Cat kayu Terbaik Dan Aman Digunakan Untuk Finishing Furniture Interior

928

Furniture interior merupakan salah satu furniture yang sangat dibutuhkan pada hunian rumah. Selain berfungsi untuk melengkapi suatu hunian rumah, furniture juga dapat memberikan tampilan suatu ruangan menjadi semakin indah dipandang.

Wajar jika furniture sudah menjadi bagian dari kebutuhan primer bagi masyarakat saat ini. Sedangkan untuk jenis furniture pun bermacam-macam, mulai dari tampilannya hingga desainnya.

Dengan tren furniture yang kadangkala berubah-ubah dengan cepat tidak menyurutkan niat masyarakat terhadap furniture. Selama ini, furniture yang paling banyak digunakan adalah furniture dari kayu.

CS Biovarnish

Tentu saja kayu yang digunakan adalah kayu solid karena pengerjaan kayu solid cukup mudah dilakukan. Selain itu, tampilan kayu solid juga beragam berdasarkan perbedaan dari jenis kayu yang digunakan.

Furniture interior mulai dari meja, kursi, rak dinding, hiasan dinding dll, kayu yang dibutuhkan pada umumnya dengan daya ketahanan dan keawetannya yang standar.

Namun, furniture interior juga rawan terhadap serangan jamur dan rayap jika tidak diberlakukan dengan baik. Perawatan yang baik pada furniture akan berpengaruh terhadap ketahanan dari furniture itu sendiri.

Adapun perawatan furniture yang dapat Anda lakukan secara rutin di rumah sebagai berikut:

  • Bersihkan secara rutin furniture kayu menggunakan kemoceng atau lap setengah basah. Hal ini bertujuan untuk membersihkan debu pada permukaan kayu. Apabila debu tidak dibersihkan akan membuat debu mengendap dan sulit untuk dibersihkan dengan cara biasa
  • Pastikan sirkulasi udara dalam ruangan Anda sudah bagus. Sirkulasi udara yang baik akan meminimalisir udara dalam ruangan menjadi lembab. Sebab, udara lembab pada ruangan akan menyebabkan furniture mudah lembab dan menyebabkan jamur serta rayap mudah menyerang
  • Jika terdapat tampungan air atau akuarium, sebaiknya ditutup agar tidak menguap. Partikel air yang menguap ke udara bisa menyebabkan ruangan menjadi lebih lembab
  • Bersihkan bagian noda membandel menggunakan lap setengah basah sehingga tidak mengganggu tampilan furniture
  • Untuk meremajakan tampilan furniture sekaligus merawat furniture secara optimal, Anda dapat mengaplikasikan poles kayu secara rutin maksimal sebulan sekali.

Perawatan diatas berlaku untuk semua jenis benda yang terbuat dari kayu. Sebab, kayu merupakan serat alam yang rawan rusak akibat perubahan cuaca ataupun kelembaban udara meskipun terdapat beberapa jenis kayu yang memiliki karakter tahan terhadap perubahan cuaca.

Baik furniture interior ataupun eksterior memang membutuhkan perawatan secara rutin agar tampilan furniture dapat bertahan lama. Jika membahas tentang tampilan pada furniture maka tidak terlepas dari lapisan cat pada permukaan kayunya.

Agar tampilan furniture lebih menarik maka diperlukan pengaplikasian cat pada furniture tersebut. Karena furniture interior merupakan furniture yang berinteraksi langsung dengan penghuni rumah.

Tidak hanya bagi penghuni rumah, tampilan furniture yang menarik juga menjadi kesan pertama furniture menilai suatu ruangan. Pasalnya, tampilan furniture yang bagus akan memberikan kesan ruangan lebih rapi dan hidup.

Untuk mendapatkan hasil warna finishing yang indah serta aman bagi keluarga ataupun tamu Anda, alangkah baiknya gunakan cat kayu yang aman dan ramah lingkungan.

