Pabrik Finishing Food Grade Aman dan Berkualitas Bagus di Indonesia

896

Finishing food grade akan membantu furniture tetap aman digunakan dan bahan-bahan makanan higienis karena tidak terkontaminasi bahan kimia berbahaya.

Bagi seorang penghuni rumah, dapur merupakan tempat bereksperimen bagi seorang perempuan. Sayangnya, tempat inilah yang justru memiliki tingkat kelembaban yang cukup tinggi. Dengan aktivitas yang beragam pada ruangan dapur tersebut tidak menutup kemungkinan bahan makanan atau cairan tertentu tertumpak pada furniture. Dan kadangkala minyak menjadi salah satu faktor membuat ruangan terasa lembab sehingga sebaiknya untuk membuat ruangan dapur mendapatkan cahaya sinar matahari yang cukup agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik.

Dan dalam bidang mebeling, tidak jarang ditemui furniture yang khusus berkenaan dengan makanan seperti lemari makan, meja makan, atau perabotan kayu lainnya. Furniture yang berkenaan langsung dengan makanan, tentu perlu memilih finishing yang aman (food grade). Hal ini bertujuan agar pengguna tidak keracunan dengan bahan kimia yang biasanya terdapat pada cat. Ya, finishing pada furniture kadangkala menggunakan cat kayu yang justru mengandung bahan kimia yang berbahaya jika bersinggungan dengan makanan. Agar tetap higienis, Anda dapat menggunakan cat kayu yang food grade.

CS Biovarnish

Perlu diketahui, cat kayu yang banyak digunakan untuk furniture dapur justru tidak aman digunakan. Cat tersebut mengandung bahan-bahan kimia yang bahkan ketika terhirup dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan penyakit kronis seperti kanker. Maka dari itu, sirkulasi udara sangat penting untuk mengurangi gas yang ditimbulkan oleh cat. Ternyata tidak pada gas saja, disarankan pula jangan memakan langsung pada peralatan atau furniture yang menggunakan cat tinggi VOC.

Cara Merawat Kayu dengan biopolish beeswaxVOC menurut EPA adalah senyawa organik beracun yang mudah menguap. Dalam kurun waktu pendek dapat menyebabkan masalah pernafasan seperti sesak nafas, lalu juga dapat menyebabka pusing kepala, iritasi ataupun alergi, Sedangkan dalam kurun waktu yang lama, cat tersebut dapat berakibat fatal seperti kanker. Masalah tersebut saat ini mulai di soroti oleh pemerintah di seluruh dunia. Bahkan tidak berdampak pada kesehatan saja melainka juga lingkungan. Dengan kandungan VOC yang tinggi juga menjadi salah satu penyebab naiknya suhu panas pada permukaan bumi bahkan juga berakibat pada efek rumah kaca.

Melihat latar belakang masalah pada cat kayu yang selama ini banyak digunakan, terciptalah teknologi dalam bidang finishing terbaru. Beberapa tahun terakhir turut dikembangkan pula cat yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarkat dalam bidang finishing yakni cat water based. Cat tersebut menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan dan tidak berdampak buruk pada kesehatan ataupun lingkungan.

Maka dari itu, pentingnya mengetahui pabrik finishing food grade yang tepat untuk kebutuhan finishing furniture Anda.

Pabrik Finsihing Food Grade Berkualitas Bagus

Finishing yang biasanya digunakan untuk melapisi media agar lebih aman ketika tersentuh makanan adalah topcoat serta dengan perawatan beeswax agar tampilan media terjaga dengan baik. topcoat yang digunakan pun tidak boleh sembarangan karena masih banyak topcoat yang mengandung senyawa kimia berbahaya sehingga tidak aman jika digunakan untuk finishing furniture yang bersinggungan langsung dengan makanan. Topcoat yang aman adalah topcoat yang menggunakan bahan dasar air. Cat kayu berbahan dasar air diklaim lebih aman dan ramah lingkungan dibandingkan cat solvent based. Sebab, cat berbahan dasar air tersebut diformulasikan khusus sebagai cat solvent based yang notabene mengandung VOC yang tinggi.

Dengan mengaplikasikan topcoat pada permukaan furniture atau perabotan dapur maka dapat melindungi secara maksimal. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa untuk mendapatkan perlindungan optimal maka Anda dapat melanjutkan dengan mengaplikasikan Biopolish Beeswax. Sebelum membahas tentang Biopolish Beeswax, berikut tahap finishing mengaplikasikan topcoat pada perabotan dapur yang food grade:

  • pastikan permukaan perabotan kayu yang Anda miliki tersebut sudah halus dan rata. Jika masih kasar dan terdapat beberapa noda maka segera amplas permukaan kayu tersebut
  • untuk melindungi secara optimal maka aplikasikan terlebih dahulu sanding sealer. Tentu saja sanding sealer yang digunakan adalah sanding sealer yang terbuat dari air. Anda dapat menggunakan produk sanding sealer Biovarnish karena lebih ramah lingkungan. Caranya pun mudah yakni larutkan terlebih dengan air lalu aduk hingga homogen. Setelah itu aplikasikan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Setelah diaplikasikan, diamkan dalam suhu ruangan selama 60 menit. Jika sudah kering sentuh, amplas ambang permukaan kayu tersebut.
  • terakhir, barulah anda mengaplikasikan topcoat dengan tampilan matte yakni Biovarnish Clear Caoat. Setelah dilarutkan dengan air, aplikasikan ke seluruh permukaan kayu hingga optimal. Lalu diamkan selama semalaman.
  • kemudian dilanjutkan dengan perawatan menggunakan Biopolish Beeswax untuk mencegah furniture atau perabotan dapur terserang organismer perusak yang membuat bahan makanan sekitarnya tidak higienis

