Cat Kayu Water Based untuk Finishing Fascia kayu Yang Mudah dan Simpel

923

Fascia yang di finishing dengan cat kayu water based dari Biovarnish akan memiliki lapisan finishing yang awet sekaligus menciptakan tampilan menarik.

Bagian rumah yang diposisikan di luar ruangan memang memerlukan perlindungan ekstra. Perangkat-perangkat tersebut akan lebih mudah terkena kerusakan daripada yang ditempatkan di dalam ruangan.

Apalagi untuk bagian yang dibuat dari kayu, seperti fascia misalnya, kerusakan bisa terjadi dengan lebih cepat. Umumnya, fascia memang menggunakan kayu namun adapula yang menggunakan bahan dari logam.

CS Biovarnish

Meskipun masih mendapat perlindungan dari atap, tetapi fascia tetap akan rawan terkena kerusakan karena akan tetap terkena sinar matahari dan percikan air hujan.

Khusus untuk fascia kayu maka dibutuhkan perlindungan yang tepat karena bagian ini lebih sering terpapar sinar matahari dan air hujan. Sehingga lapisan kayu tidak langsung keropos karena akibat cuaca tersebut.

Untuk memastikan fascia kayu akan bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka diperlukan perhatian khusus saat pembuatannya. Fascia harus dibuat dari jenis kayu yang memiliki kekuatan terhadap air hujan dan matahari. Pengerjaan finishing juga harus menggunakan material yang memadai agar lapisan finishing fascia bisa awet sekaligus mampu melindungi fascia itu sendiri.

Kayu yang cocok digunakan untuk fascia adalah kayu jati karena kayu ini mudah dipotong namun memiliki ketahanan yang bagus. Sehingga kayu tidak akan mudah keropos karena cuaca.

Perlu diketahui bahwa kayu jati memiliki ketahanan kelas I/II dan keawetan kelas II sehingga kayu tahan terhadap perubahan cuaca. Selain itu, kayu tersebut juga tidak mudah memuai atau menyusut karena perubahan cuaca sehingga cat tidak akan mudah retak.

Di Eropa, penggunaan kayu jati umumnya untuk hunian atau bahkan garden furniture. Karena kayu ini dikenal dengan ketahanannya yang bagus dan kuat. Wajar saja jika kayu jati banyak dipilih dan dijual dengan harga yang tinggi.

Meskipun fascia tersebut menggunakan kayu jati, alangkah baiknya untuk tetap mengaplikasikan cat kayu jati pada permukaan kayu tersebut. Bukan tanpa alasan, pengaplikasian cat tersebut akan melindungi kayu sekaligus mempertajam warna kayu.

Finishing fascia kayu

Fascia yang umum digunakan di Indonesia hingga saat ini adalah berbahan kayu. Bentuk papan kayu yang disesuaikan dengan pola hunian yang ada. Dan umumnya hanya berukuran lebar antara 10-20cm saja.

Maka dari itu, fascia umumnya di cat sesuai dengan kesan yang ingin ditonjolkan. Ada yang ingin menonjolkan kesan natural kayu dan ada pula yang ingin terkesan lebih modern seperti warna solid putih.

Fitur penting cat yang dibutuhkan untuk fascia adalah tahan air dan tahan cuaca. Sehingga cat tersebut dapat melindungi fascia kayu dengan optimal dari paparan sinar matahari atau air hujan yang selalu terjadi di Indonesia.

Terlebih cuaca yang tidak menentu justru membuat kayu akan lebih rentan rusak dan berjamur. Maka dari itu, diperlukan cat kayu yang tepat agar dapat melindungi kayu dengan optimal.

Agar dapat melindungi secara optimal, pasca fascia dipasang di antara atap tersebut maka Anda dapat mengaplikasikan obat anti jamur atau anti rayap pada permukaan fascia tersebut.

cat-kayu-untuk-fascia

Salah satu obat anti rayap atau obat anti jamur yang direkomendasikan adalah BioCide Insectiside atau BioCide SPF. Obat tersebut tidak perlu diencerkan dengan minyak tanah atau bensin melainkan hanya menggunakan air saja.

Caranya sederhana, setelah diencerkan maka aplikasikan dengan cara oles atau menggunakan kuas ke permukaan kayu tersebut. Tunggu hingga permukaan kayu tersebut benar-benar kering sehingga siap untuk difinishing.

Sebab, kondisi kayu yang cukup basah juga berpengaruh pada hasil finishing nantinya. Maka dari itu, biarkan kayu tersebut kering karena terpapar sinar matahari kemudian barulah untuk memulai finishing.

Untuk memastikan lapisan finishing fascia lebih tahan lama, diperlukan pemakaian bahan baku finishing yang tahan air dan berkemampuan tinggi seperti Biovarnish.

Produk ini tergolong sebagai cat kayu water based. Karena dibuat dari bahan air, maka produk ini mempunyai daya rekat yang tinggi sekaligus tahan air karena bahan dasar air membuatnya mudah menyatu ke dalam struktur kayu untuk menciptakan lapisan finishing yang cukup kuat.

Hal lain yang bisa didapat dari pemakaian bahan cat kayu water based seperti Biovarnish adalah pada keamanannya. Produk ini memiliki kandungan zat berbahaya dengan jumlah yang sangat rendah.