Sebab, cat tersebut biasanya tidak mengandung bahan kimia berbahaya sehingga tidak berbahaya jika bersentuhan dengan penghuni begitupun pada anak-anak.

Aplikasi Cat Kayu Yang Aman Untuk Furniture Interior

Cat Kayu terbaik pada umumnya memiliki kandungan bahan kimia yang berbahaya seperti timbal dan merkuri. Kedua bahan kimia ini jika mengendap terlalu lama pada tubuh maka akan menyebabkan tumbuhnya sel kanker. Selain itu juga akan mencemari lingkungan sebab bahan kimia tersebut tidak mudah melebur dengan udara maupun tanah.

Sangat disayangkan, masih banyak cat kayu yang didalamnya terdapat bahan-bahan kimia berbahaya. Maka dari itu, sangat disarankan untuk melakukan finishing di ruangan yang terbuka.

Disisi lain, kini telah hadir cat kayu yang lebih aman, ramah lingkungan serta lebih efisien digunakan. Cat ini tidak mengandung bahan kimia berbahaya serta sesuai dengan petunjuk standar keamanan dari regulasi internasional yakni cat water based.

Cat water based atau cat berbahan dasar air ini adalah cat kayu yang terbuat dari water based acrylic. Nah, biasanya untuk menandai cat tersebut cat water based atau tidak adalah pada kemasan terdapat tulisan ‘acrylic’.

Meskipun tidak semua cat water based mencantumkan acrylic, alangkah baiknya untuk mengenal lebih dalam cat yang akan Anda gunakan. Nah, salah satu produk cat lokal yang sudah dijamin berkualitas serta aman adalah Biovarnish.

Biovarnish merupakan cat water based yang khusus digunakan untuk finishing natural kayu. Cat kayu ini bahkan memiliki varian produk yang dapat Anda gunakan selama finishing berlangsung.

Untuk beberapa tahun terakhir, untuk menggunakan produk finishing setiap tahapnya akan merasa kesulitan jika mencari produk cat water based. Kini solusi tersebut terjawab dengan hadirnya varian produk Biovarnish yang lengkap.

Biovarnish akan menghasilkan warna yang optimal baik untuk interior ataupun eksterior. Selain itu, cat tersebut juga memberikan tampilan warna yang tajam tidak hanya pada kayu melainkan juga pada serat alam lain seperti bambu, rotan, enceng gondok dll.

Cat tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan rendah VOC sehingga aman bagi kesehatan dan lingkungan.

Penasaran bagaimana cara aplikasi dari varian produk cat Biovarnish? Berikut langkah-langkah finishing Biovarnish yang mudah dilakukan:

  1. Bersihkan media menggunakan ampelas hingga media tersebut telah siap untuk difinishing.
  2. Gunakan Biovarnish Wood Filler yang telah dilarutkan dengan air. Aplikasikan menggunakan kuas atau pisau scrape ke permukaan kayu untuk menyamarkan cacat kayu dan menutup pori-pori. Setelah diaplikasikan, diamkan selama kurang lebih 30 menit. Dan apabila sudah kering, amplas menggunakan kertas amplas no. 320
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain yang sudah dicampur air dengan perbandingan 2:1 menggunakan kuas. Anda juga dapat menggunakan metode finishing semprot jika Anda merasa lebih mudah menggunakan metode finishing tersebut. Aplikasikan cat ke seluruh permukaan kayu secara merata. Lalu diamkan di tempat yang teduh tanpa harus terkena sinar matahari langsung selama satu jam. Setelah kering sentuh, amplas ambang menggunakan kertas amplas no. 400
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear matte atau gloss, sesuai dengan keinginkan yang ingin Anda hasilkan nantinya. Tujuan pengaplikasian cat ini adalah untuk mengunci warna sekaligus memberikan sentuhan akhir pada furniture. Larutkan terlebih dahulu dengan air yakni dengan perbandingan 2 bahan: 1 air lalu aduk hingga homogen. Aplikasikan secara merata ke seluruh permukaan kayu. Kemudian diamkan selama 24 jam untuk hasil kering sempurna.

