Cat Kayu Jati Yang Bagus Untuk Finishing Lemari Natural Transparan

1177

Lemari dengan desain minimalis akan terlihat hidup dan menarik jika diaplikasikan cat kayu jati. Warna cerah kayu jati akan memberikan kesan ruangan terasa lebih lega.

Lemari memiliki peran yang penting guna menempatkan suatu barang akan ruangan terasa lebih praktis dan rapi. Untuk beberapa dekade terakhir, lemari pun mulai bergeser dengan desain yang lebih minimalis.

Mengikuti tren hunian rumah yang minimalis tentu saja ruangan tidak cukup jika harus menggunakan lemari dengan ukuran yang besar. Namun, adapula lemari dengan ukuran yang besar akan tetap lebih ramping dan menggunakan pintu geser.

CS Biovarnish

Untuk menunjang tampilan lemari minimalis semakin menawan maka dibutuhkan lapisan cat diatas permukaan media yang digunakan sebagai lemari tersebut. Nuansa yang elegan dan menarik akan lebih baik jika menggunakan tampilan natural kayu jati.

Seperti yang diketahui kayu jati adalah salah satu kayu pramona oleh semua kalangan. Sayangnya, kayu ini cukup berat dan harganya pun tergolong mahal. Anda dapat menggunakan sentuhan warna kayu jati jika menginginkan kesan layaknya kayu jati pada lemari kayu Anda.

Apabila kayu yang digunakan memiliki warna dasar yang sedikit lebih gelap dibandingkan kayu jati maka Anda bisa menyiasatinya dengan mengaplikasikan wood filler. Wood filler atau dempul kayu yang digunakan agar warna lebih cerah adalah dengan mengaplikasikan dempul kayu jati.

Dempul kayu tersebut bertujuan untuk meratakan warna ketika diaplikasikan cat. Selain itu, ketika dempul kayu tersebut diaplikasikan ke seluruh permukaan kayu maka hasil cat yang melapisinya akan lebih cepat tajam karena dempul telah menutup pori-pori kayu.

Dengan mengaplikasian dempul kayu tersebut maka kayu yang sebelumnya sedikit gelap akan lebih cerah sehingga lebih siap untuk diaplikasikan cat dengan warna kayu jati.

Sebaiknya, gunakan cat kayu dengan transparansi warnanya yang tajam sehingga warna kayu akan lebih optimal serta seratnya terlihat lebih tajam. Dengan demikian, tampilan lemari kayu akan lebih natural dan menarik.

Bagi seorang yang masih awam tentu saja cukup belum mengetahui cat mana kah yang bagus untuk digunakan. Pada umumnya, cat yang bagus didapatkan dari rekomendasi dari penjual atau orang lain.

Tidak ada salahnya jika meminta rekomendasi cat yang kualitasnya bagus namun tidak semua jenis cat akan menghasilkan warna yang sama pada media kayu yang digunakan.

Tidak jarang pula, warna yang dihasilkan justru sedikit berbeda. Nah, hal yang perlu diperhatikan selain pengaplikasian cat adalah teknik mengecatnya yang harus tepat. Sehingga hasil akhirnya akan lebih rapi dan natural.

Disisi lain, lemari kayu yang sudah terlapisi cat sebaiknya tetap dirawat dengan baik karena kayu merupakan media yang mudah rusak. Rusaknya kayu bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti warna cat retak-retak akibat oksidasi, serangan jamur, rayap ataupun udara yang lembab.

Dan masalah yang paling sering menimpa lemari adalah serangan jamur. Masalah tersebut biasanya berasal dari keadaan ruangan yang lembab sehingga lemari akan lebih cepat terserang jamur. Maka dar itu, atur nuansa dalam ruangan Anda agar tidak lembab dengan membuka pintu atau jendela sehingga sirkulasi udara dapat bergantian dan cahaya masuk ke dalam ruangan.

Meskipun sudah terlapisi cat memang sangat rawan terserang dari serangan jamur ataupun rayap. Pastikan untuk memilih cat kayu jati yang aman demi menjaga kualitas dan fungsi lemari Anda.

Cat Kayu Jati Sebagai Pelindung Furniture Lemari

Cat kayu jati memiliki fungsi sebagai pewarna serta pelindung karena fungsinya sebagai pelindung tersebut maka cat tersebut dapat bekerja dengan optimal. Sayangnya, masih banyak cat yang cepat pudar sehingga tingkat perlindungannya pun menurun.

Cat yang memudar bisa disebabkan oleh faktor terkena air atau disebabkan oleh cat yang digunakan. Terdapat cat yang akan lebih cepat memudar seiring berjalannya waktu disebabkan oleh penguapan.

Cat yang mengalami penguapan memang lebih cepat pudar sehingga disarankan untuk refinishing apabila tampilan furniture mulai mengusam. Cat seperti apakah yang cepat memudar?

Cat yang mengalami proses penguapan hanya bisa didapatkan pada cat dengan kandungan minyak didalamnya. Cat tersebut pada umumnya menggunakan thinner atau pelarut organik lainnya sehingga cat akan menguap lebih cepat.

Faktanya bahwa cat dengan kandungan minyak tidak hanya lebih cepat menguap melainkan saat proses pengeringan akan memakan waktu yang lama. Selain itu, bergantung dengan sinar matahari untuk membantu proses pengeringan lebih cepat.

Namun, terdapat pula jenis cat kayu yang lebih cepat kering dan tidak mudah memudar yakni cat berbahan dasar air. Cat tersebut lebih awet karena tidak mengalami penguapan sehingga warnanya akan tetap optimal meskipun sudah digunakan bertahun-tahun.

