Beginilah Cara Mengecat Ulang Kusen Kayu Menjelang Lebaran Yang Mudah

120

Menjelang lebaran, pasti disibukkan dengan berbagai aktivitas agar lebaran menyenangkan dan penuh kebahagiaan. Salah satu aktivitas yag dilakukan adalah mengecat baik mengecat rumah, furniture atau yang lainnya. Nah, jika rumah Anda mulai terlihat tidak menarik, tidak salah lagi harus di cat kembali untuk mendapatkan nuansa baru. Terutama bagian kusen kayu yang notabene mudah rusak karena selalu terpapar sinar matahari ataupun air hujan/embun. Cat yang melapisi kusen pada umumnya mudah mengalami oksidasi dan jika dibiarkan terlalu lama maka akan mengalami retak-retak atau mengelupas.

Banyak orang enggan mengecat ulang kusen ketika menjelang lebaran karena dikhawatirkan cat tidak akan kering. Selain itu, bau cat yang masih baru akan sangat menyengat sehingga akan mengganggu orang yang sedang berkunjung. Namun, Anda tidak perlu khawatir apabila sudah tahu cat kayu yang aman dan tidak meninggalkan bau menyengat. Selama ini, perkembangan cat kayu saat ini selalu meningkat diantaranya mulai terdapat cat kayu yang tidak mengeluarkan bau cat yang menyengat dan terdapat pula cat kayu yang kandungan bahannya yang aman.

Cat kayu yang banyak dipasaran, memang menawarkan berbagai tampilan yang menarik dan ada beberapa diantaranya yang tidak mengeluarkan bau menyengat. Sayangnya, masih sedikit cat kayu yang mengandung bahan-bahan yang aman. Cat kayu yang aman adalah cat kayu yang rendah VOC sehingga tidak berdampak buruk pada lingkungan. VOC (Vehicle Oragnic Compounds) merupakan senyawa organik yang mudah menguap dan beracun. Jika kandungan VOC ini menyebar di udara dalam kapasitas yang banyak maka akan menimbulkan polusi udara. Bahkan sudah dapat dirasakan saat ini yakni menjadi salah satu penyebab dari melebarnya lapisan ozon.

CS Biovarnish

Maka dari itu, penting untuk beralih ke cat kayu yang aman tersebut untuk mengurangi dampak buruk akan senyawa kimia berbahaya yang tersebar di udara. Cat kayu yang aman tersebut merupakan cat kayu berbahan dasar air. Cat kayu ini cukup berbeda dengan cat kayu pada umumnya sebab cat water based cukup menggunakan pelarut air berbeda dengan cat pada umumnya yang menggunakan pelarut organik seperti thinner. Cara mengecat ulang kusen ulang menjelang lebaran agar tidak bau menyengat dan lebih cepat memang cocok menggunakan cat water based Biovarnish.

5 Cara Mengecat Ulang Kusen Kayu Menjelang Lebaran

Pasti khawatir kan, cat kayu justru tidak kering ketika lebaran tiba? Khawatir jika orang yang sedang berkunjung terkena cat basah dan pastinya membuat seseorang jadi tidak nyaman. Nah, Biovarnish menjadi solusi agar cara mengecat ulang kusen kayu menjelang lebaran agar lebih cepat kering.  Sebab, Biovarnish sangat mudah diaplikasikan dan keringnya pun cepat, hanya dalam satu hari pun kusen sudah kering dan bisa digunakan. Cat kayu ini juga aman digunakan dan tidak mengeluarkan bau menyengat sebab sangat membatasi kandungan bahan kimia berbahaya dan VOC. Hal tersebut disebabkan Biovarnish diformulasikan sesuai dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US EPA (Enviromental Protectiona Agency) dan ECHA (European Chemical Agency) Reach.

Berikut cara mengecat ulang kusen kayu menjelang lebaran menggunakan Biovarnish:

  1. Agar hasilnya optimal dan warnanya bisa sama rata, sebaiknya amplas terlebih dahulu permukaan kusen kayu tersebut. Pastikan permukaan kayu benar-benar bersih sehingga cat kayu pun bisa melekat dengan maksimal
  2. Setelah diamplas, aplikaskan Biovarnish Wood Filler untuk menyamarkan cacat kayu. Anda juga bisa mengaplikasikan ke seluruh permukaan kayu jika hasil warna ingin sama rata. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 20-30 menit. Dan jika sudah kering, amplas permukaan kayu tersebut hingga seratnya terlihat
  3. Sebagai pewarnaan, pilih warna sesuai dengan yang diinginkan pada Biovarnish Liquid Stain. Kuaskan atau semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Tunggu hingga kering kurang lebih 60 meniit, cukup didiamkan saja dalam suhu ruangan tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari. Setelah kering sentuh, amplas ambang permukaan kayu yang sudah di cat tersebut
  4. Agar cat kayu lebih kuat dan tampilan cat tajam, semprotkan Biovarnish Sanding Sealer. Tunggu hingga kering kurang lebih 60 menit. Lalu, amplas ambang apabila sudah kering
  5. Untuk hasil akhir terkesan matte atau gloss dan kusen kayu terlindungi dengan baik, aplikasikan Biovarnish Clear Coat matte atau gloss dan BioCide SPF. Caranya, campurkan Biovarnish Clear Coat, BioCide SPF dan air lalu aduk hingga homogen. Setelah tercampur, aplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Tunggu selama semalaman atau benar-benar kering, dan cukup didiamkan saja dalam suhu ruangan. Dan setelah kering, kusen pun sudah bisa digunakan tanpa khawatir jika cat basah. Karena Biovarnish tak akan basah dan baunya tidak menyengat.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here