Setelah finishing ini usai, Anda dapat menggunakannya langsung tanpa khawatir bau cat. Ya, Biovarnish merupakan salah satu cat yang tidak berbau. Hal ini dikarenakan Biovarnish tidak mengalami penguapan.

Cat yang tidak mengalami penguapan biasanya lebih aman karena tidak mengeluarkan bahan kimia berbahaya. Selain itu, tampilan cat akan lebih tahan lama jika dibandingkan cat yang mudah menguap.

Cat Kayu Terbaik Berbahan Water Based di Indonesia

Cat kayu terbaik berbahan water based ini telah dipercaya karena kandungan bahannya yang tidak berbahaya bahkan baik digunakan diberbagai media seperti kayu, bambu, rotan dan serat alam lainnya.

Tampilan akhir akan terlihat cemerlang apabila menggunakan varian Biovarnish ini sebab bahan yang digunakan memiliki daya rekat film serta transparansi warna yang baik.

Biovarnish juga mudah untuk digunakan baik dengan cara metode finishing kuas ataupun semprot. Ketika digunakan metode finishing kuas, Biovarnish akan lebih cepat mudah menghasilkan tampilan tajam meskipun baru sekali usapan selain itu juga meminimalisir terjadinya brush mark.

Sedangkan ketika menggunakan metode finishing semprot, Biovarnish akan lebih mudah menyebar sehingga cat akan merata ke seluruh permukaan kayu. Karena memiliki daya rekat film yang kuat tentunya hasilnya akan lebih optimal.

Seperti yang sudah diulas bagian paragraph diatas sebelumnya, cat ini cocok digunakan untuk interior ataupun eksterior. Kenapa cat Biovarnish baik digunakan untuk finishing furniture interior maupun eksterior? Sebab cat ini diformulasikan untuk furniture interior-eksterior yang tahan air.

Alasan lain yang mendukung kenapa cat Biovarnish juga cocok untuk eksterior adalah Biovarnish memiliki elastisitas yang baik. Sehingga ketika digunakan pada kayu yang memiliki tingkat penyusutan tertentu akan lebih mudah menyesuaikan.

Selain itu, dengan elastisitas yang baik membuat Biovarnish tersebut tidak mudah mengalami flacking yakni dimana cat akan mengalami oksidasi sehingga membuat cat tersebut akan mudah pecah, retak atau mengelupas.

Hal ini didukung pula dengan fitur daya rekat filmnya yang kuat sehingga cat kayu akan merekat dengan kuat sejak pertama kali diaplikasikan. Maka dari itu, cat Biovarnish juga sangat cocok jika digunakan untuk kebutuhan furniture eksterior.

Biovarnish dikatergorikan aman untuk digunakan sebab bahan pada Biovarnish telah disesuaikan dengan standar regulasi United State EPA (Enviromental Protection Agency) dan ECHA-Reach yang biasanya menjadi patokan standar bahan finishing yang aman serta kandungan VOC yang terdapat dalam bahan finsihing.

Dimana harus membeli cat kayu terbaik dengan bahan water based? Cukup hubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini atau melalui e-mail di [email protected]

Saat ini, sedang gencarnya melakukan pembelian melalui marketplace, bukan? Nah, Biovarnish saat ini juga dengan mudah Anda jumpai di marketplace loh. Adapun link marketplace Bioindustries sebagai berikut:

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Tokopedia : https://www.tokopedia.com/bioindustries

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

Maka, Anda akan mendapatkan cat kayu dengan kualitas yang tidak diragukan lagi kualitasnya ini dengan mudah. Sedangkan untuk pembelian offline, Anda dapat berkunjung di Bio Office yang terletak di Yogyakarta, Jepara dan Cirebon. Atau di toko-toko retail di sekitar daerah Anda.

Untuk informasi toko retail yang menyediakan Biovarnish, Anda mengikuti social media Bioindustries baik di Instagram ataupun Facebook untuk informasi lebih detail.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here