Bagaimana Mencegah Agar Jamur Tidak Merusak Furniture Kayu

262
Bagaimana Mencegah Agar Jamur Tidak Merusak Furniture Kayu

Furniture berbahan kayu perlu perawatan rutin. Bagaimana mencegah agar jamur tidak merusak furniture kayu? Simak tips berikut ini.

Furniture yang tidak dirawat dengan baik dan benar akan mudah terserang oleh hama dan juga jamur. Hal ini tentu saja akan merusak tampilan dari furniture yang ada di rumah anda. Oleh karena itu, untuk melakukan perawatan pada furniture agar tidak mudah diserang oleh jamur dan hama, maka anda harus melakukan pembersihan pada furniture anda dengan rutin.

Bagaimana Mencegah Agar Jamur Tidak Merusak Furniture Kayu

CS Biovarnish

Namun, bagaimana jika jamur telah menyerang pada furniture? Sebelum jamur dan juga serangga pemakan kayu ini menyerang furniture, maka anda dapat melakukan pencegahan sebagai berikut.

Tips Mudah Bagaimana Mencegah Agar Jamur Tidak Merusak Furniture Kayu

  1. Suhu

Bagaimana Mencegah Agar Jamur Tidak Merusak Furniture Kayu

Salah satu unsur yang dapat mempengaruhi timbulnya jamur adalah suhu. Cuaca yang kurang baik dan suhu yang berubah-ubah memang akan menimbulkan banyak jamur yang berkembang di furniture anda. Oleh karena itu, anda harus tetap memperhatikan suhu ruangan anda. Buka semua jendela di pagi hari agar udara berganti. Suhu yang baik akan membuat ruangan menjadi tidak lembab, sehingga jamur tidak dapat berkembang. Jangan biarkan ruangan selalu tertutup karena sinar matahari tidak dapat menyinari seluruh ruangan anda.

  1. Atur kelembaban ruangan

Agar ruangan tetap dalam kondisi yang baik dan juga dengan sirkulasi udara yang baik, maka anda juga perlu untuk mengatur kelembabnan ruangan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membiarkan jendela atau pintu selalu terbuka pada ruangan yang kurang cahaya. Hal ini dapat membuat jamur tidak mudah berkembang. Udara yang lembab dan juga berair tidak hanya dapat membuat furniture anda menjadi menjamur, namun dinding anda juga akan lembab dan menjamur. Dinding yang menjamur akan membuat furniture anda semakin lembab.

  1. Memberikan jarak antara furniture dengan dinding

Memberikan jarak antara furniture dengan dinding akan membuat ruangan anda menjadi tida lembab. Apabila furniture anda letakkan dengan cara berdekatan dengan dinding, hal ini akan membuat furniture dan dinding anda menjadi semakin menjamur. Oleh karena itu, agar sirkulasi udara berjalan baik dan tidak mudah lembab, maka berikan jarak yang cukup diantara furniture dan juga dindingnya.

  1. Gunakan cat pelapis

Bagaimana Mencegah Agar Jamur Tidak Merusak Furniture KayuSelain cara yang diatas, anda juga melapisi furniture anda dengan bahan pelapis kayu seperti pernis atau woodstain. Gunakan kuas untuk mengoleskan bahan tersebut pada semua bagian funiture anda. Kemudian tunggu sampai mengering. Hal tersebut dapat mencegah furniture anda dari serangan jamur dan juga hama pemakan kayu.

  1. Jemur furniture secara teratur

Untuk menghindari jamur dan juga tingkat kelembaban yang tinggi pada furniture anda yang diletakkan di dalam ruangan, anda dapat menjemur secara berkala semua furniture anda seperti kursi, sofa, meja ruang tamu, meja makan dan yang laiinya. Panas alami dari sinar matahari ini dapat membuat tampilan furniture anda semakin cantik tanpa khawatir jamur akan datang kembali. Penjemuran ini dapat anda lakukan paling tidak satu bulan sekali.

  1. Bersihkan perabotan secara teratur

Agar perabotan atau furniture anda lebih awet dan tetap terjaga kebersihannya, maka anda dapat melakukan pembersihan secara berkala pada semua perabotan anda. Pastikan tidak anda furniture yang kusam ataupun berjamur. Lakukan proses dengan benar dan juga tepat. Pastikan anda menggunakan masker ketika anda mengoleskan atau menyemprotkan furniture anda dengan cairan yang bersih.

Itulah enam cara mudah untuk menghindarkan furniture dari serangan jamur. Mencegah agar jamur tidak merusak furniture kayu sangat penting, karena begitu terserang jamur maka akan memicu kerusakan lainnya. Selamat mencoba.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here