Refinishing Pintu Triplek Menyambut Lebaran Menggunakan Biovarnish

110

Pintu triplek merupakan salah satu pintu yang cukup banyak digunakan di Indonesia. Untuk mempercantik pintu triplek maka harus di cat denngan tampilan natural kayu agar kesannya natural. Untuk menggunakan cat kayu sebagai lapisan pintu triplek, sebaiknya pilih cat kayu dengan perlindungan yang baik. Pasalnya, triplek merupakan salah satu kayu olahan yang sangat rentan rusak. Medianya yang tipis dan mudah rusak membuat triplek membutuhkan perlindungan.

Karena media pintu ini tidak memiliki ketahanan yang baik sehingga pintu triplek biasanya digunakan untuk dalam ruangan. Meskipun demikian, pintu triplek harus dirawat dengan rutin agar terlndungi dengan baik dan tidak mudah terserang rayap ataupun jamur. Dengan lapisan cat kayu yang tepat akan menjaga ketahanan triplek dan bisa bertahan lebih lama. Maka dari itu, peran cat kayu tidak hanya sekedar memperhias tampilan media yang dilapisinya saja melainkan juga bertujuan untuk melindungi media tersebut dari kerusakan.

Tampilan natural pada pintu triplek sangat cocok untuk menghias ruangan agar terkesan lebih natural. Terlebih, tampilan natural kayu juga paling umum diterapkan di Indonesia dan mudah untuk diaplikasikan. Karena permukaannya yang cukup kasar, sebelum diaplikasikan cat sebaiknya dilapisi terlebih dahulu dengan filler kayu. Selain agar permukaan lebih halus, filler kayu tersebut juga bertujuan untuk mempertajam tampilan natural kayu setelah diaplikasikan cat.

CS Biovarnish

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa pintu triplek biasanya digunakan untuk dalam ruangan sehingga cat kayu yang digunakan pun harus memberikan rasa nyaman. Kenyamanan yang dimaksud adalah cat tersebut tidak mengeluarkan bau menyengat dan ramah lingkungan. Sehingga cat kayu tersebut tidak menyebabkan masalah kesehatan bagi orang di rumah Anda. Begitu pula digunakan untuk refinishing, pastikan untuk memilih cat dengan daya rekat film yang kuat dan aman. Refinishing pintu triplek menyambut lebaran menggunakan Biovarnish adalah salah satu solusi yang bisa Anda  lakukan pengecatan sendiri di rumah.

Teknik Refinishing Pintu Triplek Menyambut Lebaran Menggunakan Biovarnish

Untuk mengecat ulang membutuhkan cat kayu yang berkualitas bagus agar triplek terlindungi dengan baik dan bertahan lebih lama. Salah satu cat yang bagus dan aman adalah Biovarnish notabene cat yang terbuat dari bahan water based . Cat kayu water based cukup langka di Indonesia namun perkembangannya kini mulai meningkat dibandingkan cat kayu solvent  based. Sebab, cat kayu water bassed tergolong cat kayu dengan kandungan VOC yang rendah. Nah, Biovarnish dipastikan aman karena bahan diformulasikan sesuai dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US EPA (Enviromental Protection Agency) dan ECHA (European Chemical Agency) Reach.

Untuk aplikasi, Biovarnish hampir sama dengan cat kayu pada umumnya. Dan menariknya adalah Biovarnish memiliki varian produk yang lengkap untuk menciptakan tampilan natural kayu. Berikut refinishing pintu triplek menyambut lebarang menggunakan Biovarnish:

  1. Pastikan permukaan triplek sudah bersih dari berbagai kotoran. Jika sudah bersih maka aplikasikan Biovarnish Wood Filler agar hasil warna optimal dan lebih rata. Setelah diaplikasikan, tunggu hingga kering kurang lebih 20-30 menit. Kemudian amplas permukaan pintu triplek hingga tampak seratnya apabila sudah kering
  2. Untuk memberikan tampilan natural kayu, gunakan Biovarnish Liquid Stain. Sebelum diaplikasikan, larutkan terlebih dahulu dengan air lalu aduk hingga homogen. Kemudian, diamkan di tempat teduh tanpa harus dikeringkan  dibawah sinar matahari selama 60 menit. Setelah kering sentuh, amplas ambang seluruh permukaan pintu triplek tersebut
  3. Larutkan Biovarish Sanding Sealer dan air lalu aduk hingga homogen. Setelah itu, semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Tunggu sampai kering kurang lebih 60 menit dan amplas ambang apabila sudah kering
  4. Campurkan Biovarnish Clear Coat, BioCide SPF dan air agar triplek terlindungi dari jamur permukaan. Kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Untuk hasil optimal, diamkan selama semalaman dan pintu triplek pun bisa digunakan kembali.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here