Cat Kayu Water Based Yang Aman Sesuai Standar Regulasi Internasional

731

Kesadaran tentang bahaya racun cat minyak atau cat berbasis thinner (solvent based paint) sudah lama jadi pembicaraan berbagai pihak baik oleh pihak konsumen produk kayu yang menggunakan cat maupun tukang cat atau aplikator cat yang sehari-hari bekerja dengan bahan cat kayu. Saat ini kesadaran akan pentingnya produk cat water based yang aman dan ramah lingkungan telah berubah menjadi kebutuhan, namun sayangnya informasi tentang produk cat kayu dan bahan finishing kayu water based di indonesia masih terlalu sedikit.

Meskipun informasi yang masih sedikit dan keberadaan di pasaran cukup langka, justru cat water based saat ini mulai disoroti oleh konsumen. Terlebih jika konsumen tersebut merupakan pengusaha kayu, pengrajin ataupun penghobi kayu. Pasalnya, cat water based saat ini telah menjadi trend secara global bahkan banyak negara maju yang mulai menggerakkan pennggunaan cat water based. Hal ini sejalan dengan gerakan go green yang notabene menyuarakan gerakan untuk menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

Kami berusaha menyajikan informasi berbahasa Indonesia tentang produk cat kayu dan bahan finishing kayu water based, bagaimana cara aplikasinya serta berbagai hal seputar cat kayu dan bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan. Namun, sebelum jauh membahas tentang apa saja cat water based dana bagaimana cara aplikasinya akan lebih baik mengenal terlebih dahulu apa sih yang dimaksud dengan cat water based.

CS Biovarnish

Cat water based merupakan cat yang menggunakan bahan dasar dari air dan pelarut yang digunakan pun adalah air. Berbeda dengan cat kayu pada umumnya yang harus menggunakan thinner, spiritus ataupun pelarut organik lainnya untuk mengencerkan cat. Dengan penggunaan air, tentu saja lebih ramah lingkungan dan dapat menekan biaya pengeluaran. Untuk penggunaan air sebagai pelarut disarankan untuk menggunakan air bersih dengan pH 7 agar tidak membuat warna cat berubah.

Cat water based diklaim lebih aman dan ramah lingkungan karena cat kayu tersebut tidak mengunakan senyawa kimia berbahaya seperti arsenic, cadmium, timbal dll. Seperti yang diketahui, senyawa kimia tersebut berbahaya bagi tubuh terlebih jika masuk ke dalam tubuh dan mengendap dalam kurun waktu yang lama. Penyakit kronis siap mengintai apabila Anda terus-menerus berkecimpung dengan senyawa-senyawa kimia tersebut seperti kanker. Tidak ingin kesehatan Anda rusak diakibatkan oleh senyawa kimia, bukan?

Keberadaan cat kayu water based di Indonesia memang masih langka dibandingkan cat solvent based. Hal ini disebabkan oleh masih banyaknya masyarakat yang memilih untuk menggunakan cat solvent based dibandingkan cat water based. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, minimnya informasi tentang cat water based membuat masyarakat belum yakin atau percaya akan penggunaan cat water based tersebut.

Disini kami akan berusaha menyajikan artikel-artikel yang mengulas tentang cat kayu dan bahan finishing kayu water based mulai dari:

  • Base coat seperti wood filler dan wood putty,
  • Main coats atau biasa disebut juga primer coat seperti sanding sealer dan dan primer coat
  • Wood stain dan colorant baik transparan color, solid opaque color maupun metalic color serta glaze untuk menciptakan efek-efek warna
  • Topcoat atau biasa disebut dengan clear coating atau varnish.

Mengenal Cat Kayu Water Based Di Indonesia

Cara Mengecat dengan Cat Meni Kayu Anti Rayap untuk Hasil Indah

Pengetahuan jenis cat kayu dan bahan-bahan finishing kayu tersebut dibutuhkan untuk memperluas kasanah pemilihan bahan finishing kayu yang tepat untuk berbagai kebutuhan pengecatan atau finishing kayu baik untuk finishing furniture, finishing lantai kayu, pengecatan dan finishing dekorasi rumah, finishing dekorasi pagar dan konstruksi bangunan kayu baik interior maupun exterior.

Pada situs ini kita juga akan mengulas tentang tips dan teknik aplikasi cat kayu atau teknik finishing kayu untuk mendapatkan tampilan warna transparan atau stain color maupun teknik finishing kayu dengan warna solid opaque color atau biasa disebut cat duco baik dengan teknik kuas maupun dengan teknik aplikasi semprot. kita juga akan membahas tentang teknik teknik foux finishing untuk mendapatkan hasil finishing kayu artistik tentu saja dengan menggunakan bahan waterbased wood coating yang aman dan rmah lingkungan.

Salah satu cat kayu berbahan dasar air yang direkomendasikan untuk finishing furniture interior-eksterior adalah Biovarnish, BioColours dan BioDuco. Bahkan cat kayu ini menjadi pelopor kehadiran cat water based di Indonesia, loh. Tentu saja menjadi kabar gembir bagi Anda yang berkecimpung dalam bidang finishing, bukan? Dikala sulitnya mencari cat water based dengan kualitas terbaik, kini Anda tidak perlu kesulitan untuk mendapatkan cat water based.

