Menjaga Rumah Agar Tetap Terang dan Sehat

255

Udara dan cahaya yang cukup setiap ruangan sangat penting agar sirkulasi udara dalam ruangan tetap terjaga dan lingkungan menjadi lebih sehat, selain itu terapkan bahan yang ramah lingkungan.

Rumah menjadi salah satu tempat paling penting setelah lelah seharian beraktivitas di luar. Maka dari itu, sebaiknya setiap rumah memberikan kualitas kesehatan bagi penghuninya. Untuk memberikan kenyamanan, maka desain dan tata ruang sesuai dengan kaidah lingkungan yang sehat seperti penggunaan bahan yang aman, sirkulasi udara yang cukup dan pencahayaan yang pas.

Dengan memperhatikan beragam kaidah tersebut, diyakini akan menciptakan suasana yang menenangkan dan sehat. Akan lebih baik jika tetap memperhatikan penggunaan bahan yang aman karena hal tersebut menyangkut tentang kesehatan. Penggunaan bahan yang aman juga efektif untuk memberikan lingkungan yang sehat pada rumah Anda, sehingga pastikan ketiga elemen tersebut mencangkupi ruangan Anda.

Cara Mengatur Rumah Agar Tetap Terang dan Sehat

Faktor kenyamanan merupakan salah satu yang perlu diperhatikan karena faktor tersebut akan memberikan nuansa tenang untuk keluarga. Seperti yang telah disinggung diatas, mendesain rumah harus memperhatikan pencahayaan dan sirkulasi udara yang pas. Sistem pencahayan dan udara akan membantu kesehatan rumah tetap terjaga. Maka dari itu, udara ruangan harus saling bergantian agar nuansa lebih sehat dan bersih sehingga lebih nyaman ketika digunakan.  Kedua sistem tersebut memang harus diterapkan disetiap rumah. Salah satu cara yang paling praktis adalah mengatur ventilasi dan jendela. Gunakan jendela kaca yang membuat cahaya matahari masuk, selain bisa mengatur pencahayaan dalam rumah agar lebih terang, penggunaan jendela kaca juga bisa memperluas ruangan sehingga ruangan yang sempit bisa terkesan lebih luas.

Sedangkan ventilasi bisa kamu terapkan di setiap komponen pintu atau jendela dalam ruangan yang akan membantu untuk menjaga udara bisa bergantian. Ventilasi ini bisa dibilang sangat efektif untuk mengatasi udara pengap karena dengan sirkulasi udara yang cukup, ruangan akan semakin lega dan keluarga pun akan semakin nyaman. Pastikan Anda selalu membersihkan bagian ventilasi agar udara tetap bersih dan sehat. Anda bisa membuat ventilasi dengan beragam bentuk, yang pastinya sesuai dengan kebutuhan dan estetika ruangan. Dengan memperhatikan estetika, selain nyaman maka ruangan pun tampak lebih indah. Namun, untuk menerapkan kedua pencahayaan dan udara sayangnya tidak semua rumah memiliki lahan yang luas sehingga akan memungkinkan untuk menggunakan jendela kaca serta ventilasi yang cukup. Untuk mengatasinya, harus dibuat sebuah ruangan yang dapat mengakomodir kedua sistem tersebut. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan void pada sisi ruangan pada rumah Anda.

Void merupakan sebuah ruangan atau spot dalam rumah yang tidak mempunyai halangan dari elemen struktur bangunan seperti kolom, balok, dan lantai. Untuk menerapkan void, Anda bisa meletakkannya dibagian ruang keluarga, ruang tamu atau segala ruang ada didalam rumah. Karena void berada didalam ruangan, maka bagian atap harus diberikan penutup yang semi terbuka yang bertujuan agar udara dan cahaya bisa masuk. Sayangnya, untuk pemilihan material atap untuk void harus bisa mencangkup keduanya. Apabila Anda menggunakan genteng fiberglas maka hanya bisa mencangkup cahaya dari luar saja dan udara dari luar tidak bisa masuk. Salah satu material atap yang bisa digunakan untuk void adalah dengan alumunium yang dipasang dengan sistem buka tutup dan terlihat menyerupai jendela.

