Supplier Dempul Kayu Tahan Air Biovarnish Berkualitas di Indonesia

800

Pernah kah Anda melihat furniture memiliki beberapa bagian yang harus didempul? Artinya, kayu yang digunakan mengalami cacat sehingga butuh didempul untuk menyamarkan serta meratakan warna.

Furniture selama ini bukan hanya sekedar keinginan saja melainkan sudah menjadi kebutuhan. Karena pentingnya fungsi serta keberadaan furniture membuat furniture sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat.

Sebab, furniture tidak hanya sekedar digunakan sesuai dengan fungsinya saja melainkan juga bertujuan untuk mempercantik ruangan. Wajar jika furniture saat ini memiliki beragam model dan tipe.

CS Biovarnish

Dari dahulu hingga sekarang, furniture yang banyak digunakan adalah furniture yang terbuat dari kayu. Furniture ini memang sudah menjadi daya pikat tersendiri karena kesannya yang natural dan estetik.

Dengan berkembangnya ide desain interior, furniture pun juga mengalami perkembangan dengan kombinasi material lainnya. Namun tetap saja, penggunaan kayu menjadi material utama untuk furniture.

Furniture yang terbuat dari kayu belum tentu kualitas semuanya bagus, terkadang sering ditemui permukaan kayu yang berlubang dan juga terdapat pori-pori yang besar.

Biasanya, penyebab cacat kayu ini bukan karena human error melainkan secara alamiah atau serangan serangga dan burung. Sehingga, pastikan terlebih dahulu ketika Anda menggunakan jenis kayu untuk furniture.

Maka dari itu, sangat perlu dilakukan finishing dengan cara pendempulan. Proses pendempulan adalah proses mendempul bagian cacat pada media yang digunakan atau mengatasi pori-pori kayu agar tersamarkan dan hasil finishing dapat sama rata.

Proses pendempulan ini sendiri sangat penting karena mampu menutupi cacat pada kayu seperti lubang dan juga pori-pori kayu. Kini dengan dilakukannya pendempulan maka permukaan kayu akan menjadi lebih halus dan juga rata.

Dengan permukaan kayu yang halus dan juga rata maka langkah pengecatan bisa dilakukan secara baik dan juga mudah. Produk finishing dari supplier dempul kayu tahan air BioVarnish pastinya menjadi pilihan yang tepat karena dempul ini tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu lembek serta pastinya jelas aman serta ramah lingkungan.

Supplier Dempul Kayu Tahan Air BioVarnish Terbaik

Dempul yang pada umumnya digunakan untuk menutup lubang atau pori-pori pada kayu ialah dempul yang pastinya tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras. Sehingga dempul akan melekat dengan baik ke permukaan kayu dan tidak mudah terkelupas.

Memang tidak semua jenis kayu mengalami cacat kayu secara alamiah atau faktor eksternal lainnya. Namun, penggunaan dempul ini cukup penting guna menyamarkan permukaan kayu agar tampak lebih rata dan hasil warna bisa merata dengan sempurna.

Berbicara kayu maka Anda harus memperhatikan jenis-jenis kayu dibawah ini. Karena kayu tersebut merupakan jenis kayu yang rawan untuk banyak didempul:

  1. Kayu jati belanda/kayu pinus

Kayu pinus atau juga dikenal dengan kayu jati belanda adalah salah satu jenis kayu yang lebih rawan untuk didempul. Karena kayu ini memiliki banyak mata kayu dan kantung minyak. Sebab, kayu jati belanda memiliki banyak cabang sehingga akan muncul banyak mata kayu.

  1. Kayu glugu

Kayu glugu adalah salah satu jenis kayu tropis yang banyak dijumpai di Indonesia. Kayu ini juga sangat rawan didempul karena memiliki pori kayu yang besar. Tentu saja akan sulit mengecat karena cat akan menyerap ke dalam pori kayu sehingga dibutuhkan pendempulan.

  1. Kayu akasia

Kayu ini juga sangat mudah dijumpai di Indonesia. Disebut-sebut, kayu akasia mampu bertahan hingga lebih dari 20 tahun. Memiliki tekstur yang cukup keras dan seratnya yang lurus. Sayangnya, kayu akasia juga memiliki beberapa mata kayu yang cukup mengganggu serat warna yang tidak cukup kontras. Bagi warna natural kayu, tampilan kayu akasia akan memberikan kesan yang estetik. Namun, jika digunakan untuk tampilan warna solid maka dibutuhkan pendempulan secara menyeluruh.

  1. Kayu Sungkai

Bagi Anda yang sudah berkecimpung dalam dunia mebeling tentu sudah tidak asing lagi dengan kayu sungkai. Sayangnya, kayu sungkai ini adalah salah satu jenis kayu yang rentan retak. Sebab, kayu sungkai memiliki tingkat kekerasan yang tinggi sehingga memungkinkan kayu ini retak terlebih jika melalui tahap pengeringan yang tidak tepat.

Meskipun demikian, kayu-kayu diatas tetap dapat digunakan sebagai furniture karena karakter yang ditampilan pada setiap jenis kayu yang unik. Setiap kayu memiliki ciri khas masing-masing sehingga akan memberikan nilai estetik yang berbeda pula.

Untuk beberapa kasus, masalah cacat kayu menjadi masalah serius. Seperti, apabila warna furniture yang diinginkan adalah warna natural kayu. Cacat kayu tersebut akan sangat terlihat pasalnya warna natural kayu adalah warna yang transparan.

