Refinishing Yang Tepat Pada Kursi Tamu Dengan Cat Kayu Yang Bagus

959

Kursi tamu memiliki peran penting guna membuat tamu yang datang merasa nyaman. Untuk menjaga tampilannya, maka diperlukan cat kayu yang bagus.

Kursi tamu merupakan salah satu furniture interior yang riskan rusak yang diakibatkan oleh debu atau pun faktor lainnya. Umumnya, kursi tamu yang banyak digunakan di hunian Indonesia adalah kursi tamu yang terbuat dari kayu.

Tidak sedikit kursi tamu tersebut memiliki ukuran yang besar sehingga cukup memakan tempat karena penggunaan kayu sebagai komponen utamanya. Namun, tidak menutup kemungkinan desain kursi tamu tersebut adalah minimalis.

CS Biovarnish

Apapun desain kursi tamu yang digunakan, material kayu adalah material yang paling banyak digunakan. Meskipun tidak sedikit pula yang memilih rotan atau bambu sebagai material kursi tamu.

Tentu saja pemilihan material kursi tamu tersebut disesuaikan dengan selera masing-masing dari konsumen. Akan tetapi, orang yang lebih menyukai kayu ataupun serat alam lainnya lebih berkesan jika menggunakan tampilan natural kayu.

Tampilan kursi tamu akan sangat indah jika dilapisi cat, lalu bagaimana caranya jika tampilan furniture mulai mengusam? Langkah yang perlu Anda lakukan adalah refinishing atau pengecatan ulang kursi tamu Anda.

Gunakan cat untuk kursi kayu yang bagus dengan bahan water based untuk refinishing kursi tamu Anda. selain lebih efektif dan efisien, cat tersebut juga jauh lebih aman untuk digunakan.

Cara Mengecat Ulang Kursi Tamu Dengan Cat Kayu Yang Bagus

Bagaimana jika kursi tamu kayu yang sudah mengusam? Hal ini sering terjadi pada kursi tamu sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi penghuni rumah.

Adapun penyebab kursi ataupun furniture kayu mudah mengusam diantaranya adalah

  • Jarang dibersihkan. Alangkah baiknya untuk membersihkan kursi atau furniture kayu dari debu atau kotoran yang menempel pada permukaan furniture kayu tersebut
  • Usia. Adakalanya warna mengusam karena cat yang memudar diakibatkan oleh lapisan cat yang sudah lama. Sehingga untuk mengembalikan tampilan furniture kayu tersebut diperlukan refinishing atau cat ulang
  • Tidak pernah dioles dengan poles kayu. Meskipun masih jarang yang menerapkannya, poles kayu justru memberikan faktor penting untuk meremajakan tampilan natura kayu pada furniture, loh. Sebaiknya untuk mengaplikasikannya minimal sebulan sekali untuk hasil yang optimal.
  • Sering terpapar sinar matahari. Memang ruangan membutuhkan sinar matahari untuk mengurangi kadar air di udara dalam ruangan. Namun, juga diperhatikan apabila sinar matahari tersebut selalu menyorot ke furniture Anda. Terlebih furniture interior umumnya tidak dilengkapi dengan lapisan cat yang weather resistance.

Apabila kursi tamu atau furniture kayu sudah mulai usang maka ada dua opsi yang dapat Anda lakukan yakni dengan mengoleskan poles kayu atau refinishing.

Apabila mengoleskan poles kayu maka tidak menutup kemungkinan dalam jangka waktu dekat akan terlihat kusam kembali sehingga diperlukan pengaplikasian secara rutin.

Agar dapat meremajakan kembali tampilan natural pada kursi tamu maka diperlukan refinishing. Sebaiknya menggunakan produk finishing yang apa agar kursi tamu terlihat bagus tapi tetap nyaman digunakan?

Salah satu cat yang kini mulai banyak digemari karena kandungan bahannya yang aman adalah cat water based. Cat kayu ini dikembangkan guna mengurangi toxic bahan kimia yang dapat meracuni tubuh dan merusak lingkungan.

Dengan memperhatikan emisi gas buang yang saat ini menyebabkan pemanasan global, cat water based diproduksi dengan kandungan rendah atau non-VOC.

Idealnya kandungan VOC pada suatu produk maksimal adalah 3 ppm. Pada konsentrasi tersebut maka VOC dapat tergantikan dengan udara baru setidaknya 8 jam.

Apabila telah menggunakan produk non VOC maka kandungan oksigen dalam udara semakin meningkat dan mengurangi dampak buruk pada lingkungan serta kesehatan.

Cat water based merupakan salah satu cat yang akhir-akhir ini sedang dikembangkan oleh industri cat di Indonesia. Bahannya yang aman dan mudah untuk diaplikasikan justru lebih aman serta nyaman digunakan sebagai finishing. Cat ini juga memiliki tampilan akhir yang bagus dan tidak menimbulkan bau yang sangat menyengat.

