Cat Kayu Kuas Berkualitas Untuk Finishing Lemari Ukir Warna Kayu

1338

Tampilan lemari ukir akan terlihat lebih jauh indah dan berkelas jika menggunakan cat kayu kuas dengan transparansi warna yang bagus dan tajam.

Jika Anda menginginkan nuansa klasik pada hunian rumah Anda, tidak ada salahnya memilih furniture dengan ukiran bertema tertentu. Seperti halnya dengan lemari ukir yang akan menghidupkan ruangan karena tampilannya yang indah.

Untuk mempertajam kayu serta tampilan lemari ukir, Anda dapat menggunakan cat kayu kuas yang memiliki fitur dengan daya rekat film yang kuat dan transparansi warna yang bagus.

Cat Kayu Kuas Yanng Tepat Untuk Lemari Ukir

CS Biovarnish

cat-untuk-lemari-ukir

Jika mendengar tentang furniture ukir maka arah yang dituju pun sudah jelas yakni Jepara. Ya, furniture ukir dari Jepara dikenal sebagai furniture ukir terbaik saat ini termasuk lemari ukir.

Ukiran khas dari Jepara membuat furniture menjadi semakin unik dan berkelas. Bahkan, aksen keemasan juga diberikan untuk sentuhan pada furniture tersebut. Wajar saja jika Anda menyukai hal-hal yang klasik maka tujuan tempat mencari furniture ukir yang berkualitas adalah Jepara.

Untuk furniture ukir maka dibutuhkan kayu yang mudah untuk dipahat sehingga akan memberikan kesan yang sangat tajam dan mudah dikerjakan. Hingga saat ini, jenis kayu yang sering digunakan untuk furniture ukir adalah kayu jati Jepara.

Pengerjaan yang detail membuat furniture seperti lemari Jepara semakin berkelas dan berbeda. Oleh karena itu, untuk proses pengerjaan furniture ukir semacam ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Jika Anda ingin custom tentu saja harus mengantri karena pemesanan yang kadang kala tidak sedikit. Jika ingin lebih mudah, Anda dapat membeli di toko mebel di Jepara yang menyediakan berbagai lemari ukir klasik dan berkelas.

Karena pengerjaan yang rumit dan membutuhkan waktu yang lama maka harga jual dari lemari ukir kayu jati Jepara tersebut juga dikatakan mahal. Namun, hal tersebut sebanding dengan tampilan yang dihasilkan.

Lemari dengan aksen ukir khas Jepara tersebut sangat cocok jika ditempatkan di ruang tamu atau ruang keluarga. Anda dapat menggunakan lemari dengan kombinasi kaca sehingga dapat digunakan sebagai tempat menyimpan benda koleksi Anda.

Barang koleksi yang Anda simpan di lemari ini akan menambah kesan yang mewah dan menarik untuk dipandang. Secara umum, lemari ukir khas Jepara menerapkan tampilan natural kayu sehingga menambah kesan natural dari furniture tersebut.

Kelebihan Lemari Ukir Jepara

  • Kualitas Terbaik. Sebab, lemari atau furniture ukir khas Jepara menggunakan material kayu jati yang berkualitas sehingga awet dan menampilkan nilai yang estetis
  • Hasil Mengkilap. Untuk menciptakan kesan klasik, tampilan mengkilap adalah tampilan yang ditonjolkan karena menciptakan kesan yang mewah dan elegan
  • Furniture ukir khas Jepara cenderung awet hingga bertahun-tahun karena menggunakan material dengan kualitas terbaik

Kekurangan Lemari Ukir Jepara

  • Harga Relatif Mahal. Tingkat kerumitan, proses pengerjaan yang memakan waktu lama serta penggunaan bahan kayu jati berkualitas membuat lemari ukir tersebut cenderung lebih mahal.
  • Bobot Yang Berat. Karena penggunaannya full kayu solid maka bobot furniture tersebut cenderung berat. Sehingga akan sulit jika dipindah-pindahkan, oleh karena itu letakkan lemari di satu tempat yang mampu dijangkau oleh semua mata.

