebab, apabila cat lama masih menempel permukaan kayu maka hasilnya pun tidak akan optimal. Kemungkinan agar mempengaruhi tampilan warna sehingga  warnanya akan tidak sama rata.
  2. Setelah sudah dipastikan bersih, aplikasikan Biovarnish Wood Filler. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu terutama bagian yang cacat seperti bagian kayu yang retak atau sejenisnya. Setelah diaplikasikan, diamkan terlebih dahulu setidaknya 30 menit. Dan apabila sudah kering, amplas permukaan kayu sungkai yang sudah diaplikasikan filler tersebut.
  3. Kuaskan Biovarnish Liquid Stain yang sebelumnya sudah dilarutkan dengan air ke seluruh permukaan kayu sungkai. Pastikan untuk mengaplikasikannya searah dengan serat kayu kemudian diamkan selama 60 menit. Jika sudah kering sentuh, amplas ambang permukaan kayu tersebut.
  4. Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer ke seluruh permukaan kayu secara merata. Lalu diamkan dalam suhu ruangan selama 60 menit. Jika sudah kering sentuh, amplas permukaan kayu tersebut
  5. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat matte atau gloss yang sudah dicampurkan dengan BioCide SPF ke seluruh permukaan kayu. Fungsi dari BioCide SPF tersebut adalah agar kayu terlindungi dari serangan jamur permukaan yang sering kali muncul disaat ruangan lembab atau keadaan kayu yang lembab. Dan apabila sudah diaplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Kemudian diamkan dalam suhu ruangan selama semalaman atau kering sempurna. Sehingga lantai kayu pun sudah bisa digunakan pada ruangan.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here