Kayu Kamper Bagusnya Diolah Apa?

406
Kayu Kamper Bagusnya Diolah Apa?

Sebagai orang Indonesia pasti sudah dekat dengan berbagai hasil alam salah satunya adalah kayu. Di Indonesia jumlah hutan tropis yang menghasilkan berbagai jenis kayu cukup banyak. Belum lagi jenis hutan yang memang digunakan untuk memproduksi berbagai macam jenis kayu. Nah salah satu kayu yang paling banyak digunakan dan diminati adalah kayu kamper.

Kayu kamper adalah salah satu jenis kayu yang memiliki kelas kuat I-II dan kelas awet II-III. Jika diolah dan digunakan dalam sebuah rumah, kayu ini akan memiliki banyak fungsi dan memiliki banyak keunggulan. Bagi Anda yang ingin menggunakan kayu kamper maka berikut ini beberapa kelebihannya.

  1. Penampilannya kemerahan sehingga kayu kamper memiliki penampilan yang bagus. Ditambah dengan serat yang lurus berbeda dengan kayu lainnya seperti kayu jati. Ada banyak jenis finishing yang dapat dipilih untuk mendapatkan hasil finishing ini.
  2. Kekuatan dan kelas awetnya yang tinggi membuat kayu ini tidak terbatas penggunaannya baik itu untuk indoor atau outdoor. Apabila kayu kamper digunakan di luar ruangan maka bisa digunakan dan tahan laama terhadap jamur atau rayap.
  3. Mudah dibentuk, walaupun keras kayu kamper mudah dibentuk inilah yang membuat banyak pengrajin beralih pada kayu kamper karena pengerjaannya yang mudah membuat penyeleasaiakn proyek berlangsung cepat.
  4. Harganya cukup murah apabila dibandingkan dengan kayu kuat lainnya seperti jati. Harga yang murah ini dikarenakan kayu kamper adalah salah satu jenis kayu yang paling banyak ditemukan di dapatkan di Indonesia.
CS Biovarnish

Berbagai keunggulan dari kayu kamper tersebut membuat banyak orang beralih menggunakannya. Bagi Anda yang sudah mendapatkan kayu kamper namun bingung ingin mengolahnya menjadi apa, berikut ini beberapa jenis bentuk olahan yang terbuat dari material kayu kamper.

  • Daun pintu

Kayu Kamper Bagusnya Diolah Apa?Pintu adalah bagian rumah yang sangat penting. Tanpa pintu maka rumah berserta isinya tidak aman. Pintu harus terbuat dari bahan yang keras dan kuat sehingga tidak akan mudah rusak atau dirusak. Kayu kamper memenuhi kriteria kebutuhan pintu rumah. Jika menggunakan kayu kamper maka ada banyak kelebihan dan keuntungan yang akan didapatkan. Selain itu memberikannya berbagai macam warna adalah kelebihan yang menarik.

  • Kusen

Baik itu kusen jendela dan kusen pintu sama seperti daun pintu membutuhkan material yang sangat kuat. Kusen adalah bagian rumah yang paling cepat dan mudah untuk dirusak oleh rayap. Karena kayu akan menempel pada dinding dan pemasangannya menggunakan semen dan pasir yang dicampur air. Kusen akan mudah berjamur dan akan mengundang banyak rayap. Namun jika Anda menggunakan kusen yang terbuat dari kayu kamper maka semua masalah kusen akan teratasi dengan baik.

  • Kosntruksi rumah

Pernahkah Anda menebak jenis kayu apa yang selama ini digunakan oleh tukang bangunan untuk membangun konstruksi rumah khususnya pada bagian atap? Kayu kamper adalah salah satu jenis kayu untuk bangunan rumah yang banyak digunakan. Kayu kamper sangat kuat untuk menopang beban berat dari atap. Usuk dan reng akan disusun rapi ketika menggunakan kayu kamper selain itu kayu akan bertahan lama.

  • Furniture

Walaupun kebanyakan kayu kamper diolah menjadi bahan bangunan tidak sedikit juga kayu kamper digunakan sebagai bahan furniture. Namun karena kerasnya kayu kamper tidak ada furniture kamper yang diukir, sifat kerasnya akan membuat pengrajin berusaha terlalu keras dan merusak kayu kamper. Maka banyak furniture seperti kursi minimalis dengan tidak banyak ornamen yang menggunakan kayu kamper.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here