Cat ini tidak menggunakan bahan pelarut thinner dan sejenisnya namun hanya membutuhkan air. Tidak hanya lebih efisien, bukan? Proses finishing akan lebih cepat dan menghemat biaya pengeluaran. Maka dari itu, cat ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki usaha atau memang untuk DIY.

Cat water based baru berkembang di Indonesia beberapa tahun terakhir ini, mengingat akan pentingnya menjaga lingkungan serta kesehatan. Cat water based yang bagus di Indonesia adalah cat Biovarnish.

Biovarnish memang diformulasikan sebagai pengganti cat kayu solvent based seperti plitur ataupun pernis. Sangat cocok sekali untuk furniture jati karena memiiki daya rekat film yang kuat serta transparansi warna yang tajam.

Bahkan aplikasinya pun mudah karena Anda dapat menggunakan metode finishing apapun baik oles, kuas ataupun semprot. Selain itu, Biovarnish ketika diaplikasikan menggunakan kuas maka tarikan kuasnya akan terasa ringan dan tampilan warna cat akan lebih tajam.

Cat natural tersebut juga akan menghasilkan tampilan yang menarik ketika diaplikasikan ke media finishing serat alam lainnya seperti bambu, rotan, enceng gondok dll.

Biovarnish bukan hanya tersedia wood stain saja melainkan juga produk finishing lainnya yang akan mempermudah proses finishing Anda. Anda dapat menggunakan produk-produk berikut sesuai dengan kebutuhan finishing.

  • Biovarnish Wood Filler yakni filler kayu atau dempul yang digunakan untuk menyamarkan cacat pada kayu ataupun menutup pori-pori kayu. Dempul Biovarnish terdiri dari empat macam warna yakni warna kayu jati, kayu mahoni, kayu sonokeling dan kayu ramin
  • Biovarnish Wood Stain yakni cat kayu atau wood stain dengan tekstur yang sedikit kental (pasta). Wood stain ini memiliki 20 varian warna yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan finishing
  • Biovarnish Liquid Stain yakni wood stain dengan tekstur liquid atau cair. Liquid stain ini juga memiliki 20 varian warna yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.
  • Biovarnish Sanding Sealer yakni sanding sealer yang bertujuan untuk memperhalus tekstur kayu sekaligus memotong bulu-bulu halus yang cukup sulit dipotong dengan amplas.
  • Biovarnish Glaze yakni cat kayu untuk memberikan sentuhan klasik. Biasanya cat ini digunakan dengan teknik distress.
  • Biovarnish Clear Coat yakni topcoat yang bertujuan untuk mengunci warna sekaligus memberikan sentuhan tampilan akhir agar terkesan lebih optimal. Biovarnish Clear Coat terdiri dari dua macam tampilan yakni gloss dan matte.

Untuk menciptakan tampilan natural kayu dengan cara mudah maka perhatikan langkah-langkah finishing menggunakan varian produk Biovarnish berikut:

  1. Ampelas permukaan media untuk menghilangkan debu dan sejenisnya
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler ke permukaan kayu lalu diamkan selama 20-30 menit. Jika sudah kering, amplas dengan kertas amplas no. 320
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain menggunakan kuas ke seluruh permukaan kayu. Kemudian diamkan dalam suhu ruangan selama satu jam. Jika sudah kering sentuh, amplas ambang menggunakan kertas amplas no. 400
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear untuk hasil sempurna. Setelah diaplikasikan diamkan selama 24 jam.

Baca Juga : ketahui cara mengecat pintu kayu yang mudah

Cat Kayu Berbahan Water Based Yang Aman di Indonesia

Cat kayu berbahan water based, Biovarnish ini memang diformulasikan sebagai pengganti cat solvent based seperti plitur atau pernis. Bahan yang digunakan oleh Biovarnish tidak mengandung logam berat justru lebih aman dan rendah VOC. Sangat tepat untuk diaplikasikan pada furniture, perabotan atau kerajinan berbahan serat alam.

Karena kandungannya yang aman, Biovarnish pun dapat digunakan langsung setelah cat benar-benar kering. Anda tidak perlu mendiamkan untuk beberapa saat agar bau cat menghilang. Karena Biovarnish tidak beracun dan tidak mengeluarkan bau cat yang menyengat.

Maka dari itu, furniture yang menggunakan lapisan Biovarnish akan lebih nyaman dan aman digunakan dalam ruangan ataupun luar ruangan. Orang-orang sekitar Anda pun juga tidak akan menyadari bahwa furniture Anda baru saja melalui tahap finishing karena saking tidak tampak bau catnya.

Gunakan cat kayu jati yang aman demi keselematan pekerja/pengguna serta ikut andil dalam menjaga stabilitas lingkungan dari bahan pemanasan global. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah memulai untuk menggunakan cat water based tersebut.

Anda dapat menghubungi kontak hotline yang tertera pada halaman website atau Anda juga dapat menghubungi via e-mail [email protected] untuk konsultasi atau menanyakan produk finishing.

Biovarnish kini telah hadir di e-commerce kesayangan Anda loh, buruan check out produk Biovarnish untuk mendapatkan berbagai manfaatnya.

BukaLapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

TokoPedia : https://www.tokopedia.com/biopaint102

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

Anda dapat berkunjung ke Head Office Bioindustries untuk mengenal lebih dekat Biovarnish serta produk-produk finishing kayu lainnya yakni di Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here