Aplikasi Cat Kayu Tahan Air Yang Ramah Lingkungan Untuk Finishing Kayu

718

Furniture merupakan salah satu kebutuhan yang sudah menjadi hal pokok bagi suatu hunian. Wajar saja jika suatu hunian pasti tidak terlepas dari furniture yang pastinya berbeda desain dan fungsinya.

Furniture yang umum digunakan di masyarakat adalah furniture dengan material dari serat alam seperti kayu, rotan ataupun bambu. Bahkan beberapa alternatif serat alam lain kini juga dapat digunakan untuk furniture seperti enceng gondok.

Baik menggunakan serat alam jenis apapun, furniture tersebut pasti tidak terlepas dari pengaplikasian cat atau dikenal juga dengan finishing. Pengaplikasian cat ini bertujuan agar tampilan furniture semakin menarik.

CS Biovarnish

Meskipun cat dikenal sebagai pewarna untuk furniture, faktanya fungsi dan kegunaan cat lebih dari sekedar memperindah tampilan saja. Cat memiliki fungsi untuk melindungi lapisan luar kayu dari berbagai kerusakan seperti gesekan benda tumpul, perubahan cuaca, adanya gangguan organisme perusak kayu dan lain sebagainya.

Maka dari itu, untuk pemilihan cat sebagai pelapis furniture harus dilakukan dengan benar dan tepat agar cat tersebut mampu melindungi furniture secara optimal tanpa mempengaruhi perubahan tampilan cat.

Sayangnya, tidak semua jenis merk cat kayu memiliki kualitas yang sama. Anda harus lebih selektif dengan fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap merk cat. Tidak ada salahnya jika Anda mempelajari terlebih setiap merk cat yang akan Anda beli.

Masalah yang sering terjadi pada furniture interior ataupun eksterior adalah terkena percikan atau tertumpah air. Tidak semua cat tahan terhadap air sehingga cat kadangkala blocking atau warna memudar apabila air tidak segera dibersihkan.

Cat kayu yang umumnya tidak tahan terhadap air adalah cat solvent based. Meskipun terdapat beberapa cat yang menawarkan tahan air namun ketahanannya tersebut tidak begitu lama. Maka dari itu, segera mungkin mengelap permukaan furniture menggunakan lap kering untuk menghindari cat memudar.

Kenapa cat solvent based mudah memudar ketika terkena air? Cat solvent based merupakan cat yang terdapat kandungan minyak didalamnya. Seperti yang diketahui bahwa minyak serta cat ketika bertemu maka tidak dapat menyatu dengan baik.

Begitu pula yang terjadi jika lapisan cat solvent based pada furniture terkena air. Cat tersebut akan memudar pada bagian air sehingga warnanya akan berubah menjadi lebih pucat.

Untuk mengatasi masalah memudarnya cat tersebut tidak dapat begitu saja dilapisi ulang cat. Melainkan, Anda harus refinishing seluruhnya agar mendapatkan warna yang sama rata.

Namun Anda dapat menggunakan alterntif cat lain yang justru ketahanan terhadap air sangat baik. Cat tersebut adalah cat kayu yang terbuat dari air atau dikenal dengan cat water based.

Tentu saja cat water based disini berbeda dengan cat pewarna untuk lukisan ataupun tembok, melainkan cat ini didesain khusus untuk finishing kayu atau serat alam.

Seperti yang diketahui, cat kayu yang populer di Indonesia adalah cat kayu dengan bahan solvent atau minyak (cat solvent based). Sedangkan cat water based masih tergolong barus dan belum begitu populer di masyarakat secara umum.

Sebab,  cat tersebut menggunakan air sebagai bahan dasar notabene mudah menyatu dengan air. Berbeda halnya dengan minyak pada cat solvent based yang justru tidak bisa menyatu dengan baik dengan air.

Cat Kayu Tahan Air Yang Baik Untuk Furniture

Cat kayu tahan air seperti cat water based memang tergolong cat yang baru berkembang di Indonesia. Namun, cat jenis ini sudah mulai banyak dijumpai di pasaran karena sudah ada beberapa manufaktur cat mengembangkan jenis cat ini.

Kehadiran cat water based untuk beberapa tahun ini semakin meningkat seiring minat dari konsumen. Cat water based sudah menjadi alternatif pengganti cat solvent based.

Beberapa aplikator cat memiliki alasan tertentu kenapa beralih ke cat water based. Adapun alasannya sebagai berikut

  • Cat water based justru lebih tahan terhadap air dan fitur-fitur yang ditawarkan juga tidak kalah dengan cat solvent based
  • Lebih hemat. Sebab, cat water based hanya menggunakan air sebagai pelarutnya. Jadi, Anda tidak perlu menggunakan thinner atau spiritus notabene Anda harus membelinya. Penggunaan cat water based akan terasa lebih hemat ketika digunakan dalam jumlah banyak.
  • Target pasar internasional lebih memungkinkan. Banyak buyer mancanegara yang lebih menyukai furniture dengan lapisan cat water based dibandingkan cat solvent based. Hal ini bukan tanpa alasan, karena banyak beberapa negara mulai membatasi penggunaan cat solvent based karena berbahaya.
  • Cat water based lebih aman dibandingkan cat solvent based. Ya, cat water based lebih aman karena tidak berdampak buruk pada kesehatan ataupun lingkungan.

