Cara Mengecat Tanpa Brush Mark

217
Cara Mengecat Tanpa Brush Mark

Menghindari brush mark adalah tujuan akhir dari semua orang yang mengecat. Lagi pula, Anda menghabiskan banyak energi untuk mengerjakan proyek Anda. Anda ingin itu juga terlihat dilakukan secara profesional. Ini adalah salah satu hal yang paling sering ditanyakan yaitu tentang proyek  pengecatan.

Kiat pengecatan hari ini akan memastikan Anda mempelajari cara terbaik untuk mengecat tanpa brush mark atau goresan yang terlihat. Cara terbaik untuk mengecat untuk menghindari sapuan kuas adalah, tentu saja, menggunakan penyemprot cat berkualitas tinggi.

Cara Mengecat Tanpa Brush Mark
Adanya brush mark setelah mengecat dengan kuas.

Namun, tidak semua orang memiliki satu di antaranya dan bahkan jika Anda adalah salah satu yang beruntung, beberapa proyek hanya meminta dicat dengan tangan. Misalnya, harus dicat di tempat, daripada memisahkan mereka dan menyemprotkan cat di garasi. Tidak peduli seberapa hati-hati Anda, akan ada overspray. Juga, menyiapkan dan membersihkan penyemprot cat sepertinya terlalu banyak bekerja untuk proyek-proyek kecil.

CS Biovarnish

Tapi Anda masih bisa mendapatkan hasil finishing yang sangat profesional dan halus dengan kuas jika Anda mengikuti kiat-kiat mengecat tanpa brush mark berikut ini:

Tip # 1 Cat dengan tingkat glossy yang lebih rendah

Cara termudah untuk mengecat tanpa brush mark adalah mengecat dengan cat yang yang tidak memiliki tingat glossy tinggi. Cat ini akan menyembunyikan ketidaksempurnaan, termasuk sapuan kuas paling banyak. Namun, itu tidak berarti Anda harus menggunakannya. Ada banyak tips lain yang akan membantu.

Tip # 2  Arah sapuan kuas

Baik itu Anda akan mengecat dengan warna natural atau duco, pemilihan arah pengecatan sangat penting. Anda akan mendapatkan cat yang sempurna bebas brush mark jika Anda menyapukan cat hanya dalam satu arah.

Pada kasus cat warna natural karena Anda akan memperlihatkan serat kayu maka sapuan kuas harus sesuai dengan arah serat kayu. Sedangkan jika Anda akan mengaplikasikan cat duco Anda juga harus mengecat satu arah. Maka akan menghindari munculnya brush mark.

Tip # 3 Teknik mengecat yang membantu menghilangkan sapuan kuas

Jangan menekan terlalu keras pada kuas. Jika serat kuas mulai mengembang, Anda menekan terlalu keras.

  • Cara Mengecat Tanpa Brush Mark
    Cara mengecat dengan kuas tanpa brush mark.

    Warnai detail dan kemudian ratakan.

  • Mengaplikasikan cat semi kering akan menyebabkan brush mark. Jika Anda kehilangan tempat atau melakukan kesalahan, rapikan dengan amplas saat kering dan lapisan berikutnya akan memperbaikinya.
  • Anda ingin menggunakan lapisan tipis, tetapi jangan “meregangkan” cat pada kuas. Cat dengan lapisan tipis akan membuat Anda lebih mudah mengamplas jika terjadi kesalahan.
  • Jika Anda dapat bekerja cukup cepat, gambarkan dengan lebih pendek untuk cakupan terbaik. Kemudian kembali dan perkecil cat dengan menyeret kuas dari satu ujung ke ujung lainnya. Anda akan memuluskan setiap punggungan di antara goresan yang lebih pendek. Anda tidak dapat melakukan ini jika cat mulai kering, jadi cepatlah.

Tip # 4 Mengecat tanpa brush mark dengan cat yang tepat

Gunakan cat dengan waktu kerja yang panjang. Waktu kerja adalah berapa lama sebelum lapisan atas cat mulai mengering, pada dasarnya berapa lama Anda harus memanipulasinya.  Ada banyak sekali jenis cat yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan hasil yang cepat kering.

Sebagian besar orang berpendapat bahwa cat water based cepat kering, namun Anda juga harus memperhatikan kemudahan pengamplasan karena lapisannya yang tipis. Dibandingkan dengan cat solvent dimana Anda harus mengamplas dengan berat karena ketika sekali salah aplikasi cat akan mengeras dan terlalu sulit untuk diamplas.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here