Memilih Kuas Terbaik untuk Finishing Kayu

270
Memilih Kuas Terbaik untuk Finishing Kayu

Salah satu faktor penting yang akan mempengaruhi dari hasil baik dan buruku pengecatan atau finishing kayu adalah penggunaan dari kuas atau roller yang Anda pilih. Salah memilih alat akan menggagalkan semangat Anda sehingga Anda akan merasa telah membuang waktu untuk hasil yang buruk.

Dalam artikel ini Anda akan mempelajari bagaimana cara memilih kuas terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mengecat segala macam furnitur kayu di rumah sendiri atau untuk pekerjaan Anda. Jika Anda sudah berfikir jenis kuas apakah yang tepat untuk proyek Anda maka Anda bisa memulai untuk memilihnya.

Dimulai dari ukuran yaitu panjang dan lebar kuas, kemudian Anda akan memilih jenis bulu kuas yang akan digunakan apakah menggunakan nylon atau bulu babi, terakhir adalah berapa jumlah uang yang akan Anda keluarkan untuk membeli sebuah kuas.

CS Biovarnish

Bagaimana Memilih Ukuran Kuas yang Tepat?

Memilih Kuas Terbaik untuk Finishing KayuMemilih sebuah ukuran kuas yang tepat tergantung dari dua faktor yaitu ukuran permukaan yang akan Anda finishing dan bagaimana detail yang dimilikinya. Jika Anda akan mengecat sebuah furnitur dengan ukuran sangat luas, tidak terlalu banyak bentuk seperti pinut atau kabinet maka Anda akan memilih kuas yang lebih lebar.

Namun jika Anda akan mengecat permukaan kayu yang memiliki banyak detil seperti jendela dan juga kusen maka Anda akan memilih jenis ukuran kuas yang lebih kecil daripada ukuran lebar dari kusen jendela atau bidang yang akan Anda finishing.

Apa Jenis Bulu Kuas yang Harus Digunakan?

Anda harus memilih jenis bulu kuas tergantung dengan jenis cat yang Anda gunakan. Ada dua jenis bulu kuas yang bisa Anda pilih yaitu bulu kuas alami biasanya terbuat dari bulu babi dan kedua adalah bulu sintetis atau nylon.

Keduanya memiliki harga yang sama, dan tersedia dalam berbagai macam ukuran. Hanya saja Anda harus memahami bagaimana keduanya mampu menyerap cat kemudian mampu untuk mudah dibersihkan dengan memberikan hasil pengecatan sempurna.

Ada satu lagi jenis kuas yang bisa Anda gunakan yaitu kuas terbuat dari busa, jenis kuas ini sangat mudah dibersihkan dan salah satu jenis terbaru, mudah juga untuk Anda dapatkan di Indonesia.

Jika Anda menggunakan jenis cat solvent sebaiknya Anda menggunakan kuas yang terbuat dari bulu natural. Adanya kandungan solvent akan sangat baik diserap oleh kuas berbulu alami, namun bulu sintetis akan mudah meleleh dan rusak akibat panas dari solvent.

Sedangkan jika Anda menggunakan jenis kuas nylon maka Anda bisa menggunakan cat water based. Bulu kuas nylon adalah jenis bulu kuas yang tidak mudah menyerap air dan tidak akan membuat kuas menjadi kaku dan kasar ketika digunakan.

Jika Anda menggunakan kuas bulu natural dengan cat water based maka bulu kuas akan sangat mudah untuk menyerap air yang membuat kuas berubah menjadi keras dan akan menghasilkan permukaan kayu yang kasar.

Berapa Uang yang Harus Dikeluarkan Untuk Kuas?

Harga adalah salah satu bagian yang sangat penting. Kualitas dari kuas yang bagus akan memberikan harga yang sangat mahal. Namun jika Anda memiliki kuas yang profesional maka Anda akan menyelesaikan pekerjaan dengan sangat mudah sehingga menghasilkan tampilan yang baik walaupun Anda bukanlah seorang profesional.

Namun di sisi lain menggunakan kuas dengan harga yang murah juga dapat menghasilkan finishing yang juga baik. Jadi Anda jangan pernah malu untuk membeli kuas dengan harga yang murah.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here