Cat kayu tahan air water based yang baik digunakan di Indonesia adalah Biovarnish. Cat tersebut diformulasikan khusus sebagai pengganti cat kayu solvent based sehingga mudah untuk diaplikasikan.

Cat water based Biovarnish merupakan produk lokal dengan kualitas internasional. Sebab, kandungan bahan pada cat water based ini telah disesuaikan dengan standar keamanan internasional.

Dengan demikian, Biovarnish tidak terpaku pada kualitas saja melainkan juga keamanan cat. Sehingga cat ini tidak berdampak buruk pada kesehatan ataupun lingkungan.

Biovarnish dilengkapi fitur dengan transparansi warna yang tajam dengan warna natural kayu. Sehingga, ketika diaplikasikan maka serat kayu akan tampak lebih tajam dengan warna yang transparan kayu.

Saat ini, Biovarnish memiliki 20 varian warna natural kayu yang dapat Anda gunakan. Nah, Anda juga tidak perlu khawatir dengan penggunaan produk finishing. Biovarnish juga memiliki berbagai varian produk yang dapat mempermudah finishing Anda.

Varian produk Biovarnish ini sudah melalui berbagai uji lab dan lapangan untuk menyesuaikan kebutuhan pasar saat ini. Sehingga, diharapkan Biovarnish mampu memberikan tampilan yang optimal pada furniture.

Adapun kelebihan dari Biovarnish sebagai berikut:

  • Tahan lama (Tidak menguap sehingga warna tidak memudar)
  • Memiliki daya rekat film yang kuat
  • Transparansi warna yang tajam
  • Tahan air
  • Tahan cuaca
  • Mudah diaplikasikan
  • Stabilitas cat yang bagus
  • No sagging ketika diaplikasikan
  • Aman digunakan (Low VOC)

Cat yang bagus dan aman untuk saat ini adalah cat dengan kandungan VOC yang rendah atau bahkan tanpa terkandung VOC. VOC merupakan senyawa organik yang beracun. Senyawa organik ini mudah menguap yang awalnya diemulsikan dari benda padat atau cair menjadi gas.

Dampak VOC ini secara signifikan sangat berbahaya karena polusi udara akibat VOC yang menumpuk bisa memicu pemanasan global atau efek rumah kaca. Maka dari itu, berbagai komunitas pencinta alam internasional mulai mengimbau produk dengan kandungan VOC didalamnya.

Disisi lain, Biovarnish menjadi pilihan tepat bagi seorang professional atau bahkan seorang yang masih awam sekalipun. Sebab, dengan Biovarnish Anda dapat berkreasi untuk menciptakan tampilan natural kayu apapun. Selain itu, Biovarnish sangat mudah diaplikasikan.

Catatan bagi seorang yang masih pemula baik ketika Anda menggunakan cat water based ataupun solvent based adalah ketika menggunakan kuas sebaiknya gunakan kuas sponge atau kuas berbulu halus yang sudah terlapisi kain katun.

Penggunaan kuas sponge atau kuas yang sudah terlapisi kain tersebut bertujuan agar meminimalisir brush mark yang sering terjadi. Brush mark dapat mengganggu tampilan furniture tampak kasar dan kurang rapi.

Adapun teknik aplikasi menggunakan varian produk Biovarnish, sebagai berikut:

  1. Pastikan media yang digunakan bersih dari kotoran. Ampelas permukaan media agar mudah diaplikasikan cat
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk menutup pori-pori atau menyamarkan cacat pada kayu. Setelah diaplikasikan, diamkan dalam suhu ruangan selama 20-30 menit. Dan apabila sudah kering, amplas dengan kerta samplas no. 320
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain menggunakan kuas yang dilapisi kain kemudian tunggu hingga kering selama 60 menit. Tidak disarankan untuk mengeringkan furniture langsung dibawah sinar matahari, kemudian ampelas setelah benar-benar kering
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear kemudian diamkan selama semalam untuk hasil maksimal.

Cat Kayu Water Based Yang Aman Untuk Finishing

Cat kayu tahan air yang aman digunakan adalah cat kayu yang telah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan nasional ataupun internasional. Seperti Biovarnish yang notabene diformulasikan menggunakan bahan yang disesuaikan dengan standar regulasi keamanan internasional seperti United State EPA dan ECHA-Reach sehingga tidak mengandung bahan kimia serta rendah VOC.

Informasi dan Pemesanan

Bagi Anda yang berada di daerah Yogyakarta, Cirebon ataupun Jepara, dapat langsung mengunjungi kantor Bioindustries untuk mendapatkan berbagai informasi finishing atau perkayuan atau bahkan memesan produk Biovarniah ataupun produk kayu ramah lingkungan lainnya.

Kantor Pusat Bioindustris

Jl Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta

Kantor Cabang Jepara Bioindustries

Jl. Raya Kudus Km.9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah

Kantor Cabang Cirebon Bioindustries

Jl. Escot No. 42 Rt.014/Rw 014, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat

Jika Anda berada di luar daerah yang disebutkan diatas, Anda dapat melakukan pembelian produk di agen-agen Bioindustries yang terdapat di kota-kota Anda.

Untuk informasi lebih detail ataupun pembelian online, Anda dapat menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website atau melalui e-mail [email protected]

Anda juga dapat melakukan pembelian produk Biovarnish ataupun cat water based lainnya di

BukaLapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

TokoPedia : https://www.tokopedia.com/biopaint102

Shopee : https://shopee.co.id/biovarnish.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here