Punya Meja Tapi Warnanya Sudah Nggak Bagus Lagi? Di Cat Antik Saja.

259

Memiliki furniture adalah suatu keharusan dalam hunian karena furniture memberikan berbagai manfaat bagi penghuninya baik untuk menempatkan barang ataupun sebagai penghidup suasana dalam ruangan. Sayangnya, bagaimana dengan meja yang sudah mulai tidak bagus lagi warnanya? Jika sudah seperti ini, banyak yang mengabaikan dan menutupnya dengan kaca atau taplak. Padahal, bisa loh mengecat dengan teknik lain yang akan memberikan kesan astistik yakni kesan antik.

Bagi sebagian orang, furniture dengan kesan antik memiliki nilai seni yang apik dan memberikan daya tarik sendiri. Bahkan, furniture bergaya antik merupakan furniture yang tidak lekang oleh jaman sebab gaya antik tersebut selalu diminati setiap penggemarnya. Nah, nyatanya furniture dengan gaya antik tidak melulu harus diterapkan pada furniture dengan desain lawas seperti memiliki ukiran-ukiran dan lain sebagainya melainkan juga bisa diterapkan pada furniture-furniture kekinian.

Untuk menciptakan kesan antik pada furniture, bisa dilakukan pada furniture yang menggunakan material kayu solid. Sebab, kayu solid memiliki kesan natural dengan serat yang dimilikinya. Lalu bagaimana cara menciptakan kesan antik pada furniture? Untuk menciptakan furniture bergaya antik sebenarnya bisa menggunakan cat dengan teknik wash. Teknik ini mudah diaplikasikan karena Anda cukup menghapusnya setelah diaplikasikan cat.

CS Biovarnish

Finishing dengan teknik wash memang tidak sederhana untuk dilakukan namun perawatan furniture jauh lebih mudah. Meskipun selama finishing harus melalui beberapa tahap, hasil akhirnya sangat memuaskan dengan kesan bernilai tinggi. Apakah bisa dilakukan oleh orang yang masih awam dalam bidang finishing? Tentu saja, finishing ini bisa dilakukan oleh siapapun apabila memperhatikan tekniknya dengan benar. Memang tidak semua orang terlalu tertarik dalam dunia finishing namun adakalanya sebagian orang sangat detail terhadap kesenian furniture maupun perabotan kayu.

Mengenal Cat Khusus Untuk Finishing Wash Dengan Hasil Gaya Antik

Gaya antik pada furniture memiliki nilai seni lebih bagi penggemarnya bahkan adakalanya mereka memperhatikan material yang digunakan. Dan apabila kayu yang digunakan adalah kayu jati tua maka minat terhadap furniture tersebut sangat tinggi. Anda tidak perlu khawatir karena untuk memberikan kesan antik tersebut bisa Anda ciptakan pada furniture yang ada di rumah Anda terutama furniture yang mulai usang.

Seperti yang sudah diulas diatas bahwa untuk menciptakan kesan antik maka harus melalui tahap finishing wash. Jika membicarakan finishing maka harus memerlukan cat yang sesuai untuk hasil antik tersebut. Tidak semua cat bisa digunakan untuk hasil kesan antik, kini Anda bisa menggunakan cat glaze yang mana cat tersebut khusus digunakan untuk teknik finishing wash. Jika Anda menginginkn cara finishing yang mudah dan tanpa harus menggunakan thinner untuk pelarutnya, Anda bisa menggunakan cat glaze berbahan dasar air. Cat glaze ini hanya cukup menggunakan pelarut air dan cukup dihapus menggunakan lap basah jadi tanpa harus menggunakan thinner lagi.

Apa sih bagusnya dari cat glaze berbahan dasar air ini? Buyer luar negeri sangat menyukai produk-produk yang aman sehingga banyak diantara mereka selalu memperhatikan keamanan finishing pada furniture yang ada. Seperti Eropa dan Amerika sebagai contohnya, masyarakat disana banyak mengedepankan hidup sehat dan menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan termasuk furniture yang digunakan. Nah, cat glaze berbahan dasar air ini sangat cocok untuk mengejar pangsa pasar internasional karena notabene cat ini tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya dan cenderung rendah VOC. Standar ini lah yang membuat buyer luar negeri akan mempertimbangkan dalam pemilihan furniture.

