Proyek DIY: Finishing Chalk Paint Untuk Finishing Furniture Kekinian

71

Chalk paint merupakan salah satu produk finishing yang sangat cocok untuk proyek DIY. Karena Anda mengkreasikan berbagai tampilan menarik hanya dengan chalk paint.

Apa sih yang dimaksud dengan chalk paint? Sebagian orang mungkin masih asing dengan chalk paint atau Anda justru salah paham jika chalk paint adalah chalkboard paint? Bukan. Chalk paint berbeda dengan chalkboard paint yang selama ini Anda ketahui. Chalk paint merupakan cat dengan pigmen warna solid dan hasil finishing cenderung matte seperti tampak terlapisi kapur. Namun, media yang sudah terlapisi chalk paint tidak dapat digunakan untuk menulis dengan kapur, justru ketika digoreskan kapur akan merusak lapisan cat.

Chalk paint berawal dari merk dagang asal luar negeri yang berdiri tahun 1990. Cat tersebut muncul dengan latar belakang banyaknya cat yang harus diaplikasikan dengan berbagai persiapan yang cukup rumit sehingga memakan banyak waktu dan tenaga. Berbeda dengan chalk paint yang justru lebih sederhana dan cepat karena cat tersebut terbuat dari air dan latex. Dengan formula yang ringan membuat cat tersebut mudah diaplikasikan dan memberikan efek yang berkarakter pada permukaan kayu. Terlebih jika Anda mengaplikasikan chalk paint menggunakan kuas bulu nylon yang halus.

CS Biovarnish

Ketika pertama muncul, chalk paint ini menjadi pusat perhatian dan langsung digemari oleh banyak orang. Sayangnya, di Indonesia untuk menggunakan chalk paint cukup sulit atau Anda harus membelinya dari luar negeri. Tentu saja untuk proyek DIY hal tersebut dirasa mahal dan tidak efisien waktu. Kenapa harus menggunakan chalk paint bukan cat duco pada umumnya saja?

Cat duco memang sudah banyak dijumpai di Indonesia namun efek yang diberikan cat tersebut tidak sama dengan chalk paint. Keunikan dari chalk paint sendiri lah yang membuat banyak para penghobi kayu ingin mengkreasikan diri dengan berbagai tampilan menggunakan chalk paint. Tidak hanya untuk tampilan solid opaque saja, menggunakan chalk paint juga dapat untuk menciptakan tampilan klasik yang selama ini banyak diolah oleh para aplikator profesional. Dengan menggunakan chalk paint maka Anda lebih mudah untuk mendapatkan tampilan klasik atau antik. Sebab, cat ini lebih mudah dihapus atau dikikis apabila menginginkan hasil tampilan yang usang pada furniture.

Kenapa Harus Memilih Chalk Paint untuk Finishing DIY?

Contoh Kayu Olahan yang Dimanfaatkan untuk Mebel dan Finishingny

Bagi orang yang sudah berkecimpung dalam dunia finishing, chalk paint sudah tidak familiar lagi. Namun, berbeda pada masyarakat pada umumnya yang notabene tidak mengikuti perkembangan dan tren finishing. Faktanya, untuk mendapatkan tampilan solid opaque banyak yang mengira menggunakan cat duco saja. Namun, secara tampilan akan cukup rumit agar mendapatkan hasil yang lebih antik.

Jika Anda merasa ragu memiliki chalk paint karena harganya yang masih mahal dan harus import dari luar negeri, kini chalk paint telah hadir di Indonesia. Harga chalk paint lebih terjangkau dan mudah untuk diaplikasikan. BioDuco Chalk Paint adalah varian produk BioDuco dari Bio Industries untuk tampilan solid opaque. Berbeda dengan cat duco, meskipun termasuk ke dalam varian produk cat duco namun BioDuco Chalk Paint memberikan hasil finishing layaknya chalk paint dari merk luar negeri.

Pilihan Bahan

Bahan yang digunakan untuk BioDuco Chalk Paint berbeda dengan cat duco pada umumnya. Chalk paint lebih menggunakan bahan dari air dan latex sehingga lebih mudah diaplikasikan dan memberikan efek seperti kapur apabila tanpa dilapisi lapisan cat lain diatasnya.

Tahan Lama

Meskipun chalk paint merupakan cat kapur yang terbuat dari air dan latex justru cat tersebut dapat bertahan lama. Terlebih jika dilapisi poles kayu atau topcoat diatasnya

Daya Rekat Yang Kuat

Chalk Paint sangat kuat ketika melapisi media diatasnya bahkan Anda tidak perlu pengamplasan yang terlalu kuat dan halus. Hanya dengan mengamplas secara ringan maka Anda sudah cukup.

