Supplier Cat Kayu Jati Biovarnish Untuk Furniture Kayu Ekspor

697

Kayu jati cocok untuk furniture dan membutuhkan cat yang memperindah serta melindungi kayu. Salah satu supplier cat kayu jati Biovarnish bisa ditemui di Indonesia.

Hingga saat ini, material furniture yang paling banyak dan sering digunakan adalah yang terbuat dari serat alam. Salah satu serat alam yang paling favorit untuk furniture adalah kayu.

Kayu memiliki karakter yang kuat, tahan lama dan kokoh sehingga wajar saja jika banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan termasuk furniture. Namun, penggunaan kayu tidak bisa sembarangan karena kayu sendiri juga terdiri dari berbagai macam jenis.

CS Biovarnish

Kayu sendiri dibedakan menjadi dua macam yakni kayu lunak dan kayu keras. Kayu lunak pada umumnya mudah lapuk namun mudah untuk dibentuk. Sedangkan untuk kayu keras pada umumnya kokoh dan kadangkala memerlukan proses untuk pemotongan.

Baik kayu lunak ataupun kayu keras, terdapat beberapa kayu yang dapat digunakan untuk furniture karena memiliki ketahanan dan keawetan yang baik. Bahkan diantaranya menjadi kayu favorit untuk furniture.

Kayu yang hingga saat ini memiliki minat di hati masyarakat adalah kayu jati. Sebab, kayu jati memiliki keunggulan di ketahanan, keawetan serta tampilan yang dimilikinya. Wajar saja jika kayu ini memiliki nilai komersiil yang tinggi di pasaran.

Kayu jati yang paling terkenal untuk furniture adalah kayu jati selandia baru. Meskipun demikian, kayu jati Indonesia juga tidak kalah berkualitas bahkan dibudidayakan oleh lembaga pemerintah karena nilai komersiilnya yang tinggi dan mencegah adanya kepunahan dari jenis kayu.

Pasalnya, kayu jati lebih cepat ditebang sebelum mencapai pada usia kematangan untuk digunakan sebagai furniture. Untuk kualitas kayu jati yang paling baik untuk furniture adalah diatas 50 tahun.

Karena minat kayu jati yang amat tinggi baik untuk kebutuhan furniture, perabotan, kerajinan, hiasan dinding ataupun konstruksi bangunan membuat kayu jati banyak ditebang pada usia 15-25 tahun.

Material kayu jati tidak hanya terkenal di dalam negeri Indonesia saja. Furniture dengan bahan kayu jati sudah merambah ke luar negeri seperti benua Eropa dan benua Amerika.

Keunggulan kayu jati sendiri adalah jenis kayu berkualitas nomor satu karena kuat dengan perubahan cuaca apapun. Tidak heran kayu jati bisa memasuki pasar ekspor karena di luar negeri kayu banyak diminati dan dibutuhkan.

Keunggulan lain kayu jati selain tahan cuaca juga tahan serangan hama apapun sehingga rayap tidak bisa menembus dan merusak serat kayu. Maka dari itu, kayu jati juga sering dimanfaatkan untuk furniture eksterior karena ketahanannya yang baik.

Karena tidak terpengaruh dengan cuaca, kayu jati juga tidak mudah mengalami penyusutan ataupun pemuaian pada saat perubahan cuaca. Hal ini memudahkan cat kayu melekat dengan baik pada furniture kayu jati.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki kayu jati, hal tersebut juga dipengaruhi oleh cat sebagai lapisan pelindung agar tahan lama serta memperindah serta kayu. Cat yang bagus bisa ditemui di supplier cat kayu jati Biovarnish.

Supplier Cat Kayu Jati Biovarnish Untuk Segala Macam Furniture

Keindahan furniture kayu jati dapat dinikmati karena penambahan cat pada lapisan luarnya. Menambahkan cat yang baik adalah cat yang bisa memberikan warna transparan agar menonjolkan secara khusus serat kayu jati yang unik.

Meskipun kayu jati memiliki karakter yang indah dan berkelas namun tetap membutuhkan lapisan cat untuk mempertahan tampilannya. Pemilihan cat yang cocok pun juga memerlukan kecermatan. Anda bisa memilih cat yang khusus untuk kayu jati seperti Biovarnish.

