Finishing Cat Kayu yang Bagus untuk Sliding door Sesuai Tren Kekinian

1015

Tampilan pada sliding door akan lebih menarik jika menggunakan bahan finishing cat kayu yang bagus saat pengerjaan finishingnya.

Penggunaan perangkat rumah yang memiliki desain unik menjadi suatu hal yang cukup lazim dilakukan pada saat ini. Seperti penggunaan sliding door, perangkat ini akan menghasilkan ciri tersendiri dalam suatu ruangan rumah.

Sliding door sendiri bukan merupakan suatu barang baru di dunia desain interior, sudah sejak lama perangkat pintu geser ini digunakan untuk hunian. Akan tetapi, hingga sekarang sliding door masih tidak cukup umum untuk digunakan di Indonesia.

CS Biovarnish

Baca Juga : inilah cat kayu terbaik untuk pintu yang perlu anda ketahui

Sliding Door

Sliding door merupakan pintu yang menggunakan mekanisme geser dan pintu ini menggunakan media rel untuk membuka dan menutupnya. Pemakaian pintu jenis ini juga bisa berguna untuk efisiensi tempat di ruangan jenis tertentu. Sliding door sendiri sering dibuat dari bahan kayu.

Pemakaian material tersebut didasarkan pada alasan kemudahan produksi dan tampilannya juga cukup menarik untuk dipadaukan dengan berbagai jenis ruangan rumah.

Namun, adakalanya sliding door ini juga cukup bermasalah penggunaannya. Hal tersebut bukan tanpa alasan sebab adakalanya bagian rel yang jarang  dibersihkan dapat memicu pintu terasa tersendat.

Bagaimana cara merawat sliding door yang benar? Umumnya, furniture dan konstruksi bangunan juga memerlukan perawatan agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Selain itu, dengan perawatan rutin juga dapat memperpanjang usia penggunaan dari furniture atau konstruksi bangunan tersebut.

Sayangnya, karena kesibukan aktivitas orang modern saat ini sepertinya melakukan perawatan rutin pun cukup sulit. Umumnya, mereka akan memanggil jasa pembersih rumah agar lebih praktis dan menghemat tenaga.

cat-kayu-untuk-Sliding-door

Faktanya, Anda dapat juga loh merawat sliding door dengan mudah. Sediakan waktu setidaknya 15 menit untuk merawat silidng tersebut, yakni

  1. Bersihkan sela-sela rel dari kotoran menggunakan sapu sehingga pintu dapat digeser dengan mudah
  2. Anda dapat menyiasati dengan oli apabila bagian rel tersebut bersih namun pintu tetap saja sulit digeser
  3. Bersihkan dari debu setiap hari agar tampilan sliding door tetap cemerlang sehingga meminimalisir adanya refinishing dalam kurun waktu yang singkat.
  4. Selebihnya Anda dapat mengoleskan poles kayu setidaknya sebulan sekali untuk menjaga tampilan pada sliding door.

Perawatan dari nomor 1-3 berlaku untuk semua material sliding door baik kayu ataupun alumunium. Dan sedangkan no. 4 hanya berlaku untuk sliding door yang menggunakan material kayu.

Sliding door tidak hanya digunakan untuk dapur, penyekat antar ruangan melainkan juga pintu garasi. Beberapa kasus sering mengalami masalah yang disebutkan diatas yakni pintu yang sulit digeser.

Bagi sliding door yang terbuat dari kayu, adakalanya cukup berat ketika menggesernya. Selain itu, masalah lain yang menghinggapi pada sliding door kayu adalah warna cat yang tertutupi oleh debu tebal sehingga warnanya mulai kusam.

Maka dari itu, pentingnya untuk selalu membersihkan permukaan sliding door terutama bagian ukir seperti bingkai atau pun dengan desain nako permanen. Bagian-bagian tersebut cukup sulit jika dibersihkan hanya dengan kemoceng. Sebaiknya bersihkan bagian-bagian tersebut menggunakan kain setengah basah.

Untuk membuat tampilan sliding door lebih menarik dan kembali seperti semula maka diperlukan pengerjaan finishing yang memadai. Cat kayu adalah salah satu pilihan untuk menciptakan tampilan sliding door kayu terkesan baru.

Tips Refinishing Sliding Door Menggunakan Biovarnish

Salah satu cat kayu yang direkomendasikan untuk sliding door adalah Biovarnish. Bahan finishing seperti cat kayu yang bagus dari Biovarnish diperlukan untuk kebutuhan ini.