Tidak Fokus Tampilan Sempurna

Ketika Anda menggunakan chalk paint maka Anda tidak perlu fokus terhadap tampilan yang sempurna dan optimal. Chalk paint bertujuan untuk menciptakan tampilan yang senatural mungkin. Sehingga ketika disapukan ke permukaan kayu, Anda tidak perlu ragu untuk hasil akhirnya

Dapat Dikreasikan

Bagi Anda yang suka finishing, chalk paint adalah produk finishing yang tepat. Dengan chalk paint maka Anda dapat mengkreasikan tampilan yang diinginkan seperti tampilan antik. Nah, untuk mendapatkan tampilan antik maka Anda dapat memanfaatkan kuas bulu nylon.

Cepat Kering

Chalk paint terbuat dari air dan latex sehingga setelah diaplikasikan ke permukaan media finishing maka akan lebih cepat kering. Dalam sehari, Anda sudah mendapatkan tampilan finishing yang Anda butuhkan.

Finishing DIY Dengan BioDuco Chalk Paint

Untuk mendapatkan tampilan yang unik dan memiliki karakter seperti halnya tampilan antik maka dibutuhkan berbagai tampilan dan teknik finishing yang benar. Namun, untuk hasil finishing yang sederhana maka Anda dapat memanfaatkan BioDuco Chalk Paint dan Biopolish Linseed Oil. Biopolish Linseed Oil adalah poles kayu yang dapat digunakan sebagai bahan finishing atau perawatan furniture. Dengan linseed oil dan beberapa kandungan bahan alami didalamnya membuat kayu dapat terjaga dengan baik dan lebih tahan lama.

Pengamplasan

Pastikan media finishing seperti kayu sudah siap untuk diaplikasikan cat. Sebaiknya amplas terlebih dahulu permukaan kayu tersebut hingga benar-benar halus dan bersih dari berbagai noda.

BioDuco Wood Putty

Pengaplikasikan BioDuco Wood Putty sebenarnya fleksibel. Anda dapat menggunakan wood putty sesuai dengan diperlukan. Namun, apabila dirasa tidak membutuhkan wood putty seperti untuk menyamarkan cacat pada kayu atau menutup pori-pori maka Anda dapat melewati tahap pengaplikasian ini

BioDuco Chalk Paint

Larutkan terlebih dahulu BioDuco Chalk Paint dan air dengan takaran 2 chalk paint : 1 air lalu aduk hingga homogen. Tunggu hingga kering kurang lebih selama 1 jam dalam suhu ruangan tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari. Lalu amplas ambang menggunakan grit amplas no. 320 atau 400. Kemudian bersihkan sisa debu pengamplasan dari permukaan kayu tersebut

Biopolish Linseed Oil

Aplikasikan Biopolish Linseed Oil cukup dengan kain katun yang bersih ke seluruh permukaan kayu. Kemudian diamkan selama 5 hingga 10 menit. Gosok permukaan kayu yang sudah terlapisi Biopolish Linseed Oil tersebut menggunakan kain atau hand sander.

Cara Pemesanan

BioDuco dan Biopolish Linseed Oil merupakan produk finishing yang diproduksi oleh Bio Industries. Produk-produk finishing tersebut merupakan produk ramah lingkungan yang sudah diformulasikan khusus sesuai dengan standar regulasi keamanan internasional dari regulasi US EPA (Enviromental Protection Agency) dan ECHA-Reach.

Untuk mendapatkan berbagai tips finishing atau pembelian produk, Anda dapat menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini. Atau Anda juga melakukan pembelian melalui marketplace Bio Industries di Tokopedia: Biopaint

Atau Bukalapak: Cat Kayu Besi Waterbased

Atau Anda juga dapat melakukan pemesanan offline serta mengetahui berbagai tips finishing secara langsung dengan mengunjungi Bio Office dan Cabang di beberapa daerah yakni di Yogyakarta yakni di Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta. Jepara di Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah atau di Cirebon yakni Jl. Escot No. 42 Rt. 014/Rw. 04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat.

Bio Industries tidak hanya menyediakan berbagai kebutuhan produk finishing saja melainkan juga treatment kayu mulai dari obat anti jamur/anti serangga, bahan bleaching kayu dan lain sebagainya. Semua produk yang diproduksi oleh perusahaan dalam negeri ini merupakan produk-produk yang ramah lingkungan dan aman digunakan.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here