Alasan kenapa harus menggunakan Biovarnish? Karena cat khusus kayu jati ini memang dirproduksi karena mengingat kayu jati memiliki MC rata-rata 12% dengan densitas kayu 700-930 kg/m3.

Tolak ukur tersebut membuktikan bahwa kayu jati cenderung lembab sehingga untuk mengeringkannya membutuhkan waktu sekitar 14-25 hari dengan temperatur 80 derajat celcius. Proses inilah yang membuat kayu jati berharga mahal.

Dari keunikan jenis kayu jati maka diperlukan cat kayu khusus yang bisa Anda temukan di supplier cat kayu jati Biovarnish. Sebab, Biovarnish dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan untuk memenuhi kebutuhan lapisan kayu terluar.

Biovarnish sangat cocok untuk finishing natural kayu pada kayu jati karena memiliki transparansi warna yang baik sehingga ketika ditimpa ke kayu jati akan membuat tampilan dasar kayu jati semakin tajam.

Apakah Biovarnish dapat menghasilkan tampilan yang optimal? Tentu saja. Meskipun Biovarnish merupakan cat kayu yang terbuat dari water basec acrylic namun hasilnya tidak kalah dengan cat kayu pada umumnya.

Biovarnish memiliki daya rekat film yang kuat sehingga ketika diaplikasikan ke permukaan kayu jati akan merekat kuat dalam satu layer saja. Selain itu, transparansi warna cat ini juga bagus dan tajam.

Karena cat ini terbuat dari air, meskipun terkena air justru tidak mudah pudar. Justru tampilannya tetap kuat dan tajam maka dari itu cat ini saat ini lebih direkomendasikan untuk finishing kayu.

Untuk finishing pada kayu jati, Biovarnish dilengkapi dengan varian produk yang lengkap untuk kebutuhan tampilan kayu jati. Ya, untuk hasil yang optimal memang dibutuhkan serangkaian tahap finishing.

Anda tidak akan mendapatkan hasil finishing yang bagus jika hanya menggunakan maincoat saja. Untuk menjaga kualitas cat pada permukaan kayu maka dibutuhkan lapisan-lapisan cat sesuai dengan kebutuhan.

Untuk hasil yang optimal membutuhkan tahapan finishing mulai dari basecoat, maincoat dan topcoat. Saat mengaplikasikan maincoat seperti plitur memang sudah menunjukkan hasil warna yang apik. Namun, ketahanan dan kekuatan cat tidak akan seoptimal jika Anda mengaplikasikan cat yang lainnya.

Biovarnish menawarkan berbagai varian produk finishing yang akan mempermudah proses finishing. Untuk tampilan kayu jati, Biovarnish dilengkapi dengan beberapa varian tampilan dan warna kayu jati.

Untuk dempul, Biovarnish Wood Filler telah tersedia tampilan kayu jati sehingga Anda tidak perlu bingung ataupun khawatir memilih lapisan warna dasar sebelum colouring diaplikasikan.

Sedangkan untuk maincoat seperti Biovarnish Wood Stain ataupun Biovarnish Liquid Stain menawarkan 20 varian warna mulai dari yang terang hingga gelap. Anda bisa memilih tampilan sesuai dengan kebutuhan.

Biovarnish diformulasikan dengan bahan yang mudah diaplikasikan seperti daya rekat film yang kuat. Sehingga, ketika Anda menggunakan kuas maka sebaiknya untuk menggunakan dengan tekanan yang ringan.

Penggunaan kuas kadangkala menyebabkan brush mark atau bekas kuas sehingga ketika Anda menggunakan tekanan yang berat justru akan membuat bekas kuas semakin terlihat.

Solusi ketika menggunakan kuas bulu adalah dengan melapisinya dengan kain katun yang bersih untuk meminimalisir terjadinya brush mark. Tetap gunakan tekanan ringan agar warna cat tidak terlalu tebal.

Transparansi warna cat ini sangat baik sehingga ketika mengaplikasikan menggunakan kuas dengan tekanan yang ringat sudah membuat lapisan warna pada permukaan kayu terlihat tajam.

