Finishing pada louvered door menggunakan cat kayu kuas yang Mudah

644

Tahapan finishing pada louvered door akan lebih mudah dikerjakan dan menghasilkan tampilan yang menarik ketika menggunakan bahan cat kayu kuas dari Biovarnish.

Unsur fungsional yang amat ditekankan pada saat pembuatan berbagai macam perangkat rumah akan membuat hunian menjadi semakin nyaman. Penambahan fungsi tertentu pada bagian rumah juga akan membuat efisiensi perangkat lebih mudah didapat.

Seperti kebutuhan akan sirkulasi udara yang biasanya dipenuhi dengan adanya lubang ventilasi, hal ini juga dapat dipenuhi dengan pembuatan berbagai perangkat yang bisa memberi fungsi tersebut.

CS Biovarnish

Louvered door

Perangkat pintu yang juga bisa merangkap fungsi sebagai lubang ventilasi disebut louvered door. Pada jenis pintu ini, terdapat panel-panel ventilsi yang ditempatkan di bagian daun pintunya. Dengan begitu, fungsi pintu utama sebagai akses keluar masuk ruangan menjadi bertambah sebagai lubang udara yang membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman.

Teknik louver ini sudah digunakan pada abad pertengahan. Dahulu, louver memiliki desain yang cukup besar karena tujuannya untuk mencegah sinar matahari masuk serta sirkulasi udara.

Sedangkan louver modern saat ini, banyak dimanfaatkan untuk fungsi pencahayaan. Sehingga cahaya dapat masuk ke ruangan namun tetap tidak menyebabkan ruangan menjadi silau dan panas.

Pintu louvered mulai banyak diterapkan untuk berbagai pintu baik pintu utama, pintu ruangan hingga pintu garasi. Meskipun terkesan klasik namun louvered door sangat efisien untuk menjaga udara dan pencahayaan dalam ruangan terkendali dengan baik.

Material louvered door kini pun juga beragam mulai dari plastik hingga kayu. Namun, bahan material louvered door yang umum digunakan adalah kayu. Selain kokoh, kayu juga memberikan kesan pintu lebih estetik. Terlebih itu, kayu dapat difinishing dengan mudah dan berbagai macam warna.

Terlebih jika warna yang diinginkan adalah warna natural kayu notabene warna tersebut mengacu pada warna-warna kayu yang ada. Penggunaan kayu juga mudah untuk dipahat sehingga wajar saja jika kayu menjadi material yang paling sering digunakan bukan hanya louvered door melainkan berbagai furniture.

Untuk perawatan louvered door pun juga sederhana dan dapat dilakukan sendiri. Berikut cara perawatan louvered door yang terbuat dari kayu:

  • Bersihkan Rutin Dari Debu

Karena louvered door ini bukan hanya sekadar pintu, melainkan juga sebagai ventilasi udara maka debu yang menempel pun lebih banyak. Debu yang tidak segera dibersihkan akan membuat tampilan kayu menjadi kusam dan debu sulit untuk dihilangkan.

  • Perhatikan Setiap Kisi-Kisi Louvered Door

Dalam membersihkan debu atau kotoran louvered door maka perhatikan setiap bagian kisinya. Cukup sulit jika hanya membersihkan menggunakan kemoceng atau lap setengah basah.

Anda dapat menggunakan sikat kecil untuk menjangkau bagian kisi-kisi yang sedikit menjorok ke dalam. Basahi sikat terlebih dahulu kemudian sikat bagian kisi-kisi yang sulit dijangkau ketika membersihkannya menggunakan kemoceng.

Setelah dibersihkan menggunakan sikat, sebaiknya lap menggunakan lap kering agar air tidak meresap ke dalam kayu.

  • Gunakan Poles Kayu atau Wax

Tujuan mengaplikasikan wax di sini adalah agar kayu tidak cepat mengusam. Dengan mengaplikasikan wax secara rutin setiap sebulan sekali akan membuat tampilan kayu tetap tajam.

Penggunaan wax pada louvered door juga akan menambah proteksi pada kayu karena dapat terlindungi dari kerusakan akibat jamur atau serangga.

