Finishing Kursi Garden Ini Ternyata Berbahaya Untuk Kesehatan Anda

665

Lapisan cat pada kursi garden tidak semua aman digunakan. Selain dilengkapi fitur tahan cuaca, pastikan kandungan bahan pada cat untuk finishing kursi garden juga aman digunakan.

Kursi garden cukup umum digunakan di hunian, resort ataupun hotel di Indonesia. Material yang paling sering digunakan untuk kursi garden adalah kayu. Tentu saja kayu yang digunakan untuk kursi garden tidak boleh sembarang seperti kayu lunak. Pasalnya, kursi garden merupakan furniture yang terletak di outdoor sehingga dibutuhkan kayu yang tahan terhadap cuaca. Kayu yang tahan cuaca akan membantu furniture kayu tersebut bertahan lebih lama. Nah, salah satu kayu yang digunakan untuk kursi garden dan memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca adalah kursi jati.

Kayu jati bahkan banyak digunakan oleh orang Eropa atau Amerika untuk furniture outdoor karena ketahanannya terhadap cuaca. Kelebihan lain dari kayu jati adalah memiliki warna dan serat yang bagus sehingga warna furniture seperti warna natural kayu pun sudah dirasa cukup untuk memperindah kayu jati. Ya, warna cat kayu yang paling umum digunakan untuk furniture kayu jati adalah warna natural kayu.

CS Biovarnish

Kursi garden yang menggunakan kayu jati atau sejenis kayu yang memiliki ketahanan cuaca yang baik dapat bertahan lebih lama jika dirawat dengan baik. Sebelum membahas jauh tentang merawat kursi Anda, yang perlu Anda perhatikan pertama kali adalah cat yang Anda pilih. Sebab, cat kayu yang tidak bagus terhadap cuaca pada umumnya akan lebih cepat memudar dan flacking (cat retak-retak). Biasanya, flacking terjadi disebabkan oleh lamanya cat kayu pada furniture outdoor. Sebab, flacking tersebut terjadi diakiabatkan oleh proses oksidasi pada cat yang terjadi dalam kurun waktu yang lama.

Selain masalah yang terjadi pada cat kayu seperti cat yang mengelupas, retak ataupun warna yang memudar. Pernah kah Anda memikirkan kembali tentang kandungan bahan pada cat kayu? Pernahkah Anda mengkhawatirkan keamanan bahan cat ketika finishing kursi garden pada keluarga Anda? Pasalnya, tidak semua cat kayu aman loh untuk digunakan sehingga Anda harus waspada akan kandungan cat kayu pada furniture baik furniture indoor ataupun furniture outdoor.

Tentu sebagian dari Anda mulai mengkhawatirkan penggunaan cat yang tidak tepat. Penggunaan cat yang tidak tepat saat finishing ternyata berdampak pada kesehatan Anda dan keluarga. Cat apakah yang tidak seharusnya Anda gunakan? Cat tersebut adalah cat yang dapat mengakibatkan gangguan pada kesehatan Anda biasanya mempunyai kandungan kimia yang tinggi salah satunya adalah cat solvent based. Cat tersebut biasanya menggunakan bahan pelarut thinner, spirtus atau bahan minyak turunan lainnya.

Awal kali yang menyebabkan gangguan pada kesehatan Anda, salah satunya adalah dari bau. Bau yang menyengat paling tidak akan menyebabkan pusing-pusing bagi aplikator cat atau orang yang berada disekitarnya maka dari itu memerlukan alat pengaman seperti masker. Namun, masker tidak menutup kemungkinan dapat mencegah gangguan kesehatan tersebut.Efek lain yang ditimbulkan dari penggunaan cat solvent based adalah iritasi kulit, jika Anda memiliki alergi, gangguan sistem syaraf atau bahkan dapat terjangkit kanker. Maka dari itu, sangat tidak disarankan penggunaan cat solvent based pada lingkungan keluarga Anda.

Yang lebih disarankan adalah menggunakan cat yang aman dan ramah lingkungan, seperti cat water based. Cat tersebut lebih ramah lingkungan karena penggunaan air yang notabene tidak mencemari lingkungan. Jadi lebih baik menggunakan cat water based ketika finishing kursi garden karena lebih aman untuk sekitar Anda.

Bagaimana Pengaplikasian Finishing Kursi Garden dengan Cat Water Based?

finishing cat water based biovarnishCat water based merupakan cat kayu sebagai alternatif pengganti cat kayu konvensional yang terbuat dari shellac gum. Cat water based cukup berbeda dengan cat kayu konvensional jika dilihat dari bahan dan pelarut yang digunakan. Cat water based seperti dengan namanya merupakan cat kayu yang menggunakan bahan pelarut air. Dan jika cat konvensional menggunakan pelarut organik seperti thinner atau spiritus, berbeda dengan cat water based yang cukup menggunakan pelarut air.

