Desain Meja Makan Klasik

412

Setiap pemilik rumah memiliki selera dan pilihan sendiri saat menentukan konsep dan desain interior rumah. Dewasa ini, kebanyakan orang lebih memilih tampilan interior rumah dengan gaya modern karena dianggap lebih rapi dan sederhana. Tapi beberapa orang tetap berpegang pada gaya klasik, termasuk untuk area ruang makan. Ini bisa dilihat dari dipertahankannya desain meja makan klasik yang memanfaatkan lebih banyak hiasan dan corak.

Desain hunian klasik tampak jelas dari penggunaan ornamen dan berbagai elemen di jaman kerajaan tempo dulu, seperti misalnya kerajaan Yunani dan Romawi di barat, kerajaan China dan Jepang di timur. Di Indonesia sendiri, desain klasik banyak dipengaruhi oleh adat dan budaya suku-suku di Indonesia yang ada sejak jaman dahulu dan tetap dipertahankan hingga sekarang.

Ciri Khas Desain Interior Klasik

Desain interior klasik didasarkan pada keteraturan, keseimbangan, dan harmoni yang sempurna. Tidak seperti gaya modern, desain klasik menggunakan elemen tradisional dan titik fokus. Contohnya, perabot dekoratif, permadani, karpet, tempat lilin, lampu gantung, lampu dinding, dan lain-lainnya.

CS Biovarnish

Hunian klasik biasanya memiliki banyak ruangan, dimana berbagai jenis ruangan dibuat dalam ukuran besar. Berbagai jenis ruangan tersebut seringkali memiliki konsep yang berbeda-beda. Namun ciri khas klasik bisa ditemukan pada penggunaan jenis furniture yang digunakan di ruang tersebut. Furniture klasik biasanya dihiasi dengan ukiran, pahatan, maupun penyepuhan untuk membuat kesan yang mewan. Penggunaan hiasan renda, brokat maupun beludru juga menjadi ciri khas tersendiri.

Selain dari desain furniture yang digunakan, kesan klasik seringkali juga ditemukan pada desain pintu dan hiasan dinding serta perabotan ruangan tersebut. Warna yang digunakan untuk dinding maupun furniture dan perabotannya biasanya bernuansakan keemasan, krem, maupun biru langit.

Desain Ruang Makan Klasik

Ruang makan saat ini mengalami peralihan fungsi. Jika dulu ruang makan benar-benar berfungsi untuk ruang makan, saat ini ruang akan terkadang juga difungsikan sebagai tempat kumpul keluarga untuk berbincang, baik dari bahasan ringan sampai bahasan berat sekalipun. Bahkan tak jarang pertemuan dan perjamuan dengan tamu istimewa pun berlangsung di ruang makan. Oleh karena itu, penataan ruang makan menjadi penting untuk diperhatikan.

Seperti apakah desain ruang makan klasik? Titik fokus pada ruang makan bernuansa klasik antara lain terletak pada desain meja makan klasik yang digunakan dan pemberian lampu gantung di tengah ruangan. Warna yang digunakan seringkali warna biru tua, coklat, kuning, hijau dan berwarna natural seperti terakota.

Desain furniture ruang makan klasik, termasuk desain meja makannya biasanya tidak lepas dari desain furniture klasik. Bentuk yang besar, pemakaian ukiran yang rumit, bahan finishing yang digunakan semuanya mengerucut pada kesan mewahdan elegan. Selain itu, meja makan klasik termasuk kursinya biasanya terbuat dari bahan kayu solid. Tak heran jika harga furniture klasik biasanya sangat mahal.

Untuk menambah kesan klasik, item dekoratif seperti lukisan atau pernik-pernik bernuansa klasik seringkali disematkan di ruang makan. Hiasan dinding kuno, ornamen khas romawi, vas bunga besar semakin menambah kesan mewah pada ruangan.

Penggunaan alat-alat makan seperti piring, sendok, garpu, gelas, tatakan gelas, cangkir, tutup gelas, toples dan berbagai peralatan makan lain yang menggunakan bahan keramik dan kaca dengan motif klasik akan semakin menyempurnakan ruang makan. Sentuhan akhir pada pilihan bunga dan permadani yang digunakan. Permadani ala turki bisa menjadi pilihan tepat untuk menghasilkan kesan klasik elegan.

 

 

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here