Tidak hanya menggunakan kuas, Biovarnish juga dapat digunakan dengan cara semprot karena cat ini memiliki daya sebar yang luas dan menutup lapisan kayu secara optimal.

Karena penggunaannya untuk kayu jati maka memungkinkan untuk digunakan tidak hanya di interior saja melainkan juga eksterior. Anda tidak perlu khawatir karena Biovarnish juga dapat digunakan untuk eksterior.

Sebab. Biovarnish dilengkapi dengan tahan air serta tahan cuaca sehingga memungkinkan cat tidak terpengaruh dengan perubahan cuaca yang terjadi terlebih cuaca ekstrem saat ini.

Nah, bagi kayu selain kayu jati adakalanya mudah memuai ataupun menyusut saat terjadinya perubahan cuaca. Lapisan cat Biovarnish ini juga sangat elastis sehingga bisa menyesuaikan perubahan ukuran karena cuaca tersebut.

Untuk cara aplikasinya pun mudah Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan kayu jati kering, bersih bebas dari kotoran dan halus. Gunakan ampelas jika tekstur kayu masih dirasa kotor dan kurang halus.
  2. Biovarnsih Wood Filler khusus kayu jati merupakan base coat yang digunakan. Aplikasikan secara merata dengan scrape searah serat kayu dan tunggu hingga kering sekitar 20 menit. Setelah kering ampelas dengan kertas ampelas oxide no. 240 hingga halus.
  3. Langkah selanjutnya memberikan main coat Biovarnish Wood Stain. Campurkan Wood Stain dengan air bersih menggunakan perbandingan 2:1 dan aplikasikan pada seluruh permukaan kayu jati. Tunggu hingga kering sekitar 60 menit, setelah itu ampelas lagi dengan ampelas oxide no. 400. Anda bisa melakukan langkah ini berulang kali hingga mendapatkan warna yang sesuai.
  4. Bagian paling atas atau terakhir yaitu top coat yang mengoptimalkan warna kayu jati. Gunakan kuas yang sudah dilapisi kain bersih dan ratakan Biovarnish Clear Coat ke seluruh permukaan kayu. Tunggu hingga kering furniture baru bisa digunakan.

Pasca finishing, alangkah baiknya untuk tetap menjaga tampilan cat dengan baik. Hal ini berlaku untuk penggunaan jenis cat apapun baik cat berbahan minyak ataupun cat berbahan air.

Perawatan furniture yang perlu Anda lakukan diantaranya adalah dengan membersihkan debu secara rutin baik menggunakan kemoceng ataupun lap setengah basah.

Selanjutnya, Anda perlu memoles permukaan furniture menggunakan poles kayu untuk mempertahan tampilan kayu agar lebih awet. Selain itu, poles kayu tersebut juga dapat memberikan perlindungan tambahan pada furniture.

Supplier Cat Kayu Jati Biovarnish Ramah Lingkungan

Produk ramah lingkungan untuk bahan kimia termasuk cat haruslah menjadi prioritas penggunanya. Salah satu produk cat yang ramah lingkungan dapat ditemukan pada supplier cat kayu jati Biovarnish.

Biovarnish merupakan cat water based yang pembutannya disesuaikan dengan regulasi European Chemical Agency (ECHA) dan U.S Enviromental Protection Agency (EPA). Maka Biovarnish tidak mengandung bahan kimia berbahaya serta rendah VOC dan aman digunakan.

Sehingga cat tersebut baik saat diaplikasikan ataupun pasca finishing akan lebih aman dan nyaman karena tidak berbau dan tidak beracun.

Kandungan bahannya yang sudah disesuaikan dengan regulasi keamanan internasional tersebut membuat Biovarnish juga aman untuk finishing yang bersinggungan dengan anak-anak seperti meja belajar, lemari ataupun mainan anak-anak.

Gunakan produk dari supplier cat kayu jati Biovarnish untuk berbagai macam keperluan lapisan cat furniture kayu jati. Silahkan menghubungi costumer service  via kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini atau melalui e-mail [email protected]

Anda juga bisa melakukan pembelian via market place di BukaLapak : www.bukalapak.com/u/store_bioindustries atau TokoPedia : www.tokopedia.com/biopaint102 atau juga melalui Shopee: https://www.shopee.co.id/biovarnish.official.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here