Biovarnish Lapis Cat Kayu Paling Aman untuk Box Bayi

120

Box bayi yang terbuat dari material kayu merupakan furniture yang paling sering digunakan untuk menidurkan bayi. Selain kayu, adapula serat alam lainnya yang dapat digunakan untuk material box bayi yakni rotan. Keduanya merupakan material yang berasal dari serat alam sehingga lebih ramah lingkungan. Untuk mempercantik box bayi baik kayu atau rotan maka dibutuhkan lapisan cat. Tentu cat kayu yang digunakan harus aman dan tidak berbahaya bagi bayi. Sebab, bayi merupakan makhluk yang masih sangat sensitif terhadap sesuatu terutama bahan kimia yang terdapat pada cat.

Cat kayu yang aman merupakan cat kayu yang sangat membatasi atau tidak menggunakan bahan kimia berbahaya seperti cadmium,arsenic, timbal dll. Selain itu, cat kayu yang aman tersebut juga memiliki kandungan VOC yang rendah. VOC (Vehicle Organic Compounds) merupakan senyawa organik yang beracun dan mudah menguap. Biasanya, furniture yang mengandung VOC tinggi mengalami penguapan sehingga tidak baik apabila diletakkan didalam ruangan pasca finishing karena  membuat udara dalam ruangan menjadi beracun senyawa kimia berbahaya.

Cat kayu yang mengalami penguapan dan mengandung VOC yang tinggi saat ini mulai dilarang diberbagai negara. Dan banyak beralih kepada cat water based yang notabene lebih ramah lingkungan karena rendah VOC dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Di berbagai negara maju seperti di Amerika atau pun di Eropa, cat water based mulai dikembangkan. Lalu bagaimana dengan Indonesia, apakah cat water based sudah bisa digunakan? Di Indonesia, cat water based masih tergolong langka dan sedikit orang yang menggunakan. Sebab, belum banyak informasi mengenai cat water based sehingga banyak masyarakat yang belum menggunakan cat water based.

CS Biovarnish

Untuk cat water based terbaik di Indonesia dan produk lokal adalah Biovarnish. Cat kayu tersebut merupakan cat khusus tampilan natural kayu yang terbuat dari water based acrylic yang aman dan ramah lingkungan. Lapis cat kayu paling aman untuk box bayi ini juga sudah dijamin keamanannya karena bahan cat diformulasikan khusus sesuai dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US EPA dan ECHA Reach.

Finishing Biovarnish Lapis Cat Kayu Paling Aman untuk Box Bayi

Biovarnish dilengkapi fitur daya rekat film yang kuat dan transparansi warna yang tajam sehingga ketika sekali aplikasikan cat maka warna cat akan lebih cepat tajam. Nah, untuk menciptakan tampilan transparan sesuai dengan media finishing yang digunakan maka Anda bisa aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer. Fungsi dan kegunaan sanding sealer ini adalah menutup pori-pori kayu sekaligus memotong bulu-bulu halus media finishing yang digunakan. Pengaplikasian sanding sealer tergolong sangat praktis karena cukup memberikan tampilan transparan yang baik.

Berikut cara aplikasi Biovarnish Sanding Sealer sebagai lapis cat kayu paling aman untuk box bayi dengan tampilan transparan:

  • Amplas terlebih dahulu permukaan media finishing hingga benar-benar bersih dan rata. Kemudian bersihkan sisa-sisa debu pengamplasan.
  • Larutkan Biovarnish Sanding Sealer dan air lalu aduk hingga larutan tersebut tercampur dengan sempurna. Kemudian aplikasikan dengan cara kuas atau semprot ke seluruh permukaan media finishing. Setelah diaplikasikan ke seluruh permukaan kayu, diamkan dalam suhu ruangan kurang lebih 60 menit. Setelah kering sentuh, amplas ambang permukaan kayu tersebut menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400.

Pada tahap pertama pengaplikasian Biovarnish Sanding Sealer ini bertujuan untuk menutup pori-pori kayu sekaligus memotong bulu-bulu halus.

  • Aplikasikan kembali Biovarnish Sanding Sealer seperti pada tahap diatas. Pada tahap ini, Biovarnish Sanding Sealer bertujuan untuk memperkuat coating dan mempertajam tampilan.
  • Untuk hasil akhir dan bertujuan untuk menciptakan tampilan matte atau gloss, aplikasikan Biovarnish Clear Coat. Setelah diaplikasikan ke seluruh permukaan media finishing, diamkan selama semalama hingga benar-benar cat tersebut kering.

Setelah pengecatan, box bayi yang sudah dilapisi cat tersebut dapat langsung digunakan karena tidak mengalami penguapan, tidak mengeluarkan bau menyengat dan tidak beracun.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here