Biovarnish bahkan telah dapat memenuhi standar keamanan bahan finishing kayu yang berlaku di negara-negara maju sesuai ketentuan dari US-Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach.

Dengan memperhatikan standar keamanan membuat cat ini tidak menimbulkan efek buruk pada kesehatan meskipun diaplikasikan di dalam ruangan. Namun yang perlu diperhatikan ketika diaplikasikan di dalam ruangan adalah sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik sehingga udara dalam ruangan dapat bertukar dan fresh.

Untuk finishing pada fascia, Anda dapat menggunakan varian Biovarnish yakni Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain dan Biovarnish Clear Coat. Produk bahan finishing tersebut akan memberikan hasil yang optimal dan tajam.

Untuk penggunaan Biovarnish Wood Filler, dapat digunakan untuk mengatasi pori-pori kayu sehingga tertutup dengan sempurna jadi ketika diaplikasikan cat setelahnya akan memberikan hasil yang tajam. Selain itu, Anda juga dapat mengaplikasikannya untuk menyamarkan lubang atau cacat pada kayu.

Namun, apabila Anda menginginkan hasil pori-pori kayu dan tidak mengalami cacat pada kayu yang digunakan maka Anda dapat melewati penggunaan Biovarnish Wood Filler. Dan apabila Anda tanpa mengaplikasikan filler kayu tersebut maka butuh beberapa layer cat untuk hasil yang tajam.

Daripada penasaran, berikut tahap finishing untuk menciptakan tampilan natural kayu menggunakan Biovarnish:

  1. Ampelas terlebih dahulu permukaan kayu yang akan di cat sehingga permukaan kayu lebih halus dan mempermudah cat merekat dengan sempurna.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler yang sudah dilarutkan kemudian diamkan selama 20-30 menit. Anda dapat mengaplikasikannya dengan kuas atau pisau palet. Setelah kering, ampelas dengan kertas ampelas no. 320
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain yang sebelumnya sudah dipilih warna sesuai dengan keinginan. Kemudian diamkan selama 60 menit lalu ampelas ambang menggunakan kertas ampelas no. 400 apabila sudah kering sentuh
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat yang sudah dilarutkan dengan air. Pastikan diaplikasikan ke seluruh permukaan kayu secara merata. Lalu tinggal diamkan selama semalaman atau 24 jam maka cat akan kering dengan sendirinya. Sehingga fascia dapat terlindungi dengan optimal dan warnanya pun tajam.

Untuk menjaga kualitas tampilan fascia kayu, baik ketika Anda menggunakan cat water based ataupun cat solvent based adalah dengan refinishing. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas cat sehingga dapat melindungi kayu dengan baik.

Kapan sebaiknya refinishing pada fascia? Anda dapat melakukannya setiap setahun sekali untuk menjaga kualitas tampilan fascia tersebut. Agar lebih hemat, disarankan untuk menggunakan cat water based karena Anda hanya membutuhkan air sebagai pelarutnya.

Anda tidak perlu membeli dengan ukuran 1 kg atau 1 liter karena Biovarnish juga tersedia dalam ukuran mini can yakni 400gr sehingga Anda akan lebih hemat terlebih penggunaannya yang tidak banyak.

Biovarnish Cat Ramah Lingkungan Indonesia

Bio Industries adalah salah satu manufaktur cat yang mengembangkan cat water based yang aman dan ramah lingkungan. Tidak hanya cat khusus natural kayu saja melainkan juga cat duco dan PU.

Bukan hanya cat saja, Bio Industries juga mengembangkan produk untuk kebutuhan perkayuan seperti treatment kayu, obat anti rayap atau anti jamu yang disebutkan diatas sebelumnya ataupun poles kayu.

Produk dari Bio Industries ini khususnya Biovarnish cocok diaplikasikan pada media-media serat alam seperti bambu, rotan ataupun enceng gondok. Dan bahkan juga menghasilkan transparansi warna yang tajam ketika diaplikasikan ke media kayu olahan seperti MDF, plywood, partikel board dll.

Cat kayu water based dari Biovarnish sendiri bisa didapatkan secara mudah. Untuk informasi lebih lanjut serta pemesanan, dapat menghubungi customer service cat kayu Biovarnish pada kontak hotline yang tercantum pada website ini atau juga dapat menghubungi via email di [email protected]

Pemesanan bisa juga dilakukan via market place

BukaLapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

TokoPedia : https://www.tokopedia.com/biopaint102

Shopee: https://shopee.co.id/Biovarnish.official

Bagi Anda yang ingin belanja secara offline, dapat langsung mengunjungi Bio Office yang terletak di Yogyakarta, Jepara dan Cirebon. Selain itu, produk Bio Industries juga dapat Anda pesan di agen resmi di daerah terdekat dengan kota Anda.

Apakah masalah tampilan furniture atau konstruksi rumah selalu tidak menarik? Kemungkinan hal tersebut karena Anda salah dalam memilih cat. Apabila memang bawaan dari pabrik maka Anda bisa loh untuk refinishing furniture tersebut dengan Biovarnish.

Selain aman digunakan, Biovarnish juga mudah diaplikasikan bahkan oleh seorang pemula sekalipun. Pastikan untuk selalu menggunakan produk-produk yang aman dan ramah lingkungan guna menjaga orang-orang terdekat kesayangan Anda.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here