Masyarakat dunia sangat memperhatikan produk yang aman dan ramah lingkungan, apakah Anda tidak ingin menjadi seorang yang menjalankan gaya hidup sehat? Gunakan produk finishing yang ramah lingkungan seperti cat glaze berbahan dasar air tersebut. Di Indonesia, cat berbahan dasar air masih minim dijumpai dan bahkan sangat langka. Jikapun terdapat di toko-toko cat, pada umumnya adalah cat yang digunakan untuk tampilan yang umum dipakai oleh masyarakat sepertu natural kayu.

Produk cat glaze berbahan dasar air pertama kali di Indonesia adalah Biovarnish Glaze. Cat ini sudah aman dan ramah lingkungan karena menggunakan bahan-bahan yang tidak berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Terlebih, kandungan bahan yang digunakan sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional sehingga tidak akan menyebabkan dampak buruk pada lingkungan sekitar.

Cara Menciptakan Kesan Meja Antik Menggunakan Biovarnish Glaze

Biovarnish Glaze merupakan produk finishing untuk teknik wash yang diproduksi di Indonesia dan Anda tidak perlu khawatir karena produk finishing yang diproduksi di Indonesia tidak kalah kualitasnya dengan produk-produk finishing yang berasal dari luar negeri. Apakah sudah dijamin mudah diaplikasikan dan keamanannya?

Dari segi keamanan, sudah disinggung diatas bahwa Biovarnish menggunakan bahan-bahan kimia yang disesuaikan dengan standar regulai keamanan internasional. Regulasi yang menjadi standar bahan kimia dari Biovarnish adalah US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach sehingga kandungan timbal dan batasan kandungan VOC dibatasi penggunaannya agar tidak membahayakan bagi aplikator maupun pengguna furniture.

Sedangkan untuk proses aplikasi, Biovarnish Glaze cenderung lebih simple dan mudah digunakan daripada cat glaze pada umumnya. Karena cat ini tidak harus dilarutkan dan dihapus menggunakan pelarut organik seperti thinner atau sejenisnya. Seperti yang diketahui, thinner memiliki kandungan kimia yang berbahaya digunakan terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya untuk berhati-hati ketika menggunakan thinner.

Daripada penasaran, berikut tahap-tahapan finishing wash menggunakan Biovarnish Glaze:

  1. Ciptakan tekstur pada media yang digunakan, disini adalah meja yang Anda miliki. Untuk menciptakan tekstur, sikatkan pada bagian serat kayu menggunakan sikat kawat. Pastikan permukaan sudah memperlihatkan seratnya, Anda bisa meraba bagian permukaan kayu terutama bagian seratnya
  2. Bersihkan permukaan kayu menggunakan amplas terutama yang harus diperhatikan adalah pada bagian serat kayu
  3. Gunakan Biovarnish Wood Stain. Anda bisa menggunakan warna walnut brown untuk menghasilkan kesan gelap. Campurkan terlebih dahulu menggunakan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga homogen. Lalu semprotkan secara tipit-tipis ke permukaan kayu kemudian diamkan selama 60 menit di tempat yang teduh. Apabila sudah kering, amplas ambang permukaan meja menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  4. Gunakan Biovarnish Glaze. Karena tampilannya yang diinginkan adalah klasik natural maka gunakan Biovarnish Glaze dengan warna hitam/black. Campurkan air dengan perbandingan 1 bahan : 5 air kemudian aduk hingga merata. Anda bisa menggunakan spray gun atau kuas lalu aplikasikan ke seluruh permukaan kayu dan pastikan menyerap serta menempel pada sela-sela serat kayu. Diamkan selama kurang lebih 10 menit dan kemudian lap menggunakan kain katun.
  5. Sebagai tahap akhir, gunakan Biovarnish Clear Coat dengan tampilan matte untuk memberikan kesan seperti tanpa pelapisan cat. Campurkan air kemudian aduk hingga merata lalu aplikasikan ke seluruh permukaan meja kayu. Diamkan selama semalam lalu meja sudah bisa Anda gunakan di ruangan Anda.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here