  • Refinishing Jika Lebih Dari 5 Tahun

Apabila louvered door dari kayu ini sudah lama digunakan yakni lebih dari 5 tahun maka tampilannya akan memudar. Dan untuk mengatasi warna yang memudar maka dibutuhkan pengecatan kembali.

Pengecatan ini harus dilakukan pada saat kayu benar-benar bersih dari cat dan kotoran. Sebelum di cat ulang, alangkah baiknya untuk mengampelas permukaan kayu tersebut hingga cat lama benar-benar terkelupas sehingga kayu siap untuk di cat kembali.

Refinishing Louvered Door

Louvered door sendiri umumnya dibuat dari bahan kayu. Selain kemudahan dalam pembuatannya, pemilihan material ini juga berfungsi untuk memberi tampilan yang lebih baik pada rumah.

cat-kayu-untuk-Louvered-Interior-Doors-Furniture

Tampilan kayu yang asli mampu memberi kesan alami pada rumah yang juga akan meningkatkan aspek kenyamanannya. Untuk memperkuat kesan tersebut, diperlukan yang sesuai dengan menggunakan cat kayu kuas.

Begitu pula jika louvered door sudah mulai memudar maka dibutuhkan perawatan lain yakni refinishing. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi cat sekaligus membuat tampilan kayu tampak baru dan tajam.

Cat yang sudah memudar sudah mulai kehilangan fungsinya untuk melindungi kayu dari kerusakan luar. Oleh karena itu, dibutuhkan pengecatan ulang agar cat dapat berfungsi kembali melapisi kayu dengan optimal.

Pada beberapa bagian-bagian tertentu di louvered door, terdapat panel ventilasi yang memiliki celah sempit. Bagian tersebut akan lebih mudah dijangkau oleh teknik kuas saat pelapisan finishing.

Cat kayu kuas dari Biovarnish sendiri memiliki kemampuan maksimal meskipun diaplikasikan dengan teknik tersebut. Tampilan natural pada louvered door pun akan diperoleh dengan baik. Selain itu, produk ini merupakan cat kayu water based yang notabene rendah racun. Biovarnish sendiri telah memenuhi standar keamanan bahan finishing kayu yang berlaku di negara-negara maju.

Berikut tahap refinishing menggunakan produk Biovarnish:

  • Setelah diampelas, bersihkan sisa debu pengampelasan menggunakan kain kering sehingga kayu telah siap untuk di cat.
  • Aplikasikan Biovarnish Wood Filler yang sudah dilarutkan dengan air. Kemudian aplikasikan pada bagian yang cacat atau seluruh permukaan kayu apabila pori-pori kayu terlalu besar. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 20-30 menit. Jika sudah kering, ampelas menggunakan kertas ampelas grid 320
  • Aplikasikan Biovarnish Woo Stain yang sudah dilarutkan dengan air. Anda dapat menggunakan cara semprot atau kuas ketika mengaplikasikannya. Untuk lebih cepat, Anda dapat menggunakan cara semprot terlebih bagian kisi-kisi louver yang banyak. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 60 menit. Setelah kering sentuh, ampelas ambang menggunakan kertas ampelas grid 400
  • Untuk tahap akhir, aplikasikan Biovarnish Clear Coat matte atau gloss. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu hingga benar-benar merata. Kemudian diamkan selama 24 jam dan louvered door pun siap untuk digunakan.

Hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah ketika mengeringkan cat. Sebaiknya tidak dikeringkan dibawah sinar matahari langsung melainkan cukup diangin-anginkan saja atau didiamkan di tempat yang teduh.

Biovarnish tergolong cat yang cepat kering tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari langsung. Selain itu, kayu yang sudah di cat Biovarnish juga dapat langsung digunakan karena tidak melalui tahap penguapan dan bahkan tidak mengeluarkan bau cat yang menyengat.

Cat kayu kuas Biovarnish bisa didapatkan dengan sangat mudah. Untuk informasi lebih lanjut serta pemesanan, dapat menghubungi customer service cat kayu Biovarnish via telepon maupun WhatsApp  pada kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini.

Dapat juga melakukan pembelian melalui marketplace kesayangan Anda yakni

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

Biovarnish merupakan produk cat kayu yang aman dan ramah lingkungan. Dapat digunakan untuk indoor atau pun outdoor sehingga bisa diaplikasikan pada media serat alam apapun.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here