Cat water based untuk saat ini tidak begitu sulit untuk didapatkan. Karena masyarakat mulai menyadari akan pentingnya penggunaan cat water based bagi kesehatan, sehingga banyak perusahaan yang mencoba produksi cat water based. Saat pengaplikasian cat water based hampir tidak berbeda dengan halnya cat solvent based. Berikut finishing kursi garden dengan cat water based:

  • Bersihkanlah kursi garden Anda dengan lap. Kemudian amplaslah secara kasar agar cepat bersih. Tujuan pengamplasan adalah membersihkan debu, kotoran atau minyak yang masih menempel pada permukaan kursi.
  • Jika di bagian-bagian kursi mengalami kerusakan seperti lubang-lubang, lebih baik aplikasikan dempul di bagian yang berlubang tersebut.
  • Amplas lah bagian yang sudah didempul. Pastikan permukaannya kembali rata agar mudah diaplikasikan cat.
  • Aplikasikan finishing kursi garden dengan menggunakan kuas yang sudah dilapisi kain. Kenapa harus memakai kain? Jika diaplikasikan hanya dengan menggunakan kuas, kemungkinan yang terjadi adalah akan meninggalkan bekas pada permukaan kursi Anda.
  • Tunggu sampai cat tersebut mengering, kemudian aplikasikan kembali cat tersebut sampai mendapatkan warna kilap yang sempurna.

Tentu tidak lah sulit bagi Anda yang gemar melakukan finishing sendiri saat di rumah. Namun juga tidak akan sulit bagi Anda sebagai pemula. Lebih efektif dilakukan sendiri karena Anda dapat mengetahui warna yang akan dihasilkan dan warna sesuai dengan kehendak Anda. Saat waktu Anda luang, sempatkan untuk melakukan perawatan pada furniture eksterior Anda, salah satunya kursi garden Anda.

Bagi Anda seorang pemula atau bahkan orang yang sering berkecimpung dalam aplikasi cat,  untuk mengetahui dimana tempat yang menjual cat water based, salah satunya di Bio Industries. Bio Industries merupakan perusahaan yang khusus mengembangkan cat water based di Indonesia. Cat water based yang cocok untuk finishing kursi garden adalah Biovarnish. Cat tersebut merupakan cat dengan bahan yang diformulasikan sesuai standarisasi Internasional seperti US-Environmental Protection Agency (EPA) dan  standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA)REACH. Cat tersebut sangat cocok digunakan untuk furniture eksterior karena tahan cuaca dan tahan air selain itu lebih cepat kering serta tidak lengket. Biovarnish sangat efektif sebagai pengganti plitur konvensional atau pernis berbahan shellac gum yang cenderung lebih berbahaya.

Biovarnish tidak hanya bagus digunakan untuk furniture outdoor saja melainkan juga pada furniture indoor. Anda tidak perlu khawatir ketika cat water based ini tertuang air sebab cat tersebut tidak mudah blocking atau warna memudar ketika tersentuh air. Dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan yang akan mempermudah proses finishing pada furniture, komponen bangunan ataupun kerajinan.

Nah, bagi Anda yang memiliki usaha kerajinan atau mebelling, penggunaan Biovarnish menjadi pilihan tepat karena lebih efisien tenaga, waktu dan biaya. Dengan cara aplikasi yang mudah dan proses pengeringannya yang cepat membuat finishing furniture lebih cepat selesai. Selain itu, Anda tidak perlu harus membeli pelarut organik dalam partai besar jika akan digunakan untuk finishing furniture atau kerajinan dalam jumlah banyak.

Mungkin Anda akan kesulitan ketika Anda harus memilih produk finishing pada setiap tahapnya. Kini Anda tidak perlu khawatir, Biovarnish juga menawarkan cat kayu dengan varian produk yang lengkap mulai dari tahap basecoat hingga topcoat diantaranya adalah Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Clear Coat dan Biovarnish Glaze. Produk finishing tersebut dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan finishing yang ingin Anda ciptakan.

Untuk tahap finishing, Biovarnish seperti halnya dengan finishing cat kayu pada umumnya. Yang membedakan adalah proses pengeringannya yang cepat yakni kurang lebih 60 menit. Selain itu, pengeringan cat tidak dilakukan dibawah sinar matahari langsung melainkan hanya cukup didiamkan dalam suhu ruangan saja. Dengan demikian, finishing Biovarnish dapat dilakukan kapanpun atau pun dimanapun karena tidak bergantung dengan cuaca. Tidak hanya dapat digunakan untuk material kayu saja, Biovarnish akan memberikan hasil yang sama-sama optimal pada media finishing lainnya seperti kayu olahan, bambu, rotan ataupun serat alam lainnya yang sering digunakan untuk kerajinan tangan.

Nah, sudah tahu kan seberapa pentingnya penggunaan cat kayu water based untuk kehidupan lingkungan Anda? Pastikan untuk selalu menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan guna menjaga keseimbangan alam saat ini. Untuk mendapatkan cat kayu yang ramah lingkungan Biovarnish, Anda dapat langsung menghubungi kontak hotline yang tertera pada website. Atau Anda juga dapat mengunjungi kantor Bioindustries di Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here