Cat Kayu Terbaik untuk Bench Kayu Agar Terlihat Lebih Natural Tajam

725

Bench kayu umumnya menggunakan lapisan cat natural kayu karena memberikan kesan yang alami sehingga lebih menyatu dengan alam.

Finishing pada furniture seperti kayu sangat perlu karena bertujuan untuk memperindah tampilan furniture tersebut. Lapisan cat juga dapat melindungi kayu dari kerusakan yang diakibatkan oleh debu atau jamur sehingga furniture dapat lebih tahan lama.

CS Biovarnish

Salah satu furniture yang memerlukan lapisan cat adalah bench  atau bangku kayu. Lapisan cat tersebut dapat melindungi bench kayu secara optimal karena dilengkapi fitur yang dibutuhkan untuk eksterior.

Seperti yang diketahui bahwa bench kayu umumnya digunakan pada kebun atau taman. Untuk mempertahankan kayu dapat lebih awet maka lapisan cat ini sangat penting. Mengingat kayu merupakan material serat alam yang sangat rentan terhadap faktor eksternal seperti perubahan cuaca, suhu, jamur ataupun rayap.

Meskipun kayu yang digunakan umumnya adalah kayu jati maka tetap dibutuhkan cat kayu yang tepat. Seperti yang diketahui l bahwa kayu jati merupakan jenis kayu yang dikenal dengan kualitasnya.

Kayu jati untuk eksterior seperti bench memiliki daya tahan yang bagus sebab kayu tersebut dapat bertahan dari serangan jamur ataupun rayap bahkan memiliki daya tahan terhadap perubahan cuaca yang baik sehingga kayu jati cenderung stabil.

Sayangnya, ketahanan kayu jati ini juga bermacam. Kayu jati dengan usia panen lebih dari 25 tahun cenderung lebih kuat dan memiliki ketahanan yang bagus. Sedangkan yang memiliki masa panen antara 15-25 tahun lebih riskan.

Meskipun demikian, kayu jati muda atau kayu jati yang memiliki masa panen 15 tahun ini justru memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan jenis kayu lain. Maka dari itu, kayu jati masih banyak dipilih untuk keperluan outdoor.

Melihat kualitas kayu jati tersebut, lapisan cat kayu tersebut memiliki peran yang penting agar kayu tidak cepat lapuk.  Cat kayu terbaik akan memberikan tampilan sekaligus melindungi kayu dengan maksimal. Terutama cat yang diformulasikan dengan daya rekat film yang kuat serta transparansi warnanya yang bagus.

Finishing Bench Kayu Dengan Cat Kayu Terbaik

Cat kayu terbaik yang digunakan oleh sebagian besar industri kayu atau mebel di Indonesia masih didominasi dengan cat kayu solvent based. Cat ini biasanya menggunakan bahan pelarut thinner atau sejenisnya.

Secara hasil, furniture dengan lapisan cat solvent based cenderung memiliki tingkat kilap layaknya kaca. Selain itu, cat tersebut juga mudah untuk diaplikasikan. Banyak jenis cat kayu solvent seperti pernis, plitur, NC ataupun melamin.

Semua jenis cat diatas umumnya adalah cat solvent based karena terbuat dari bahan kimia serta penggunaan pelarut organik. Karena adanya kandungan bahan kimia serta cenderung berbau cat maka cat ini disarankan untuk diaplikasikan di ruang yang terbuka atau memiliki sirkulasi udara yang baik.

Sayangnya, jika Anda adalah seorang yang memperhatikan kesehatan lingkungan maka cat ini tidak masuk ke dalamnya. Sebab, cat tersebut cenderung mengandung bahan kimia yang dapat mencemari lingkungan.

Dampak buruk dari cat ini sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Kandungan bahan logam berat dalam cat dalam menyebabkan gangguan kesehatan diantaranya gangguan sistem syaraf, gangguan sistem pernafasan atau kanker. Sedangkan dampak paling buruk pada lingkungan adalah kandungan VOC yang tinggi pada cat menjadi salah satu penyebab dari pemanasan global.

Gunakan cat kayu terbaik dengan bahan yang jauh lebih aman dari cat solvent based. Cat kayu yang aman biasanya tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan tidak menggunakan bahan pelarut thinner ataupun sejenis pelarut organik lainnya. Yaitu Biovarnish, cat yang menggunakan bahan dasar air yang bisa dijumpai di lingkungan sekitar Anda.

Biovarnish merupakan cat berbahan dasar air untuk hasil finishing natural kayu. Cat ini mampu memberikan tampilan yang natural alami karena dilengkapi fitur transparansi warnanya yang tajam.

