Kursi Terlihat Lebih Menarik Menggunakan Finishing Cat Natural Kayu

1267

Tampilan kursi akan terjaga dengan baik jika menggunakan cat kayu yang memiliki daya rekat film yang kuat serta transparansi warnanya yang baik.

Kursi merupakan furniture yang wajib ada pada hunian rumah. Bahkan kursi sendiri memiliki berbagai jenis baik nama atau pun kegunaannya. Tetap saja, kursi harus melalui proses finishing untuk memberikan kesan indah dan menawan.

Tampilan kursi dengan cat kayu justru memberikan kesan yang tenang dan hangat. Wajar saja, banyak hunian rumah baik di Indonesia maupun  luar negeri menggunakan kursi dengan tampilan natural kayu tersebut.

Macam-Macam Kursi Yang Sering Digunakan

CS Biovarnish

Jika membahas tentang kursi maka sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat pada umumnya. Secara umum, kursi menggunakan material kayu sebagai material utamanya. Namun, adakalanya kursi menggunakan material lain seperti besi atau bahkan dipadukan dengan material satu dengan yang lainnya.

Sedangkan kursi sendiri terdiri dari bermacam-macam jenis sesuai dengan kegunaan dan fungsinya. Wajar saja jika suatu rumah memiliki beberapa jenis kursi yang berbeda karena fungsinya tersebut.

cat-kayu-untuk-kursi

Berikut macam-macam jenis kursi yang dapat Anda gunakan sesuai fungsi dan kegunaannya:

  1. Side Chair

Kursi yang satu ini umumnya memiliki desain yang minimalis dan ramping. Side chair dapat digunakan untuk kursi teras atau pendamping sofa. Kursi dengan model ini memiliki desain yang trendi dan minimalis.

Material yang digunakan untuk side chair pun diantaranya adalah kayu atau besi dan dipadukan dengan busa untuk senderan atau dudukannya. Adakalanya, side chair ini tidak menerapkan kaki-kaki sehingga terkesan lebih sederhana dan mudah sekali untuk ditempatkan dan digeserkan.

  1. Sofa

Sudah tidak asing lagi dengan kursi yang satu ini. Sofa merupakan kursi yang berbeda dengan kursi yang lainnya karena busa yang digunakan menyatu dengan kerangkanya. Umumnya, sofa memiliki dimensi yang besar dan diletakkan di ruang keluarga atau ruang tamu.

Untuk menggunakan sofa, Anda dapat sesuaikan dengan dimensi ruangan Anda. Pasalnya, banyak sofa di pasaran menawarkan berbagai ukuran sehingga akan mempermudah Anda untuk memilih.

Selain itu, sofa biasanya juga dilengkapi dengan bantal kecil guna senderan dan bahkan dapat menghias sofa tersebut menjadi lebih elegan.

  1. Kursi Makan

Kursi makan adalah salah satu furniture yang sangat sering dijumpai di suatu hunian. Kursi ini umumnya memiliki desain rangka dengan kaki yang panjang serta senderan yang lebih tinggi. Selain itu, bagian dudukan dari kursi makan cenderung datar sehingga akan lebih nyaman ketika diduduki.

Side chair memang dapat digunakan sebagai kursi pada ruang makan namun kursi makan ini memiliki fungsi yang lebih khusus. Ketika Anda membeli satu set furniture makan maka kursi yang dibutuhkan tidak hanya satu melainkan minimal empat kursi. Hal ini dikarenakan untuk menyesuaikan anggota keluarga yang umum dihuni suatu rumah.

  1. Slipper Chair

Mungkin cukup jarang di suatu hunian rumah menerapkan slipper chair. Bahkan adakalanya orang menggunakan slipper chair untuk ruang tamu. Selain tampilannya yang elegan, kaki dari slipper chair cenderung lebih pendek dari kursi pada umumnya.

Slipper chair juga cocok dipadukan dengan sofa karena umumnya sofa juga memiliki kaki yang pendek. Selain untuk ruang tamu, slipper chair juga dapat digunakan untuk kursi rias.