Disisi lain, adakalanya bahan dempul yang digunakan selama finishing kayu juga tidak bagus. Dempul yang tidak bagus adalah dempul tersebut mudah keras, cukup alot ketika diaplikasikan dan tidak memiliki daya rekat yang kuat sehingga dempul tidak melekat dengan baik ketika diaplikasikan ke permukaan kayu.

Selama mengaplikasikan dempul, sebaiknya dilakukan di luar ruangan karena saat proses pengamplasan, partikel debu pengamplasan bisa menyebabkan gangguan pernafasan atau iritasi pada mata.

Dempul tersebut sangat membahayakan bagi kesehatan terlebih saat ini masih banyak jenis dempul yang memiliki kandungan bahan kimia berbahaya di dalamnya.

Tidak hanya masalah secara jangka pendek seperti gangguan pernafasan atau iritasi mata saja bahkan dempul dengan kandungan kimia berbahaya tersebut juga mampu menyebabkan masalah serius seperti kanker.

Untuk menghindari akan bahaya dari dempul berbahan kimia berbahaya tersebut, kini telah hadir dempul kayu yang jauh lebih ramah lingkungan dan aman digunakan. Selain itu, dempul tersebut juga cepat kering sehingga akan memudahkan pengerjaan.

Dempul tersebut adalah dempul dengan bahan dasar air yakni Biovarnish Wood Filler. Dempul ini diformulasikan dari bahan-bahan yang aman dan dengan kandungan VOC yang rendah. Kandungan bahan kimia dan VOC ini sesuai dengan prosedur standar keamanan dari regulasi internasional United State EPA dan European ECHA-Reach.

Produk dari supplier dempul kayu tahan air Biovarnish tidak hanya aman untuk furniture interior pada umumnya melainkan juga aman untuk furniture anak ataupun mainan anak-anak.

Untuk proses pengaplikasian dempul Biovarnish Wood Filler juga sangat mudah, berikut ini tahap pengaplikasian dempul Biovarnish yang mudah :

  1. Siapkan furniture maupun produk olahan kayu
  2. Pastikan kayu kering dan bersih sehingga siap untuk di finishing
  3. Gunakan Biovarnish Wood Filler untuk pendempulan sesuai dengan kebutuhan. Disini, Biovarnish Wood Filler menyediakan 4 varian warna yakni warna kayu jati, kayu mahoni, kayu ramin dan kayu sonokeling
  4. Larutkan dengan air terlebih dahulu yakni dengan perbandingan 2 bahan: 1 air
  5. Aplikasikan dempul menggunakan kuas atau pisau palet searah serat kayu
  6. Lakukan pengamplasan untuk mengetahui pori-pori kayu
  7. Lakukan pendempulan lagi hingga dirasa permukaan kayu belum mendapatkan hasil yang halus dan rata
  8. Tunggu hingga mengering sempurna kurang lebih selama 20-30 menit.
  9. Setelah kering, amplas menggunakan kertas amplas no. 320 atau 240
  10. Lanjutkan tahap finishing selanjutkan yakni pengaplikasian wood stain atau topcoat

Sebaiknya, untuk hasil finishing yang optimal dan warna tampak semakin tajam maka gunakan varian produk Biovarnish yakni Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Sanding Sealer dan Biovarnish Clear Coat.

Proses finishing menggunakan Biovarnish tergolong lebih cepat dan efisien karena Anda tidak harus menunggu cuaca cerah untuk mengaplikasikan cat. Sebab, dalam kondisi apapun, Biovarnish dapat diaplikasikan karena cat mudah kering meskipun hanya didiamkan saja.

Pasca finishing, furniture yang sudah terlapisi Biovarnish tersebut pun juga dapat langsung digunakan karena cat tidak mengalami penguapan sehingga tidak mengeluarkan bahan kimia berbahaya dan bau cat yang menyengat.

Pada umumnya, cat kayu pasca diaplikasikan melalui proses penguapan yang justru sangat berbahaya bagi kesehatan. Sebab, proses penguapan tersebut lah yang membuat kandungan VOC sangat tinggi sehingga sangat beracun bagi kesehatan ataupun lingkungan.

Supplier Dempul Kayu Tahan Air BioVarnish Bagus

Dempul dari supplier dempul kayu tahan air Biovarnish ini juga dapat diaplikasikan pada media kayu, plywood, mdf, bambu, rotan dan serat alam lainnya. Selain itu, dempul BioVarnish ini juga mampu melindungi kayu dari serangga pengerat, jamur dan juga air sehingga membuat kayu menjadi lebih kuat dan tahan lama.

Tertarik menggunakan produk dari supplier dempul kayu tahan air BioVarnish, anda bisa menghubungi bagian customer service kami melalui nomor kontak hotline yang tercantum pada website atau Anda juga dapat menghubungi melalui e-mail bioindustries yakni [email protected].

Jika Anda ingin melakukan proses pembelian yang lebih praktis maka Anda dapat membeli varian produk Biovarnish di marketplace berikut:

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

Mudah, bukan? Jika Anda ingin melakukan pembelian Biovarnish secara offline, Anda dapat melakukan pembelian di toko retail terdekat atau di kantor Bioindustries yakni yang berada di Yogyakarta, Cirebon dan Jepara.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai keberadaan produk Bioindustries di toko retail, ikuti akun sosial media Bioidustries untuk mengetahui toko retail mana saja kah yang telah tersedia Biovarnish atau cat water based Bio lainnya.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here