Kayu Buatan Memiliki Tampilan Menarik Dengan Cat Kayu Mengkilap

1026

Finishing cat kayu mengkilap akan membuat jenis kayu buatan seperti buatan tampil lebih mewah dan juga bernilai tinggi.

Kayu adalah produk yang semakin hari semakin langka. Dari kelangkaan kayu ini manusia mengkreasikan kayu buatan. Yang dimaksud kayu buatan bukanlah kayu dari plastik atau sejenisnya tetapi mengolah kayu gergajian menjadi kayu dengan jumlah banyak dan kualitas cukup baik.

Selama ini ada dua jenis kayu yaitu kayu solid dan juga kayu buatan. Dari dua jenis kayu ini kayu solid adalah kayu yang paling boros karena menggunakan kayu gergajian untuk dijadikan furniture. Dalam pengolahannya biasanya memiliki hasil limbah yang banyak.

CS Biovarnish

Sedangkan kayu buatan memanfaatkan kayu agar diolah menjadi material yang cukup banyak bahkan tidak jarang yang memanfaatkan limbah kayu gergajian. Kayu buatan yang telah diciptakan biasanya adalah HDF, MDF, Particle Board atau plywood.

Walaupun telah dibuat dengan mesin, kayu buatan masih belum dapat menyaingi keunggulan dari kayu solid. Yaitu tidak dapat digunakan sebagai furniture outdoor karena tidak tahan terhadap air dan juga panas matahari.

Pengaruh dari bahan perekat dan pengolahan kayu dari bentuk tipis atau serbuk dengan bahan perekat yang mempengaruhi kayu buatan tidak tahan terhadap air. Meskipun begitu, tampilan kayu buatan tidak kalah baik dengan kayu solid. Malah terkadang serat kayu buatan lebih baik dibandingkan dengan kayu solid.

Kayu buatan tersebut dapat diaplikasikan dengan jenis cat kayu apapun karena karakter permukaannya yang hampir sama dengan kayu solid pada umumnya. Namun, cat yang masim umum digunakan pada kayu solid ataupun kayu buatan adalah warna natural transparan.

Untuk memperlihatkan serat kayu dibutuhkan cat kayu mengkilap dalam tahapan finishing. Selain tampak mengkilap, dengan cat tersebut akan memperlihatkan serat kayu semakin tajam dan terkesan natural.

Jenis Kayu Buatan Yang Sering Digunakan

Dari berbagai jenis kayu buatan yang telah disebutkan di atas, plywood adalah yang paling sering digunakan. Plywood memiliki banyak fungsi yaitu untuk pembuatan furniture indoor, untuk sekat antar dua ruangan, sebagai langit-langit rumah, sebagai interior kendaraan dan home decor.

Pemanfaatan plywood dikarenakan kualitasnya yang bagus dan juga mudah diolah. Plywood memiliki dimensi yang stabil, memiliki ketebalan yang lebih jika dibandingkan dengan papan kayu biasa, bahan perekat yang digunakan untuk merekatkan berfungsi juga sebagai penahan air, bahkan plywood tahan terhadap pukulan dan benturan.

Pembuatan dari plywood cukup mudah karena hanya memanfaatkan veneer yang disusun dengan serat berlawanan agar dapat melekat dengan baik. Antar veneer direkatkan menggunakan bahan perekat kemudian direkatkan menggunakan mesin dengan tekanan tinggi dan dipanasi.

Ada dua jenis plywood yaitu dengan tiga lapisan veneer yaitu disebut dengan triplek sedangkan yang dilapisi lebih dari tiga lapisan disebut dengan multiplek. Keduanya memiliki kekuatan yang hampir sama.

Finishing plywood cukup mudah yaitu dengan cat kayu water based atau cat solvent. Untuk memberikan tampilan mewah plywood bisa memilih cat kayu mengkilap dengan tingkat glossy yang Anda sukai. Serat dari plywood sendiri terkadang lebih baik dibandingkan dengan kayu solid.

Untuk menciptaan tampilan natural kayu pada plywood, Anda dapat menggunakan pelitur. Cat tersebut memiliki transparansi warna yang tajam dengan aplikasi yang mudah.

Di pasar mebelling, pelitur kini dibagi menjadi dua macam jenis yakni pelitur dengan bahan solvent dan pelitur dengan bahan water based. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing.

Penggunaan cat tersebut tergantung pada selera Anda karena tidak semua orang nyaman dengan satu cat saja. Namun, jika Anda ingin menggunakan cat kayu yang lebih ramah lingkungan maka disarankan untuk memakai cat water based.

