Tips Aplikasi Cat Kayu Yang Benar Untuk Meja Belajar Agar Anak Nyaman

1381

Furniture anak akan memberikan kenyamanan saat bermain atau belajar apabila cat yang digunakan pada cat kayu clear merupakan cat yang aman.

Anak-anak merupakan makhluk yang memiliki keingintahuan yang tinggi. Bahkan waktu yang dihabiskan seharian banyak dilakukan untuk bermain. Bermain bagi anak-anak merupakan salah satu cara untuk belajar disekelilingnya. Maka dari itu, kamar anak-anak pun harus didekorasi sebaik mungkin untuk menambah kenyamanan dan kesenangan anak saat bermain. Furniture yang digunakan pada kamar anak-anak pun harus didesain senyaman mungkin guna mendukung saat bermain.

Suasana yang menarik pada kamar anak dengan furniture-furniture khusus anak akan mendukung pola belajar anak dengan baik. Maka dari itu, furniture anak didesain dengan tampilan yang menarik dan sesuai dengan kesukaan dari anak-anak. Saat ini, banyak furniture yang di warna dengan berbagai karakter disney atau super hero. Hal tersebut bukan karena sekedar mendukung keindahan semata melainkan juga bertujuan untuk anak lebih nyaman ketika bermain di kamar.

CS Biovarnish

Furniture yang sering berada pada ruang kamar anak Anda, salah satunya adalah meja belajar. Penataan yang tepat dan bentuk yang menarik memberikan ketertarikan belajar anak. Tidak hanya bentuk meja belajar, namun corak serta warna juga mempengaruhi minat anak untuk belajar. Jika Anda terlanjur menggunakan furniture dengan cat kayu clear, lebih baik padukan cat tembok yang lebih cerah seperti warna hijau, sehingga memberikan kesan hangat pada kamar anak Anda.

Meja belajar dengan warna alami tidak hanya digunakan untuk ruang hunian klasik melainkan juga dapat digunakan pada hunian rumah minimalis. Ruangan yang sempit kadang menjadi kendala ketika menata letak meja belajar. Memanfaatkan sudut ruang kamar adalah salah satu alternatif untuk menata meja belajar pada kamar. Dengan penataan serta warna furniture meja belajar yang tepat sangat mempengaruhi suasana ruang tersebut. Jadi sesuaikan memilih cat kayu clear dengan furniture ruang kamar anak Anda agar tidak terkesan berantakan dan sempit.

Memilih Cat Kayu Yang Bagus Untuk Meja Belajar Anak

Furniture anak sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan anak itu sendiri agar anak merasa nyaman dan semangat saat bermain ataupun belajar. Begitu pula dengan meja belajar yang diletakkan di dalam kamar anak. Untuk mendapatkan kesan yang natural, Anda juga bisa menerapkan meja belajar dengan tampilan natural kayu, loh. Warna tersebut memang cocok digunakan untuk berbagai furniture bahkan furniture bayi sekalipun.

Kesan natural pada furniture anak akan memberikan kesan yang tenang dan alami. Wajar saja jika warna natural kayu biasanya banyak diterapkan pada furniture hunian rumah. Akan lebih baik jika Anda memadukan dengan furniture lain sehingga ruangan pada kamar anak Anda akan terasa lebih hidup. Nah, bagaimana jika ingin mengecat sendiri pada furniture anak dengan tampilan natural kayu?

Mengecat secara DIY dibutuhkan cara yang benar agar hasil akhir finishing pun terkesan lebih rapi dan halus. Banyaknya kesalahan yang dilakukan saat finishing justru membuat furniture terkesan kasar dan warna yang berantakan. Nah, untuk mendapatkan hasil yang optimal maka dibutuhkan finishing dengan berbagai tahap. Penggunaan plitur pada furniture memang memberikan hasil yang menarik namun belum tentu bisa optimal. Jika hanya menggunakan plitur saja maka kemungkinan cat lebih cepat pudar atau mengelupas.

Akan lebih baik jika Anda mengaplikasikan filler kayu dan topcoat sebab fungsi dari setiap bahan finishing berbeda. Filler kayu bertujuan untuk menutup pori-pori kayu sehingga tampilan cat akan lebih cepat tajam, selain itu akan memberikan kemudahan cat lebih memberikan warna yang sama rata. Sedangkan untuk topcoat bertujuan untuk mengunci warna dan menciptakan tampilan gloss, doff ataupun matte pada furniture.

Tips Menggunakan Cat Kayu Clear Untuk Meja Belajar

Anak-anak merupakan makhluk yang rentan terhadap senyawa kimia terutama pada cat furniture. Karena organnya yang masih begitu lemah dalam menerima berbagai senyawa kimia tersebut membuat anak-anak rentan terserang penyakit. Sayangnya, cat kayu yang banyak digunakan selama ini pada furniture anak adalah cat konvensional yang justru mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. Selain berbahaya, bau cat tersebut juga sangat menyengat sehingga membuat anak-anak merasa tidak nyaman. Maka dari itu, pasca finishing cat konvensional sangat disarankan untuk didiamkan di ruangan yang terbuka untuk mengurangi bau cat tersebut.

