Tips Cara Mengecat Lemari Triplek dengan Spray Gun

444
Tips Cara Mengecat Lemari Triplek dengan Spray Gun

Ingin mendapatkan hasil finishing yang natural dan juga sempurna pada lemari triplek? Ada banyak cara dan alat yang digunakan salah satunya adalah kompresor. Mengecat menggunakan kompresor artinya Anda akan menggunakan spray gun. Namun apakah Anda telah terlatih untuk menggunakan spray gun?

Tenang saja ini adalah langkah pertama yang bisa dilakukan untuk berlatih. Ada banyak material yang bisa dicat dan salah satu material terbaik untuk berlatih adalah lemari triplek. Alasannya adalah lemari yang terbuat dari triplek memiliki permukaan yang rata atau datar selain itu juga lemari triplek mudah diamplas karena tidak terlalu keras.

Persiapan yang dilakukan pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan produk cat (disarankan cat water based), ruangan yang bersih dan juga kering, masker dan perlindungan finishing seperti kacamata. Alat semprot dan kompresor yang telah diisi angin dan dibersihkan dengan baik.

CS Biovarnish

Jika alat dan bahan sudah siap Anda hanya perlu menyiapkan material yakni lemari kayu. Dalam proses finishing semua material harus diamplas satu jam sebelum proses finishing berlangsung. Ini akan membuat lapisan cat mudah menempel dengan baik pada permukaan kayu. Selebihnya Anda akan mengdapatkan hasil yang memuaskan nantinya.

Pengamplasan bisa dibantu dengan hand sander untuk mempercepat pengerjaan. Lemari triplek yang sudah diamplas kemudian bisa langsung dibersihkan dengan kain katun atau kain mikrofiber yang telah dibasahi. Ini akan membuat debu bekas pengamplasan benar-benar hilang dari permukaa kayu.

Tips Cara Mengecat Lemari Triplek dengan Spray GunSetelah itu campurkan bahan cat dan mulai semprotkan ke seluruh bagian permukaan lemari triplek. Jika Anda menggunakan cat water based maka setidaknya ada dua jenis cat yang digunakan yakni sanding sealer dan juga top coat. Jika menghendaki hasil cat berwarna maka Anda bisa menambahkan wood stain sebagai pewarna kayu diantara lapisan cat tersebut.

Apakah yang akan Anda lakukan dalam proses pengecatan tersebut? Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan selama proses finishing berlangsung:

  1. Menggantung tiap bagian lemari, Anda bisa mencopot bagian lemari seperti pintu dan juga engsel atau knop. Gantung setiap bagian lemari yang akan dicat kemudian mulai semprotkan, Anda bisa memutar badan dengan mudah atau memutar lemari agar penyemptotan tidak terhenti.
  2. Gunakan campuran yang tepat, jangan remehkan cat yang terlalu encer atau kental. Cat kental akan sulit untuk disemprotkan sedangkan cat encer akan menimbulkan saging saat larutan dicat ke permukaan lemari triplek yang digantung.
  3. Semprotkan dengan jarak 15 cm hingga 20 cm. Jarak ideal yang digunakan dalam penyemprotan adalah 15 cm. Ini akan membuat lapisan cat benar-benar menutup permukaan lemari triplek dengan maksimal. Kecepatan atau daya tutup juga dipengaruhi dengan jenis cat yang digunakan.
  4. Proses pengeringan menggunakan cat water based sebaiknya tidak dijemur. Ketikan lemari triplek dijemur di bawah panas matahari agar cat cepat mengering itu adalah hal yang salah. Sebaiknya diamkan furniture dalam ruangan berventilasi udara baik sehingga cat mengering dengan sempurna. Jika tidak material bisa melengkung akibat penguapan yang terlalu cepat.
  5. Aplikasikan cat secara cross cat. Karena menggunakan udara untuk mengeluarkan cat dan menempelkan pada permukaan lemari triplek maka Anda bisa menggunakan teknik cross spray. Ini akan membuat cat lebih kuat menempel. Anda bisa mengecat vertikal terlebih dahulu menyeluruh kemudian secara horisontal tanpa ada jeda berhenti.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here