Refinishing Parket Kayu Menjelang Lebaran Pakai Biovarnish #dirumahaja

107

Lantai rumah Anda menggunakan lantai kayu atau parket kayu? Parket kayu merupakan lantai yang menggunakan kayu yang sudah disusun menjadi bentuk-bentuk tertentu yang simetris. Parket kayu sendiri terdiri dari dua macam yakni parket kayu solid atau kayu imitasi. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing namun buat Anda yang ingin lebih murah dan cara pengaplikasiannya nanti lebih mudah maka gunakan parket kayu imitasi.

Baik parket kayu solid maupun kayu imitasi tetap saja membutuhkan lapisan cat diatasnya agar tampilannya menarik dan kayu terlindungi. Apabila parket kayu tersebut tidak dilapisi cat maka sangat mudah tergesek dan membuat permukaannya pun kasar sehingga tidak nyaman ketika diinjak. Nah, yang perlu diperhatikan bagi rumah Anda yang menggunakan parket kayu adalah rajin-rajin untuk membersihkannya. Seperti halnya lantai dari marmer, batu granit atau yang lainnya, bersihkan parket kayu menggunakan sapu dan pel dengan lap setengah basah. Kenapa harus menggunakan lap setengah basah? Sebab, lantai yang digunakan menggunakan material kayu yang notabene sangat rentan lembab terlebih jika bersentuhan langsung dengan air.

Untuk menjaga tampilan parket kayu lebih menarik lagi layaknya baru sebaiknya aplikasikan kembali cat diatas permukaan parket kayu. Cukup dioleskan saja plitur atau pernis diatas sehingga tampilannya lebih mengkilap dan menarik. Tampilannya pun lebih terkesan tajam sehingga membuat ruangan terasa lebih hangat dan nyaman. Karena parket kayu digunakan untuk ruangan di dalam rumah maka ada baiknya untuk menggunakan cat kayu yang ramah lingkungan terlebih jika di rumah Anda masih banyak anak-anak atau bayi, pasti aroma cat akan sangat mengganggu mereka. Pasalnya, organ anak-anak masih sangat sensitif terhadap bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam cat.

CS Biovarnish

Gunakan cat kayu yang ramah anak yang mana tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya dan tidak mengeluarkan bau cat yang sangat menyengat. Anda tidak perlu bingung, sebab cat kayu ramah lingkungan saat ini sudah mulai bermunculan di pasaran. Meskipun keberadaan cat kayu tersebut belum sebanyak cat konvensional namun perkembangan cat kayu ini mulai meningkat. Nah, salah satu cat kayu tersebut adalah Biovarnish yang notabene cat water based. Refinishing parket kayu menjelang lebaran pakai Biovarnish juga sangat mudah dan sederhana sehingga Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Tahap Refinishing Parket Kayu Menjelang Lebaran Pakai Biovarnish

Biovarnish terbuat dari bahan water based acrylic yang diformulasikan sesuai dengan standar regulasi keamanan internasional yakni US EPA (Enviromental Protection Agency) dan ECHA (European Chemical Agency) Reach. Sehingga kandungan bahan kimia dan VOC pada cat sangat diperhatikan dan dibatasi seminimal mungkin agar aman digunakan serta tidak berdampak buruk pada lingkungan.

Biovarnish tidak hanya aman namun juga memberikan hasil natural kayu yang tajam. Agar hasil optimal, perhatikan langkah-langkah refinishing parket kayu menjelang lebaran pakai Biovarnish dibawah ini:

  1. Amplas terlebih dahulu agar permukaan halus dan mengangkat cat yang masih tersisa pada parket kayu. Setelah bersih, aplikasikan Biovarnish Wood Filler pada bagian yang cacat seperti gesekan benda tumpul
  2. Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain yang sudah dilarutkan dengan air ke seluruh permukaan kayu baik dengan cara oles atau kuas. Tunggu hingga kering setidaknya 60 menit kemudian amplas ambang
  3. Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer sama persis dengan tahap sebelumnya
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat dan BioCide SPF yang sudah dilarutkan dengan air. Kemudian diamkan selama semalaman atau hingga kering.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here