Salah satu cat water based dengan kualitas yang baik adalah cat kayu yang bagus Biovarnish. Cat ini diformulasikan sebagai pengganti cat kayu solvent based, sehingga sangat cocok digunakan untuk finishing ataupun refinishing dengan tampilan akhir natural kayu. Untuk mempermudah, berikut pengecatan ulang kursi tamu menggunakan Biovarnish:

  1. Ampelas permukaan kayu untuk menghilangkan kotoran  dan sisa cat yang masih menempel
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler apabila terdapat bagian kursi tamu yang cacat akibat lubang, kayu retak atau masalah lainnya. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 20-30 menit hingga filler kayu tersebut kering. Kemudian ampelas dengan kertas ampelas no. 320
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain menggunakan kuas, tunggu hingga kering selama 1 jam kemudian ampelas halus dengan kertas ampelas no. 400. Lakukan langkah ini sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.
  4. Untuk mengunci tampilan warna sehingga dapat tahan lama maka aplikasikan Biovarnish Clear Coat. Setelah diaplikasikan, diamkan selama semalaman.
  5. Untuk perawatan rutin, Anda dapat mengaplikasikan Biopolish Linseed Oil pada furniture setidaknya sebulan sekali.

Refinishing ini dapat dilakukan di rumah bahkan bagi Anda yang masih awam mengenai finishing. Sebab, Biovarnish diformulasikan sebagai cat kayu yang mudah diaplikasikan.

Tips ketika Anda menggunakan kuas agar tampilan rapi adalah gunakan kuas sponge atau kuas yang sudah dilapisi kain katun yang bersih. Untuk mengaplikasikan cat sebaiknya searah dengan serat kayu tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghindari brush mark dan tampilan warnanya dapat sama rata.

Kesalahan-kesalahan dalam finishing dapat membuat cat kayu terkesan sulit diaplikasikan karena hasilnya yang tidak sempurna. Alhasil banyak yang memasrahkan ke tukang padahal Anda dapat melakukannya sendiri apabila mengetahui teknik yang benar. Dengan demikian, Anda akan lebih berhemat tanpa mengeluarkan uang lebih untuk membayar tukang.

Dengan refinishing menggunakan Biovarnish juga akan menghemat waktu Anda terlebih jika Anda memiliki kesibukan yang cukup padat. Sebab, proses pengerjaan aplikasi cat ini hanya membutuhkan waktu sehari dan dapat dilakukan kapanpun tanpa harus menunggu cuaca cerah.

Cat Kayu Water Based Di Indonesia

Cat water based di Indonesia memang masih tergolong baru. Cat ini mulai populer di kalangan aplikator finishing ataupun orang awam sekitar tahun 2010. Sehingga keberadaannya pun masih sedikit dibandingkan dengan cat kayu pada umumnya.

Masih belum diketahui sejak kapan cat water based mulai merambah pasar Indonesia. Namun, Bio Industries telah berdiri sejak awal tahun 2000-an guna mengembangkan cat water based tersebut.

Sehingga Bio Industries bisa dikatakan sebagai pelopor cat water based di Indonesia. Nah, tidak hanya menyediakan produk finishing natural kayu melainkan juga cat water based warna solid ataupun PU.

Bio Industries juga mengembangkan produk perawatan perkayuan mulai dari obat anti rayap,obat anti jamur, bahan bleaching kayu dan poles kayu. Semua produk tersebut menggunakan bahan yang ramah lingkungan.

Namun, karena penggunaannya yang masih mengandung bahan aktif kimia sebaiknya tetap memperhatikan protokol kerja selama mengaplikasikan berbagai produk treatment kayu tersebut. Dan sebaiknya letakkan di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak.

Terkhusus untuk cat kayu dengan warna natural kayu, Bio Industries telah mengembangkan Biovarnish. Bahkan cat tersebut selalu dikembangkan dan melalui uji lab sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan finishing saat ini.

Seperti yang diketahui, keberadaan cat water based warna natural kayu masih sedikit dan tidak terlalu lengkap. Umumnya, cat water based yang berada di pasaran adalah wood stain atau juga disebut dengan pelitur.

Biovarnish hadir dengan berbagai varian produk finishing mulai dari dempul, wood stain dan topcoat sehingga dapat melengkapi pasar finishing natural kayu dari bahan water based di Indonesia.

Saat ini, untuk tingkat gloss Biovarnish mencapai 80%. Angka persentase ini baik untuk kategori cat water based. Bagi Anda yang ingin menampilkan kesan gloss mencapai 90-an % maka dapat mengulang Biovarnish Clear Coat beberapa layer hingga mendapatkan tampilan yang diinginkan.

Namun, apabila menginginkan tampilan satin maka dengan sekali usapan Biovarnish Clear Coat saja sudah cukup. Apabila tidak menggunakan Biovarnish maka Anda juga menggunakan Biopolish. Sayangnya, tampilan warna hanya akan satu jenis saja.

Penasaran dengan Biovarnish dan cara aplikasinya? Praktekan langsung guna refinishing pada kursi tamu kayu Anda dengan Biovarnish. Untuk membeli produk Biovarnish dan serangkaian produk finishing lainnya, dapat langsung menghubungi via email [email protected].

Anda juga dapat melakukan pembelian produk Bio Industries melalui kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini. Nah, bagi Anda yang ingin pembelian Biovarnish dan produk lainnya dengan mudah dan praktis, dapat juga melakukan pembelian via marketplace kesayangan Anda.

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Shopee: https://shopee.co.id/Biovarnish.offical

Setelah penjelasan diatas mengenai cat water based, sudah tahu bukan seberapa pentingnya penggunaan produk cat water based? Selain memberikan tampilan yang menarik, cat tersebut juga aman dan membuat keluarga serta kerabat di rumah Anda tetap nyaman.

Pastikan untuk mulai hari ini menggunakan produk-produk yang aman dan ramah lingkungan guna mengurangi dampak buruk bahan kimia yang menyebabkan kerusakan lingkungan dan masalah kesehatan.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here