Seperti yang diketahui, tampilan natural kayu umumnya menyoroti bagi serat kayu yang dimilikinya. Dengan mengaplikasikan Biovarnish, tampilan seratnya akan lebih mencolok dan warna asli kayu semakin tajam.

Apakah bisa menciptakan tampilan kayu yang berbeda dengan warna asli dari yang digunakan? Tentu saja, Biovarnish memiliki 20 varian warna yang dapat Anda sesuaikan dengan tampilan yang Anda inginkan.

Namun, perlu diperhatikan apabila menginginkan tampilan terang pada kayu yang cenderung gelap seperti kayu mahoni, sonokeling dll maka terlebih dahulu yang dilakuka adalah dengan mengaplikasikan dempul.

Cara lain juga bisa Anda lakukan namun cara ini cukup jarang dilakukan oleh seorang new user yakni bleaching kayu. Cara memutihkan kayu ini umumnya dilakukan oleh tenaga profesional untuk mendapatkan warna terang yang optimal.

Namun, bagi Anda yang seorang new user maka penggunaan dempul kayu sudah dirasa cukup untuk meratakan warna natural kayu yang diinginkan. Pastikan memilih warna dempul sesuai dengan kebutuhan.

Biovarnish menyediakan empat warna dempul yang dapat Anda sesuaikan dengan tampilan yang diinginkan yakni warna kayu jati, kayu ramin, kayu mahoni dan kayu sonokeling. Dengan ragam warna yang ditawarkan Biovarnish ini tentu akan memudahkan Anda dalam finishing.

Untuk mempermudah proses finishing maka perhatikan langkah dibawah ini. Disini akan mengambil contoh tampilan kayu jati.

  1. Amplas terlebih dahulu permukaan kayu yang akan dilapisi cat sehingga kayu tersebut siap untuk difinishing. Setelah diamplas, bersihkan sisa debu pengamplasan.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler warna kayu jati ke seluruh permukaan kayu. Sebelum diaplikasikan, larutkan terlebih dahulu dengan air hingga menemukan kekentalan yang diinginkan. Anda dapat mengaplikasikannya menggunakan pisau palet atau kuas. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 20-30 menit. Apabila sudah kering, amplas dengan kertas grit 320.
  3. Larutkan Biovarnish Wood Stain warna teak wood dengan air lalu aduk hingga larutan tercampur. Kuaskan atau semprotkan ke seluruh permukaan kayu secara keseluruhan. Diamkan dalam suhu ruangan selama 60 menit. Jika sudah kering sentuh, amplas ambang dengan kertas amplas grit 400.
  4. Untuk mengunci warna, aplikasikan Biovarnish Clear Coat. Anda dapat memilih tampilan akhir matte atau gloss. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 24 jam atau semalaman agar siap packing atau digunakan.

Perlu diingat bahwa penggunaan Biovarnish hanya cukup dikeringkan di tempat yang teduh atau dalam suhu ruangan saja. Anda tidak perlu mengeringkannya langsung dibawah sinar matahari.

Dengan demikian, Biovarnish dapat Anda gunakan dalam kondisi cuaca apapun dan dimanapun. Meskipun di ruang yang tertutup, sebaiknya tetap memperhatikan sirkulasi udaranya cukup baik sehingga udara dalam ruangan dapat bergantian.

Cat Kayu Water Based Di Indonesia

Cat kayu terbaik Biovarnish merupakan cat kayu dengan bahan water based acrylic yang diformulasikan khusus sebagai pengganti cat kayu solvent based. Sehingga sangat cocok digunakan untuk finishing dengan tampilan akhir natural kayu.

Varian produknya yang lengkap akan memudahkan Anda dalam mengaplikasikan finishing pada furniture, kerajinan ataupun konstruksi bangunan. Selain itu, dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan yang akan menciptakan tampilan yang optimal.

Untuk bisa mendapatkan berbagai keunggulan Biovarnish ini, Anda dapat langsung memesan ke nomor kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini atau melalui e-mail Bio di [email protected]

Jika ingin lebih mudah dalam pembelian, kini Biovarnish juga dapat Anda pesan melalui marketplace kesayangan Anda. Ketik saja Biovarnish maka berbagai produk tersebut akan muncul dan produk tersebut juga telah tersedia di beberapa toko terdekat dengan daeah Anda.

Atau Anda dapat langsung membeli di toko pusat Bio dengan klik link marketplace yang telah tercantum pada laman website ini.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here