Cat Kayu Kuas Yang Tepat Untuk Lemari Ukir

Cat kayu kuas yang bagus untuk furniture ukir adalah cat kayu yang memang diformulasikan untuk aplikasi kuas. Dengan cara kuas, justru akan melapisi bagian yang tersembunyi pada ukiran tersebut. Alangkah baiknya Anda menggunakan cat kayu dengan kandungan bahan yang aman.

Untuk menciptakan tampilan mengkilap pada furniture ukir, umumnya pengrajin lebih memilih melamin. Selain cepat, tampilan mengkilap dari melamin bisa menyerupai kaca. Sehingga furniture yang telah terlapisi melamin akan terlihat memantulkan cahaya layaknya kaca.

Sayangnya, untuk mengaplikasikan melamin harus dilakukan di tempat terbuka dan dengan cara semprot. Selain itu, untuk mengeringkan cat satu ini membutuhkan sinar matahari.

Meskipun penggunaan cat lain juga dapat menciptakan tampilan yang mengkilap, melamin dipilih karena tingkat kilapnya yang benar-benar optimal. Untuk beralih dari cat tersebut, banyak pengrajin yang cukup enggan.

Namun, karena kebutuhan konsumen terutama mancanegara yang tidak hanya memperhatikan kualitas tampilan melainkan juga keamanan produk kini banyak pengrajin yang beralih kepada cat water based.

Cat water based memang cukup baru di industri mebeling atau kerajinan di Indonesia. Namun, karena semakin meningkatnya peraturan ranah pasar internasional membuat cat water based mulai dilirik.

Meskipun tampilan kilap dari cat water based tidak dapat optimal seperti halnya cat solvent based yakni pelitur, NC atau bahkan melamin namun cat water based dapat menjadi alternatif pengganti cat terbaik saat ini.

Tingkat kilap pada cat water based hingga saat ini masih dikembangkan agar mendapatkan tingkat kilap yang optimal. Pasalnya, tingkat kilap cat water based baru mencapai presentase 80-85%.

Tingkat kilap yang diperoleh oleh cat solvent based merupakan dari kandungan minyak yang terkandung di dalamnya sehingga tampilan kilap semakin menonojol. Sayangnya, tingkat kilap dari cat solvent based cenderung lebih cepat menurun karena cat tersebut mengalami penguapan.

Sedangkan cat water based tidak terkandung minyak di dalamnya sehingga tingkat kilap dengan presentase 80-85% pun sudah tergolong bagus. Selain itu, tingkat kilap dari cat water based tidak mengalami penurunan karena tidak adanya proses penguapan oleh cat tersebut.

Cat kayu kuas yang  menggunakan bahan yang aman diantaranya adalah Biovarnish. cat ini menggunakan bahan dasar air sehingga dipastikan jauh lebih aman dan ramah lingkungan. Adapun cara aplikasi Biovarnish sebagai berikut:

  1. Ampelas permukaan furniture terutama bagian yang ukir agar lebih halus sehingga mudah diaplikasikan cat
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler ke seluruh permukaan kayu. Tunggu hingga cat kering yakni sekitar 30 menit lalu ampelas dengan kertas ampelas no. 320.
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain menggunakan kuas ke seluruh permukaan kayu. Perhatikan kembali bagian ukiran kayu agar cat dapat melapisinya dengan sempurna. Kemudian tunggu hingga cat tersebut kering selama 60 menit kemudian ampelas dengan halus menggunakan kerta ampelas no. 400.
  4. Terakhir aplikasikan Biovarnish Clear Coat lalu diamkan selama semalam untuk hasil akhir maksimal.

Cat kayu dengan kualitas yang bagus memang perlu namun akan jauh lebih penting jika Anda menggunakan cat dengan kandungan bahan yang aman sebab cat tersebut tidak berdampak buruk pada kesehatan atau pun lingkungan sekitar Anda. Seperti cat kayu kuas Biovarnish ini yang notabene menggunakan bahan yang telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan baha kimia internasional seperti regulasi US EPA dan ECHA.

Penasaran bagaimana order Biovarnish? Anda dapat langsung menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini untuk melakukan pemesanan Biovarnish atau pun produk finishing ramah lingkungan lainnya.

Untuk pemesanan yang lebih cepat dan praktis, Anda dapat langsung order via marketplace yakni

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here