Jenis Cat untuk Lemari Kayu yang Mudah Aplikasinya

1464
Jenis Cat untuk Lemari Kayu yang Mudah Aplikasinya

Sedang mencari jenis cat untuk lemari kayu yang mudah diaplikasikan? Sudahkah Anda datang ke toko besi dan melihat satu per satu merk cat kayu yang mereka miliki? Lemari Anda mungkin saat ini sudah tampak usang dan saatnya memperbaikinya kembali. Maka pemilihan jenis cat tidak akan terlepas dari proyek restorasi lemari lama Anda menjadi baru kembali.

Ada banyak cara dan juga jalan yang bisa Anda tempuh untuk menyelesaikan penampilan baru dari lemari kayu yang lama di rumah. Namun satu hal yang harus Anda paham adalah bagaimana Anda akan melakukan finishing nantinya.

CS Biovarnish

Apabila Anda akan melakukan finishing sendiri maka melihat jenis cat sekaligus alat yang disarankan untuk digunakan tidak ada salahnya lhoh. Ini juga akan mepengaruhi para pabrik furniture yang menggunakan mesin untuk proses finishing furniture mereka.

Perkembangan teknologi pun telah mempermudah para pengrajin untuk proses melakukan finishing. Tadinya proses finishing dianggap salah satu langkah yang paling menyita waktu dan untuk mendapatkan hasil yang sempurna banyak hal yang harus ditempuh. Bagi Anda yang tidak ingin salah dalam mengambil keputusan dan belajar untuk finishing maka di sinilah tempat yang tepat.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan cat kayu yang aplikasinya mudah maka pilihlah dengan baik jenis cat apa yang harus dibeli. Berikut ini beberapa jenis cat yang bisa Anda beli untuk proses aplikasi mudah:

  1. Cat polyurethane

Cat polyurethane adalah cat yang memberikan lapisan transparan pada lemari kayu. Cat ini bisa diaplikasikan dengan alat semprot untuk hasil yang rata dan juga halus. Tentu saja spray gun dan kompresor bukanlah hal asing lagi bahkan di tingkat DIY woodworking. Selain itu cat ini akan memberikan perlindungan yang sangat kuat pada lemari kayu agar bisa lebih tahan lama.

  1. Pernis water based

Jenis Cat untuk Lemari Kayu yang Mudah AplikasinyaSangat mudah untuk mendapatkan pernis kayu water based. Pernis ini bisa dibeli langsung di toko bahan bangunan hingga pada toko online. Pernis water based memiliki hasil tampilan yang sama dengan polyurethane hanya saja hasil tampilan yang diberikan bervariasi mulai dari doft hingga gloss. Walaupun tingkat gloss yang diberikan tidak akan setinggi polyurethane atau cat melamin.

Proses aplikasi pernis water based ini bervariasi mulai dari penggunaan kuas hingga alat semprot. Ada banyak pernis water based yang kini dirancang khusus untuk hasil finishing menggunakan kuas. Penampilannya akan sangat halus dan rata. Anda tidak perlu bermasalah lagi dengan hasil finishingnya.

  1. Cat enamel

Jika ingin mendapatkan hasil warna solid pada lemari kayu maka Anda bisa mempertimbangkan cat enamel. Aplikasi cat enamel adalah menggunakan kuas saja. Cat enamel adalah jenis cat yang bisa digunakan pada material kayu hingga besi. Daya tutupnya yang bagus akan menutup warna kayu dan juga serat kayu. Namun untuk hasil yang sempurna sebaiknya Anda menggunakan primer coat terlebih dahulu sebelumnya.

  1. Cat duco

Jenis Cat untuk Lemari Kayu yang Mudah AplikasinyaCat duco bukan hanya dapat digunakan pada finishing mobil namun adapula cat duco yang didesain khusus untuk finishing kayu. Di sini Anda perlu menggunakan cat duco khusus kayu. Proses aplikasinya menggunakan alat semprot untuk mendapatkan hasil yang lebih rata dan juga halus. Berbeda dengan cat enamel yang hanya membutuhkan satu jenis cat saja, jika  Anda ingin menggunakan cat duco maka perhatikan apa saja jenis lapisan yang dibutuhkan.

Cat duco membutuhkan rangkaian cat lain seperti primer, dempul dan juga top coat.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here