Sebab, kursi ini memiliki bagian dudukan yang pendek sehingga dapat diselipkan pada meja rias sehingga tidak memakan banyak tempat. Slipper chair juga akan lebih nyaman digunakan ketika Anda ingin memakai sepatu, stocking dan lain sebagainya karena tingginya yang pendek.

  1. Kursi Kerja

Bagi Anda yang tidak hanya bekerja di kantor maka membutuhkan kursi kerja di rumah Anda. Kursi kerja didesain senyaman mungkin agar Anda nyaman ketika Anda menghadap monitor berjam-jam.

Umumnya, kursi kerja ini menggunakan dudukan dengan busa dan sandaran yang sebahu sehingga ketika Anda menyandar akan lebih terasa nyaman. Terdapat beberapa material yang sering digunakan untuk kursi kerja yakni kayu, besi hingga plastik.

Nah, dari serangkai jenis kursi yang telah disebutkan di atas, kursi mana kah yang terdapat di rumah Anda? Pastikan Anda memilih kursi sesuai dengan kebutuhan dan fungsi di rumah Anda.

Adakalanya orang hanya sekadar membeli namun sangat jarang digunakan. Bisa dikatakan kursi tersebut hanya digunakan sebagai pajangan saja sehingga akan menghidupkan suasana.

Boleh saja Anda menggunakan kursi sebagai pajangan atau pelengkap di rumah Anda asalkan dimensi rumah yang Anda tinggali cukup besar. Dan apabila rumah Anda cukup minimalis maka hindari penggunaan furniture yang tidak memiliki fungsi apapun.

Untuk jenis kursi yang terbuat dari kayu maka dibutuhkan tahap finishing agar kayu tetap terlihat cantik dan menawan. Proses finishing ini umumnya sudah dilakukan oleh mebel yang membuatnya. Namun, adakalanya konsumen custom dan mencoba untuk mengecatnya sendiri.

Finishing Kursi Dengan Cat Kayu Berkualitas

Cat kayu menjadi salah satu kewajiban ketika masuk ke ranah finishing kayu. Dengan finishing tersebut, maka tampilan furniture lebih indah dan terlindungi dengan baik. Lapisan cat pada umumnya bertujuan untuk memperindah sekaligus melindungi kayu dari gangguan langsung seperti debu, jamur, serangga dan sebagainya.

Adapun cat untuk kayu yang memiliki kualitas yang bagus dan aman untuk digunakan selama finishing adalah Biovarnish. Cat ini merupakan cat yang menggunakan bahan water based sehingga lebih aman dan ramah lingkungan. Adapun cara aplikasi Biovarnish sebagai berikut:

  1. Ampelas permukaan furniture agar bersih dari debu atau sisa minyak yang masih menempel. Setelah diampelas secara keseluruhan, bersihkan sisa debu pengampelasan tersebut agar cat mudah melekat pada permukaan kayu.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler ke seluruh permukaan kayu. Kemudian diamkan dalam suhu ruangan selama 20-30 menit. Jika sudah kering, ampelas menggunakan kertas ampelas no. 320
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain menggunakan kuas ke seluruh permukaan kayu. Tunggu hingga kering selama 60 menit kemudian ampelas ambang menggunakan kertas ampelas no. 400 apabila sudah kering sentuh.
  4. Gunakan Biovarnish Clear Coat ke seluruh permukaan kayu kemudian diamkan selama semalam untuk hasil akhir lebih maksimal.
  5. Setelah cat kering, Anda sudah dapat langsung menggunakan kursi tersebut. Tanpa harus dianginkan terlebih dahulu karena cat tidak mengalami penguapan serta tidak mengeluarkan bau yang menyengat.

Biovarnish merupakan cat kayu yang aman digunakan sebab bahan yang digunakan telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan bahan kimia internasional seperti US EPA dan ECHA. Cat ini juga bagus digunakan untuk finishing dengan tampilan natural kayu karena memiliki fitur dengan transparansi warnanya yang bagus.

Informasi dan pemesanan cat kayu Biovarnish, dapat menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini. Atau Anda dapat order di marketplace kesayangan Anda yakni

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here