Teknik Aplikasi Cat Kayu Jati Yang Tepat Pada Meja Kerja Minimalis

906

Meja kantor akan terasa nyaman jika desain dan tampilannya sesuai dengan yang diinginkan. Untuk hasil finishing tajam maka gunakan cat kayu jati.

Ruang kantor atau tempat kerja memang harus terasa nyaman karena akan berpengaruh pada kinerja seseorang. Lalu bagaimana dengan ruangan kerja yang sempit atau tidak memiliki lahan yang luas?

Untuk menciptakan ruangan kerja yang baik maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, diantaranya

  1. Maksimalkan ruangan yang ada
CS Biovarnish

Anda dapat menggunakan bagian pojok dari ruangan Anda untuk dijadikan tempat kerja. Bagian ini justru jarang digunakan karena cukup sulit menata furniture karena umumnya meja berbentu persegi panjang. Bagian pojok tersebut, Anda bisa menerapkan rak pojok untuk menata arsip, dokumen, buku atau peralatan kerja lainnya.

Jika tidak menggunakan bagian pojok maka Anda dapat menggunakan rak dinding untuk menata berbagai kebutuhan Anda.

  1. Gunakan desain furniture yang sesuai ukuran

Karena ruangan sempit maka pilih meja kantor minimalis agar tidak memakan tempat. Hal ini juga sangat berpengaruh untuk membuat ruangan kerja terasa nyaman. Atau Anda dapat menggunakan meja dinding yang dapat dilipat ketika Anda tidak menggunakannya. Tidak hanya meja, gunakan kursi dan lemari kerja Anda yang sesuai dengan kondisi ruangan.

  1. Perhatikan penempatan meja dan jendela

Sebaiknya tata meja kerja dekat dengan jendela. Selain Anda mendapatkan udara segar, Anda juga dapat melihat pemandangan agar pikiran selalu fresh. Tempat kerja juga membutuhkan cahaya matahari agar ruangan terasa lebih nyaman dan lega.

  1. Mainkan dekorasi interior

Untuk menciptakan ruangan yang nyaman maka Anda dapat mix and match dekorasi atau hiasan dan furniture. Anda dapat menggunakan wallpaper dinding dengan warna terang untuk menciptakan ruangan yang lebih lega.

  1. Warna furniture

Untuk memberikan kesan ruangan yang terasa lebih lega maka disarankan untuk tidak menggunakan furniture yang terlalu besar dan warna terlalu gelap. Anda dapat memilih warna yang terang baik pada tampilan warna kayu ataupun warna kayu solid.

Dengan menata ruangan kerja sebaik mungkin maka Anda akan lebih produktif dan bersemangat. Menciptakan ruangan kerja yang nyaman memang membutuhkan skill dan kemauan.

Karena menyangkut kenyamanan kerja maka lakukan dengan teliti dan tepat. Jika penataan serta pemilihan aksesoris atau pun furniture yang salah justru membuat ruangan terkesan berantakan dan sumpek.

Furniture interior seperti meja kantor minimalis tidak hanya digunakan untuk keperluan kantor saja, namun juga sering digunakan untuk hunian rumah. Tampilan meja kerja minimalis sangat serasi jika menggunakan warna natural kayu sebab warna ini lebih terkesan natural dan hangat.

Agar tampilan meja kerja tersebut menonjolkan warna asli kayunya maka gunakan cat kayu jati dengan daya rekat film yang kuat serta transparansi warnanya yang bagus dan tajam.

Finishing  Meja Kerja Minimalis Dengan Cat Kayu Jati

Untuk menunjang kenyamanan selama bekerja sebaiknya gunakan pula cat yang tidak mengeluarkan bau yang menyengat. Sering dijumpai di berbagai furniture baru atau setelah di cat justru mengeluarkan bau yang cukup menyengat.

Faktanya, cat yang mengeluarkan bau yang menyengat tidak hanya mengganggu kenyamanan saja melainkan juga berdampak pada kesehatan lingkungan sekitarnya.

Cat yang mengeluarkan bau maka cet tersebut juga mengeluarkan uap. Dan uap tersebut cukup berbahaya bagi kesehatan karena mengandung senyawa organik yang justru beracun.

Meskipun adapula cat yang tidak berbau namun tidak menutup kemungkinan bahwa cat tersebut beracun. Apa yang menandakan bahwa cat tersebut beracun atau tidak?

Hal yang paling mudah untuk menentukan cat tersebut beracun atau tidak adalah dengan melihat bahan yang digunakan pada cat tersebut. Umumnya, cat dengan bahan solvent atau minyak berbahaya untuk digunakan.

Selain dari kandungan bahan yang terdapat pada minyak, pelarut yang digunakan pun juga berbahaya.

Cat solvent based merupakan cat kayu yang memiliki kandungan logam berat berbahaya seperti timbal atau merkuri bahkan kandungan VOC-nya sangat tinggi sehingga dapat merusak lingkungan bahkan kesehatan.

Meskipun harganya yang lebih terjangkau, tetap saja cat tersebut tidak disarankan untuk digunakan terlebih untuk interior. Gunakan cat kayu jati yang aman dengan bahan yang ramah lingkungan yaitu cat water based atau cat dengan bahan pelarut air.

Anda tidak perlu import brand asal luar negeri melainkan cat berbahan dasar air ini telah diproduksi oleh manufakturing lokal. Salah satu manufakturing cat yang memproduksi cat water based adalah Bio Industries.

Cat water based dengan kualitas serta bahannya yang dijamin aman dalah Biovarnish. Cat tersebut seperti halnya dengan plitur pada umumnya namun Anda hanya cukup menggunakan air sebagai pelarutnya.