Kenapa cat water based lebih ramah lingkungan? Sebab, cat tersebut menggunakan bahan dasar air meskipun sebagian masih mengandung resin. Hal ini tidak menjadi persoalan karena kandungan resin pada cat tersebut sangat rendah sehingga tidak membahayakan.

Di Indonesia, cat water based mulai merambah pasar mebeling dan mudah untuk dijumpai. Salah satu cat water based yang direkomendasikan untuk finishing natural kayu pada plywood adalah Biovarnish.

Peranan Cat Kayu Mengkilap Water Based Untuk Finishing Plywood

Pilihan cat kayu water based dan cat kayu solvent selalu membuat bingung. Sebaiknya Anda memilih cat water based yang tidak memiliki kandungan formalin tinggi sehingga tidak memiliki mengeluarkan bau menyengat.

Pembuatan plywood, menggunakan lem yang biasanya mengandung formalin tinggi sehingga jika Anda menggunakan cat kayu solvent yang notabene juga memiliki kandungan formalin juga akan berbahaya bukan?

Prioritaskan kesehatan Anda sebelum memilih cat yang tepat untuk finishing plywood. Biovarnish sangat direkomendasikan untuk finishing pada media plywood karena memiliki daya rekat film yang kuat dan transparansi warna yang tajam.

Biovarnish menghasilkan tampilan tajam yang memiliki tingkat gloss mencapai 80%. Meskipun masih rendah dengan cat solvent namun angka tersebut sudah tergolong bagus untuk tampilan mengkilap.

Jika menginginkan hasil yang lebih mengkilap maka Anda dapat mengaplikasikan cat tersebut beberapa layer hingga mendapatkan tampilan cat yang diinginkan. Jadi cat water based akan memberikan plywood tampilan mengkilap yang menarik.

Untuk penggunaan Biovarnish tidak perlu khawatir karena cat ini juga memiliki beberapa varian cat yang dapat memenuhi proses finishing Anda. Pelaku finishing akan cukup bingung ketika memilih cat water based karena cat ini masih tergolong baru dan sedikit.

Dengan Biovarnish masalah tersebut dapat teratasi dengan baik. Bahkan cat ini juga memiliki cat glaze yang umum digunakan untuk menciptakan tampilan wash finish atau klasik.

Sedangkan untuk tampilan natural kayu menggunakan pelitur Biovarnish, Anda dapat memakai produk-produk berikut:

  • Biovarnish Wood Filler
  • Biovarnish Liquid Stain/Biovarnish Wood Stain
  • Biovarnish Sanding Sealer
  • Biovarnish Clear Coat

Keempat produk Biovarnish diatas memberikan hasil yang menarik, daya rekat yang kuat dan tampilannya yang tajam karena memang Biovarnish diformulasikan demikian.

Adapaun prosedur finishing sebagai berikut:

  1. Untuk memperhalus permukaan plywood, Anda dapat mengaplikasikan Biovarnish Wood Filler yang sudah dilarutkan dengan air. Anda dapat mengaplikasikan dengan pisau palet atau kuas. Jika sudah diaplikasikan, diamkan selama 20-30 menit. Jika sudah kering, ampelas dengan kertas ampelas no. 320 hingga serat terlihat.
  2. Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain yang sudah diencerkan agar tidak terlalu kental dan gelap apabila menginginkan tampilan yang sedikit terang. Anda dapat menggunakan cara kuas atau semprot ketika mengaplikasikan cat. Setelah diaplikasikan ke seluruh permukaan kayu, diamkan selama 60 menit. Dan apabila sudah kering sentuh, ampelas ambang dengan kertas ampelas no. 400.
  3. Untuk memperkuat coating sebelumnya serta memperhalus tekstur, aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer yang sudah diencerkan dengan cara semprot. Diamkan selama 60 menit lalu ampelas ambang dengan kertas ampelas no. 400 apabila sudah kering sentuh.
  4. Tahap akhir, aplikasikan Biovarnish Clear Coat Gloss yang sudah diencerkan ke seluruh permukaan kayu. Kemudian diamkan selama semalaman atau hingga cat tersebut benar-benar kering dan siap packing.

Cara Pemesanan

Silahkan langsung menghubungi Customer Service Bio Industries pada kontak hotline yang sudah tercantum pada website.

Atau dapat langsung memesan via marketplace kami yakni

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Shopee: https://shopee.co.id/Biovarnish.Official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here