Penggunaan atap dari alumunium dengan sistem buka tutup tersebut justru lebih efektif karena Anda bisa mengaturnya dengan mudah. Penggunaannya pun juga lebih fleksibel karena Anda bisa membuka atau menutupnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena lebih fleksibel, perlindungan dari cahaya matahari dan hujan pun akan lebih maksimal. Sehingga jika Anda memutuskan untuk menggunakan void pada ruangan rumah Anda, pastikan Anda untuk memilih material yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Penerapan ini kembali kepada penghuni, namun akan lebih baik jika tetap memperhatikan faktor kenyamanan dan keamanan di lingkungan rumah Anda agar keluarga tetap merasa aman dan kesehatan pun tidak terganggu.

Gunakan Bahan Yang Aman

Seperti yang diulas diatas bahwa untuk memberikan kenyamanan maka Anda harus memperhatikan bahan yang digunakan. Tidak hanya untuk bagian void atau jendela saja melainkan untuk segala barang yang melalui proses finishing. Sebab, finishing selalu membutuhkan cat yang bisa memberikan tampilan barang tersebut semakin maksimal. Hal ini juga berlaku pada jendela atau pintu yang selalu mengandalkan cat.

Cat tidak hanya berguna untuk memberikan tampilan yang menarik pada benda yang dilapisinya namun juga bertujuan untuk memberikan perlindungan agar bahan baku yang digunakan tidak mudah rusak. Sayangnya, tidak semua jenis cat aman untuk digunakan. Masih banyak orang yang mengabaikan faktor tersebut karena lebih mengutamakan penampilan. Maka dari itu, untuk memberikan tampilan yang indah dan tidak membahayakan kesehatan, pilih cat yang aman dan ramah lingkungan.

Material yang sering dilapisi cat biasanya adalah kayu dan besi, kedua material ini memang sangat sering digunakan untuk komponen bangunan. Sehingga gunakan cat yang aman dan akan menghasilkan tampilan yang maksimal pada kedua material tersebut. Tidak semua jenis cat mampu bertahan dengan baik diatas kayu atau besi terutama jika digunakan untuk luar karena akan terpapar lansung dengan cahaya matahari atau hujan. Faktor cuaca menjadi salah satu kendala pada material, sehingga dibutuhkan cat yang tahan cuaca.

Cat yang tanah cuaca dan aman sudah bisa Anda jumpai di berbagai toko bangunan atau toko cat di Indonesia. Sebab, kini telah banyak toko cat yang mulai memasarkan cat yang aman karena mulai meningkatnya minat orang Indonesia terhadap produk yang lebih aman dan ramah lingkungan. Cat tersebut dikenal dengan cat water based yang mana cat tersebut tidak menggunakan bahan kimia berbahaya dan hanya menggunakan air sebagai bahan dasar serta pelarutnya. Sehingga untuk melarutkan cat tersebut, Anda tidak perlu menggunakan thinner, siritus atau jenis minyak lainnya, melainkan hanya dengan air saja. Hasilnya pun juga lebih efektif dan jauh tidak membahayakan karena kandungan VOC-nya yang sangat rendah bahkan 0.

Penggunaan cat yang aman dan ramah lingkungan tersebut bisa meningkatkan lingkungan yang sehat di rumah Anda. Hal ini sangat sesuai dengan desain rumah yang sesuai dengan kaidah lingkungan yang sehat, selain menggunakan material rumah yang berdesain menarik, bahan yang digunakan pun aman dan ramah lingkungan. Pastikan untuk tidak menggunakan cat yang menggunakan pelarut thinner atau sejenisnya karena jenis cat tersebut sangat membahayakan kesehatan dan lingkungan.

Maka dari itu, selalu ciptakan lingkungan yang sehat di rumah Anda demi kenyamanan dan kesehatan keluarga. Dengan material yang aman, pastinya akan membantu kualitas kesehatan dalam rumah semakin maksimal dan keluargapun tetap sehat.

 

 

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here