Biovarnish sangat cocok untuk finishing furniture atau konstruksi bangunan yang terbuat dari kayu ataupun serat alam. Sebab, cat tersebut memiliki data rekat yang kuat serta transparansi warna kayu yang tajam.

Ketika cat kayu dilaplikasikan ke permukaan sliding door kayu akan terkesan natural dan warna kayunya yang tajam. Cat kayu ini tidak mudah mengelupas dan memudar karena terbuat dari water based acrylic.

Biovarnish adalah cat kayu yang terbuat dari water based acrylic. Karena kandungan bahannya yang terbuat dari air membuat cat ini tidak mudah kusam. Tampilan kusam tersebut bisa disebabkan oleh kandungan cat yang menguap ke udara.

Umumnya, furniture pasca finishing akan diangin-anginkan terlebih dahulu untuk beberapa saat. Hal ini bertujuan agar cat tersebut menguap terlebih dahulu dan bau cat mulai berkurang kemudian baru lah furniture tersebut siap diletakkan di dalam ruangan.

Bahan finishing yang tepat untuk diaplikasikan pada saat finishing sliding door adalah Biovarnish. Cat kayu yang bagus ini memiliki karakter warna transparan dan tajam untuk memperlihatkan serat asli kayu dengan lebih menarik. Tampilan natural yang maksimal bisa dihasilkan dengan pemakaian produk ini.

Biovarnish juga merupakan produk water based. Kandungan air pada cat kayu yang bagus ini membuatnya aman digunakan karena kadar zat beracunnya sangat rendah. Produk ini telah memenuhi standar keamanan bahan finishing yang berlaku di negara-negara maju dengan mengacu ketentuan dari US-EPA dan EU-ECHA.

Untuk masalah refinishing, Biovarnish juga menjadi pilihan yang tepat. Karena cat ini sangat mudah diaplikasikan meskipun menggunakan metode finishing kuas.

Berikut teknik finishing natural kayu pada sliding door kayu:

  • Pastikan sliding door tersebut sudah siap di finishing yakni bersih dan permukaannya rata. Anda dapat mengampelasnya terlebih dahulu apabila terdapat kotoran membandel dan permukaan kayu yang tidak rata.
  • Setelah dibersihkan sisa-sisa debu pengampelasan, Anda dapat mengaplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk mengatasi cacat pada sliding door misalkan kayu berlubang atau retak.
  • Aplikasikan Biovarnish Wood Stain yang sudah dilarutkan dengan air kemudian gunakan kuas atau spray gun untuk mengaplikasikannya ke seluruh permukaan kayu. Diamkan selama satu jam hingga mendapatkan kering sentuh. Apabila sudah kering sentuh, ampelas ambang dengan kertas ampelas no. 400
  • Untuk tahap akhir, aplikasikan Biovarnish Clear Coat yang sudah dilarutkan dengan air. Setelah diaplikasikan, diamkan minimal selama semalaman hingga cat benar-benar kering.

Tidak masalah apabila finishing ini dilakukan di dalam ruangan karena cat tersebut tidak beracun dan tidak berbau. Namun, sebaiknya untuk selalu membuka pintu atau jendela guna menjaga sirkulasi udara berjalan dengan baik.

Pastikan selama mengaplikasikan cat tersebut searah serat kayu sehingga mendapatkan hasil finishing yang seragam dan warna merata dengan baik. Jika Anda masih awam dan cukup kesulitan menggunakan kuas maka Anda dapat menggunakan kuas sponge atau kuas yang sudah dilapisi kain untuk mencegah tertinggalnya bekas cat.

Cat kayu yang bagus dari Biovarnish sendiri cukup mudah untuk didapatkan. Untuk informasi lebih lanjut serta pemesanan, dapat menghubungi customer service cat kayu Biovarnish melalui kontak hotline yang sudah tercantum pada website atau melalui email di [email protected]

Untuk mempermudah belanja produk cat water based terkhusus bagi Anda yang terbiasa melakukan transaksi pembelian di marketplace, kini produk Biovarnish sudah dapat Anda beli di marketplace kesayangan Anda, yakni

BukaLapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

TokoPedia : https://www.tokopedia.com/biopaint102

Shopee: https://shopee.co.id/Biovarnish.official

Sedangkan pembelian secara online dapat langsung mengunjungi Bio Office yang berada di Yogyakarta, Cirebon dan Jepara. Di luar daerah tersebut, Anda dapat membeli di toko retail cat atau agen-agen resmi Bio Industries.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here