Biovarnish sendiri terdiri dari beberapa produk finishing yakni Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Sanding Sealer, Biovarish Glaze dan Biovarnish Clear Coat.

Gunakan produk-produk Biovarnish diatas sesuai dengan kebutuhan finishing. Untuk bagian wood stain, Biovarnish tersedia 20 tampilan warna. Pilih tampilan warna sesuai dengan keinginan mulai dari warna terang hingga ke gelap.

Treatment Kayu

Untuk menjaga kualitas kayu jati, tidak ada salahnya jika Anda melapisi kayu tersebut dengan obat anti jamur atau obat anti rayap. Gunakan sesuai anjuran penggunaan obat tersebut. Terdapat obat anti jamur/rayap yang harus di celup, vakum atau cukup dengan dioles

Persiapan Finishing

Setelah siap, sebelum difinishing sebaiknya kayu tersebut diamplas untuk menghilangkan kotoran sekaligus meratakan permukaan kayu sehingga akan lebih mudah finishing.

Setelah diampelas, bersihkan sisa-sisa debu pengampelasan tersebut hingga bersih agar cat dapat melekat dengan baik.

Proses Finishing

  • Tentukan bidang kayu tersebut akan memberikan hasil close pore atau open pore. Jika Open pore maka Anda cukup langsung diaplikasikan namun apabila close pore maka aplikasikan Biovarnish Wood Filler.
  • Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain yang sudah dilarutkan dengan air. Meskipun teksturnya sudah liquid, penting untuk dilarutkan agar intensitas warnanya tidak terlalu gelap ketika diaplikasikan. Anda dapat menggunakan cara kuas atau semprot kemudian diamkan cat dalam suhu ruangan selama satu jam. Setelah cat tersebut kering sentuh, ampelas ambang menggunakan kertas ampelas grit 400.
  • Untuk memperkuat tampilan coating, aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer yang sudah dilarutkan air dengan cara disemprot. Kemudian diamkan selama satu hingga cat kering sentuh. Dan apabila sudah kering, ampelas ambang dengan kertas ampelas grit 400
  • Terakhir, tentukan tampilan akhir yang diinginkan yakni matte atau gloss. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat ke seluruh permukaan kayu jati hingga merata lalu diamkan selama semalaman atau 24 jam.

Perawatan

Perawatan furniture kayu jati pasca finishing begitu penting agar tampilan cat tetap baru dan terjaga dengan baik. Apabila dapat terlindungi oleh cat dengan sempurna maka furniture pun juga akan lebih awet.

Bagaimana cara perawatan furniture yang baik? Hal yang pasti untuk dilakukan adalah membersihkan setiap harinya menggunakan kemoceng atau lap setengah basah untuk menghilangkan debu atau noda membandel.

Agar tampilan cat tetap awet, Anda dapat mengoleskan poles kayu pada permukaan furniture kayu jati secara merata. Selain dapat menjaga tampilan kayu jati tetap memesona, poles kayu juga mampu melindungi kayu lebih optimal lagi.

Kayu Yang Aman dan Ramah Lingkungan

Biovarnish merupakan cat kayu jati yang aman dan ramah lingkungan. Bahan-bahan yang digunakan telah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional seperti US EPA dan ECHA.

Biovarnish sangat cocok digunakan untuk finishing dengan tampilan natural kayu karena cat tersebut memang diformulasikan khusus sebagai pengganti dari plitur atau pernis.

Tidak hanya sekedar furniture ataupun aksesoris kayu saja, cat kayu ini juga dapat digunakan untuk melapisis furniture ataupun mainan kayu. Cat tersebut aman bagi anak-anak karena tidak terkandung bahan yang beracun selain itu juga tidak mengeluarkan bau cat menyengat.

Kelebihan lain dari cat water based adalah cat ini tidak mudah pudar. Hal ini dikarenakan cat tidak mengalami penguapan akibat kandungan minyak pada umumnya.

Dan untuk proses pengeringannya pun juga lebih cepat karena tidak bergantung pada sinar matahari. Jika pada umumnya cat kayu, harus dikeringkan dibawah sinar matahari agar lebih cepat kering.

Tentu saja akan cukup sulit dan lebih lama jika memasuki musim hujan. Maka dari itu, cat water based bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda yang menginginkan hasil finishing yang cepat.

Dengan menggunakan Biovarnish, Anda dapat menagaplikasikan di indoor. Meskipun tergolong chemical yang ramah lingkungan, tetap saja perhatikan sirkulasi udara yang baik.

Biovarnish merupakan cat kayu yang dapat diaplikasikan ke berbagai media serat alam seperti kayu, rotan, bambu, enceng gondok dan lain-lain. Namun juga dapat diaplikasikan pada kayu olahan seperti MDF, plywood, multiplek dll.

Bagi Anda seorang pengrajin yang memiliki target buyer mancanegara, alangkah baiknya memperhatikan kandungan cat yang digunakan. Meskipun terdapat orang yang abai namun terdapat beberapa negara melarang penggunaan suatu produk dengan lapisan cat solvent based.

Dimana dapat memesan cat Biovarnish?

Caranya sangat mudah, Anda dapat menghubungi via email Bio Industries yakni [email protected] atau langsung hubungi CS ke kontak hotline yang sudah tercantum pada website.

Jika Anda lebih menyukai belanja online via marketplace, Biovarnish juga tersedia di toko marketplace kesayangan Anda. Untuk lebih mudah, silahkan klik link dibawah ini!

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Shopee: https://shopee.co.id/Biovarnish.official.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here