Ini lah Tips Tekstur Kursi Santai Kayu Halus dengan Sanding Sealer

122

Siapa yang tidak ingin kursi santai tampak lebih halus dan rapi? Kadangkala cara aplikasi cat pada permukaan kayu seperti kursi kayu akan memberikan dampak buruk pada tampilan akhirnya. Ini lah kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang pemula atau orang yang tidak terbiasa dalam mengecat furniture. Salah satunya adalah langsung mengaplikasikan cat kayu tanpa harus melapisi cat lain. Hanya menggunakan liquid stain atau cat kayu memang dirasa cukup namun untuk mendapatkan hasil yang lebih halus dan optimal maka harus mengaplikasikan beberapa bahan finishing lainnya.

Salah satu bahan finishing untuk mendapatkan hasil yang halus adalah menggunakan sanding sealer. Fungsi bahan finishing ini tidak hanya bertujuan memperhalus tektus kayu saja melainkan juga bertujuan untuk mengisi pori-pori serta memotong bulu-bulu halus pada kayu. Pantas saja jika sanding sealer banyak diterapkan oleh pengrajin atau penghobi kayu untuk mendapatkan hasil natural kayu yang optimal.

Menggunakan liquid stain seperti plitur sebagian orang akan merasa puas karena sudah mengeluarkan tampilan warna kayu. Sayangnya, hal ini justru sebuah kesalahan maka dibutuhkan aplikasi sanding sealer dan topcoat agar hasilnya pun bisa maksimal. Sanding sealer banyak ditemukan di toko-toko cat, tentu cukup sulit harus menentukan kualitas dari sanding sealer yang akan Anda gunakan.

CS Biovarnish

Sanding sealer yang beredar di pasaran pada umumnya menggunakan bahan solvent based. Cat kayu tersebut merupakan bahan finishing yang menggunakan pelarut organik seperti thinner. Pelarut tersebut sangat familiar di tengah masyarakat namun dampak buruk dari penggunaan thinner bagi kesehatan cukup berbahaya bahkan bisa mematikan apabila digunakan secara terus-menerus.  Sebaiknya untuk menjadikan tekstur kursi santai halus dengan sanding sealer berbahan dasar air.

Tips Finishing Agar Tekstur Kursi Santai halus dengan Sanding Sealer

Sanding sealer merupakan bahan finishing yang digunakan untuk tampilan transparan kayu. Cat kayu ini digunakan setelah atau sebelum liquid stain. Jika menginginkan tampilan natural kayu namun tidak membahayakan kesehatan, Anda bisa menggunakan sanding sealer water based. Sanding sealer ini tidak menggunakan pelarut thinner atau sejenisnya melainkan hanya menggunakan air. Dari segi kualitas, sanding sealer water based memiliki kualitas yang hampir sama dengan sanding sealer solvent based.

Biovarnish Sanding Sealer merupakan bahan finishing water based yang memiliki kualitas yang baik dan dipastikan aman untuk digunakan. Bahan-bahan yang digunakan sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US EPA dan ECHA Reach. Dengan standar regulasi yang sudah aman tersebut membuat cat kayu ini semakin berkualitas.

Tahap aplikasi sanding sealer lebih sederhana dibandingkan sanding sealer solvent based. Daripada penasaran, berikut cara membuat tekstur kursi santai halus dengan sanding sealer ramah lingkungan:

  1. Amplas terlebih dahulu media finishing tersebut untuk memperhalus permukaan ketika diaplikasikan sanding sealer. Kemudian bersihkan, sisa-sisa debu pengamplasan tersebut menggunakan kain kering.
  2. Larutkan Biovarnish Sanding Sealer dan air dengan perbandingan 2:1 kemudian aduk hingga benar-benar larutan tersebut homogen. Setelah larut maka aplikasikan ke seluruh permukaan kayu secara merata baik dengan cara kuas atau semprot. Tunggu hingga benar-benar kering sentuh kemudian amplas permukaan kayu tersebut dengan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  3. Setelah permukaan kayu tersebut kering, ualngi langkah diatas dengan menyeluruh ke permukaan kayu. Lalu diamkan selama 60 menit dalam suhu ruangan. Jika sudah kering, amplas permukaan kayu tersebut menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  4. Untuk tahap akhir, aplikasikan Biovarnish Clear Coat untuk melindungi sanding sealer sekaligus mengunci tampilan agar terlihat lebih tajam. Setalh diaplikasikan, diamkan selama semalaman dan kursi santai pun bisa digunakan.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here