Untuk menjaga kesehatan anak Anda, sebaiknya gunakan cat kayu yang lebih ramah lingkungan. Salah satu cat kayu yang direkomendasikan untuk finishing natural pada furniture anak-anak adalah cat water based. Cat kayu tersebut merupakan cat kayu yang menggunakan bahan-bahan kimia yang aman dan berbahan dasar air. Pelarut yang digunakan oleh cat ini juga menggunakan air sehingga akan lebih ramah lingkungan.

Untuk merawat meja belajar dengan warna alami, gunakan cat kayu clear agar meja belajar tersebut lebih tampak baru. Anak-anak biasanya akan lebih antusias belajar atau melakukan sesuatu dengan senang hati jika yang ia gunakan tampak baru. Berikut tips melakukan perawatan meja belajar dengan menggunakan cat kayu clear coat:

  1. Amplas terlebih dahulu meja belajar anak Anda untuk menghilangkan debu atau minyak yang masih tertinggal di permukaan kayu.
  2. Pengamplasan ini bertujuan untuk mempermudah cat kayu melekat dengan baik dan mempertajam tampilan.
  3. Jika Anda melihat bagian-bagian kayu yang berlubang atau rusak, aplikasikan dempul untuk menyamarkan kerusakan pada permukaan kayu. Anda bisa menggunakan filler kayu dari Biovarnish yakni Biovarnish Wood Filler. Sesuaikan tampilan warna filler kayu dengan cat kayu yang akan diaplikasikan.
  4. Amplas kembali meja belajar tersebut agar bekas yang didempul lebih merata.
  5. Setelah itu lap bekas amplas dengan kemoceng atau lap kain lainnya. Lalu aplikasikan cat kayu clear Biovarnish Clear Coat dengan menggunakan kuas yang sudah dilapisi kain agar tidak meninggalkan bekas kuas.
  6. Diamkan selama 30 menit pertama, apabila pada tahap ini masih terlihat hasil yang belum sesuai dengan keinginan maka Anda dapat mengaplikasikan kembali Biovarnish Clear Coat.

Untuk pengaplikasian yang cepat memang sering menggunakan plitur, namun efek yang ditimbulkan biasanya menimbulkan bau yang sangat menyengat. Bau tersebut akan mengganggu kenyamanan anak dalam belajar, sehingga gunakan cat yang aman, tidak beracun dan tidak berbau salah satunya adalah Biovarnish. Cat tersebut merupakan pengganti plitur konvensional dan shellac gum. Pengaplikasiannya pun tidak jauh berbeda dengan penggunaan plitur, namun pengeringan butuh waktu yang sedikit lama agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Biovarnish diformulasikan sesuai dengan standarisasi keamanan internasional seperti US-Environmental Protection Agency (EPA) dan  standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA) REACH.  Karena disesuaikan dengan standar keamanan regulasi internasional, bahan-bahan pada Biovarnish seperti bahan kimia dan VOC pun sangat dibatasi agar aman digunakan bahkan oleh anak-anak. Kelebihan lain dari Biovarnish tidak hanya cat kayu dengan kandungan bahannya yang aman melainkan juga kualitas hasil serta proses finishingnya yang sederhana.

Berbeda dengan cat konvensional yang memerlukan sinar matahari untuk proses pengeringan, Biovarnish hanya cukup didiamkan dalam suhu ruangan. Bahkan dalam kurun waktu satu hari saja,  furniture yang sudah terlapisi Biovarnish pun sudah dapat digunakan. Harus kah diangin-anginkan terlebih dahulu? Biovarnish tidak mengandung minyak dan VOC sehingga dapat langsung digunakan. Kandungan VOC ataupun pelarut organik pada cat tersebut bisa mengeluarkan bau menyengat. Sedangkan kandungan minyak pada cat konvensional bisa mengurangi tampilan pada cat dengan perlahan seiring waktu penggunaan furniture.

Dengan produk ramah lingkungan akan membuat anak-anak lebih leluasa saat bermain atau belajar. Pastikan saat ini mulai dengan produk-produk ramah lingkungan untuk mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan dan kesehatan orang-orang di sekitar lingkungan Anda. Penasaran bagaimana kelebihan lain serta tips penggunaan Biovarnish? ntuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Biovarnish, silahkan menghubungi Customer care Bio Industries Anda dapat menghubungi kontak hotline yang sudah tertera pada website ini. Atau Anda dapat mengunjungi kantor Bio di Jl. Sidikan no. 94, Umbulharjo, Yogyakarta.

Pastikan penggunaan cat yang aman untuk hunian rumah demi kenyamanan keluarga terutama anak Anda. Salah satu ruangan yang perlu Anda perhatikan adalah kamar anak Anda. Kenyamanan ruang belajar pada kamar anak menentukan minat anak Anda untuk belajar. Jadi, pilih furniture dan warna sesuai dengan kenyamanan buah hati Anda. Demikian ulasan singkat mengenai tips aplikasi cat kayu clear untuk meja belajar anak Anda. Semoga Bermanfaat!

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here