Biovarnish menjadi pilihan tepat untuk finishing furniture dengan tampilan natural kayu karena cat ini memiliki transparansi warna yang tajam. Sedangkan BioColours merupakan cat kayu water based yang digunakan untuk finishing furniture dengan tampilan warna solif. Fungsi dan kegunaan cat water based ini hampir sama dengan cat solvent based pada umumnya. Yang membedakan adalah untuk tampilan kilap, cat solvent based memang lebih unggul dibandingkan cat water bassed. Namun Anda tidak perlu khawatir sebab cat water based sudah mencapai tingkat kilap 80% yang notabene sudah cukup baik untuk kilap pada furniture. Terlebih, tingkat kilap cat water based jauh lebih lama karena tanpa mengalami penguapan. Berbeda dengan cat solvent based, pasca finishing mengalami penguapan sehingga disarankan untuk dimasukkan ke dalam ruangan melainkan harus dianginkan terlebih dahulu hingga bau cat berkurang.

Berbeda dengan cat water based yang tidak mengalami penguapan dan bahkan tidak mengeluarkan bau cat seperti halnya cat kayu pada umumnya pasca finishing. Hal ini diperjelas dengan pengunaan bahan pada Biovarnish dan BioColours yang sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA). Regulasi tersebut menjadi rujukan terhadap batas penggunaan bahan kimia pada cat dan batas aman dari VOC (Volatile Organic Compounds). VOC merupakan senyawa organik yang mudah menguap dan beracun sehingga jika lebih dari batas keamanan dapat mencemari lingkungan.

Kandungan bahannya yang aman pada Biovarnish dan BioColours membuat cat water based ini juga aman digunakan untuk finishing pada mainan anak-anak, sangkar burung, ataupun furniture bayi. Seperti yang diketahui bahwa furniture atau benda yang bersinggungan langsung dengan anak-anak ataupun hewan peliharaan harus cukup hati-hati karena makhluk tersebut sangat rentan dan sensitif terhadap bahan-bahan kimia. Jika menggunakan cat kayu dengan asal memungkinkan anak-anak ataupun hewan peliharaan justru terkontaminasi dan dapat mengakibatkan gangguan pernafasan.

Baik Biovarnish maupun BioColours sudah pasti aman digunakan untuk finishing segala kebutuhan furniture. Cat water based tersebut juga terdiri dengan berbagai varian produk yang akan mempermudah proses finishing yang sedang Anda lakukan. Varian produk finishing berbahan water based di Indonesia hingga saat ini belum banyak. Sehingga produsen cat lokal yakni Bioindustries menawarkan berbagai produk finishing yang lengkap untuk kebutuhan finishing baik warna natural kayu ataupun warna solid.

Cat water based tersebut tidak hanya menghasilkan warna yang memukau pada material kayu saja melainkan juga pada kayu olahan ataupun serat alam seperti bambu, rotan, enceng gondok dll. Tentu saja ini akan menguntungkan Anda bagi yang memiliki usaha kerajinan dan concern pengiriman ke luar negeri. Pasalnya, banyak negara yang menerapkan batas keamanan produk baik dari bahan kimia ataupun VOC. Adakalanya, kandungan bahan kimia yang berbahaya dan VOC yang tinggi membuat produk yang Anda kirim dapat ditolak masuk ke negara tersebut. Selain itu, buyer mancanegara saat ini pun sangat memperhatikan keamanan bahan pada produk finishing.

Karena hal tersebut lah membuat cat water based saat ini perkembangannya lebih cepat dibandingkan dengan cat solvent based. Pasalnya, banyak buyer mancanegara yang lebih memilih cat water based dibandingkan cat solvent based. Maka dari itu, produsen cat kayu di Indonesia saat ini sedang mengembangkan cat kayu yang aman dan ramah lingkungan. Meskipun cat kayu berbahan water based saat ini sudah terdapat beberapa di pasaran Indonesia, pastikan untuk memilh cat kayu tersebut sesuai dengan standar keamanan internasional.

Biovarnish, BioColours dan BioDuco akan memudahkan Anda dari segi pewarnaan, teknik finishing ataupun metode finishing. Pasalnya, cat kayu ini dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan yang mempermudah cat kayu melekat dan menutup pori kayu secara sempurna. Fitur-fitur tersebut diantaranya adalah memiliki daya rekat film yang kuat dan good leveling. Tidak hanya cat kayu saja, Biovarnish dan BioColours juga terdapat dempul kayu water based yang masih jarang dijumpai di Indonesia. Dempul ini lebih cepat melekat, mudah diamplas dan tidak alot sehingga proses awal finishing pun akan berjalan lebih cepat.

Dengan berbagai varian produk finishing tersebut tentu proses finishingnya lebih cepat, loh. Berbeda dengan cat solvent based yang membutuhkan waktu yang lama untuk pengeringannya bahkan memakan waktu berhari-hari apabila cuaca sedang mendung atau hujan. Berbeda dengan cat water based seperti Biovarnish dan BioColours karena proses pengeringan cat ini hanya membutuhkan waktu sehari saja. Untuk pengeringan setiap tahap finishing hanya membutuhkan waktu 30-60 menit bahkan tidak harus dikeringkan dibawah sinar matahari melainkan hanya cukup didiamkan dalam suhu ruangan saja.

Dengan proses finishing dan pengeringan yang cepat serta hanya cukup menggunakan pelarut air justru membuat Anda lebih efisien waktu, tenaga dan biaya, bukan? Pastikan untuk mengganti produk finishing Anda dengan produk-produk yang ramah lingkungan demi kenyamanan dan keamanan lingkungan sekitar Anda.

Pada akhirnya kami berharap situs catkayu.net ini dapat menjadi rujukan informasi tentang cat kayu dan bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan di Indonesia.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here