Kedua produk tersebut merupakan produk Bio Industries yang menggunakan bahan sesuai dengan standarisasi keamanan internasional dari US Enviromental Protection Agency (EPA) dan Uni Eropa ECHA Reach Regulation Compliance. Selain cocok untuk perabotan dapur, Biovarnish juga menjadi pilihan tepat untuk finishing furniture bayi ataupun mainan anak-anak.

Biopolish Beeswax sendiri sangat aman digunakan untuk perawatan  kayu furniture Anda karena menggunakan bahan alami dari lilin lebah. Sedangkan Topcoat water based atau pun sejenisnya merupakan cat yang menggunakan bahan yang sesuai dengan standarisasi keamanan internasional. selain itu juga tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, topcoat water based dan food grade yang bisa Anda gunakan adalah Biovarnish Clear Coat. Pengaplikasiannya pun mudah, apabila Anda menginginkan warna kayu tetap, Anda dapat mengaplikasikan topcoat ini sebelum diaplikasikan beeswax.

Setelah tahap finishing dengan mengaplikasikan cat water based Biovarnish pada furniture atau perabotan dapur maka Anda aplikasikan Biopolish Beewax dengan cara dioleskan menggunakan kain bersih. Namun, apabila menginginkan tampilan kayu semakin tajam maka Anda dapat mengaplikasikan Biopolish. Pada awal kali pengaplikasian, warna kayu akan terlihat lebih tajam kemudian semakin tua. Proses ini umum sekali terjadi karena Beeswax meresap ke dalam serat kayu. Sehingga Biopolish ini tidak hanya sekedar melindungi bagian luar kayu saja melainkan hingga ke dalam kayu dengan optimal.

Selain Biovarnish dan Biopolish, Bio Industries tersedia beberapa produk yang ramah lingkungan lainnya khusus untuk perkayuan. Diantaranya adalah BioColours, BioDuco, Orchid Enamel, White Agent WA-250 dan BioCide.

  • BioDuco merupakan cat kayu khusus untuk finishing warna solid. Terdiri dari beberapa produk finishing yang akan mempermudah proses finishing sesuai dengan kebutuhan tampilan pada furniture atau berbagai media finishing lainnya.
  • Orchid Enamel merupakan cat kayu besi khusus untuk finishing warna solid.  Cat ini cocok digunakan untuk finishing pada kusen, pintu, pagar dll karena tahan terhadap cuaca
  • BioColours Biothane merupakan topcoat untuk media finishing heavy duty seperti decking atau furniture outdoor yang berada pada cuaca ekstrem seperti daerah pesisir
  • White Agent WA-250 merupakan bahan bleaching yang ramah lingkungan dan menghasilkan warna putih cerah alami. Bahkan bleaching ini aman bagi kulit normal dan tidak membuat logam disekitarnya teroksidasi
  • BioCide merupakan produk treatment kayu untuk mencegah atau melindungi kayu dari serangan jamur atau serangga. Bahan treatment ini terdiri dari beberapa produk seperti BioCide SPF yang diperuntukkan mencegah serangan jamur permukaan pada kayu. BioCide Wood Fungicide yang digunakan untuk mencegah serangan jamur yang menyerang pada serat kayu. Dan BioCide Insectiside yang digunakan sebagai mencegah kayu terserang serangga.

Pabrik finishing food grade produk di atas tersedia di Yogyakarta. Harga akan jauh lebih murah apabila Anda membeli dalam partai besar. Anda dapat mengajukan penawaran harga melalui customer service kami via telp pada kontak hotline yang tercantum pada website. Atau Anda dapat melakukan pemesanan melalui marketplace yakni https://www.tokopedia.com/bioindustries atau https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries. Anda juga pdata mengunjungi Bio Office yang terletak di Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta.

Disarankan menggunakan bahan finishing yang jauh lebih aman dan ramah lingkungan, yaitu cat water based. Berbeda dengan halnya cat solvent based yang cenderung memiliki kandungan kimia berbahaya serta VOC yang tinggi, dua faktor tersebut dapat menyebabkan kanker serta pemanasan global pada bumi. Maka dari itu, disarankan untuk tidak menggunakan atau membatasi penggunaan cat jenis solvent based untuk kebutuhan finishing furniture dan lain sebagainya.

Demikian ulasan singkat mengenai pabrik finishing food grade, semoga dapat memberikan pengetahuan tentang pentingnya penggunaan cat water based. Semoga dengan artikel ini akan menambah pengetahuan mengenai pentingnya penggunaan produk-produk yang aman dan ramah lingkungan sehingga dapat meminimalisir pencemaran terhadap lingkungan.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here