Manufaktur Cat Kayu Mengkilap Biovarnish, Cocok Untuk Furniture Anak

1131

Warna natural dengan kesan hangat akan cocok digunakan untuk furniture anak. Manufaktur cat kayu mengkilap Biovarnish adalah pilihan yang tepat.

Furniture untuk anak membutuhkan perhatian khusus dari Anda sebagai orang tua. Terutama perhatian khusus pada perkembangan dan kesehatan si kecil.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan terutama bagi Anda yang baru pertama kali memiliki anak. Salah satu caranya adalah memilihkan mainan dan furniture untuk anak-anak. Terutama furniture yang akan diletakan di dalam kamar baik itu tempat tidur, meja belajar atau kursi.

CS Biovarnish

Kenapa penting untuk memperhatikan penggunaan furniture tersebut? Banyak orang tua yang belum memahami akan bahayanya penggunaan lapisan cat pada furniture.

Untuk saat ini, kayu merupakan media yang paling ramah lingkungan bagi anak. Namun akan cukup berbahaya bagi kesehatan dan tumbuh-kembang anak terhadap lapisan cat yang digunakan.

Lapisan cat yang berbahaya akan membuat kesehatan anak secara tidak langsung juga terganggu. Pastikan untuk memilih furniture dengan lapisan cat yang aman untuk anak-anak.

Sayangnya, masih banyak furniture yang justru menggunakan lapisan cat yang membuat anak-anak merasa tidak nyaman. Bahkan tidak hanya bagi anak-anak melainkan orang dewasa pun turut merasakannya.

Jika warna natural kayu yang mengkilap dan aman digunakan sebaiknya gunakan cat berbahan dasar air. Bukan kah cat berbahan dasar air hanya digunakan pada tembok?

Baca Juga : cara mengecat yang cocok untuk meja belajar anak kayu jati

cat-kayu-untuk-furniture-anak

Dengan kemajuan teknologi, cat berbahan dasar air mulai dikembangkan. Dan kini dikenal dengan cat acrylic atau cat water based. Anda hanya cukup menggunakan air jika ingin mengencerkan cat tersebut.

Cat ini hadir dengan berbagai macam, salah satunya adalah pelitur. Cat kayu yang sudah umum di dengar oleh masyarakat. Pelitur berbahan dasar air ini juga mudah digunakan bahkan hampir mirip dengan cat konvensional pada umumnya.

Warna cat kayu selalu menjadi primadona untuk menghiasi suatu ruangan. Bahkan warna kayu ini terdiri dari berbagai macam warna yang berdasarkan warna asli kayu. Notabene, warna kayu sendiri beragam mulai dari warna kayu terang seperti kayu jati hingga warna gelap seperti kayu sonokeling.

Warna cokelat kayu akan memberikan kesan natural dan kesan hangat di dalam ruangan. Warna cokelat klasik tidak hanya digunakan untuk furniture orang dewasa juga tetapi warna cokelat juga bisa diaplikasikan pada furniture anak.

Perwujudan furniture anak dengan warna natural dilakukan pada saat proses finishing. Selain warna natural, tampilan glossy yang mewah akan Anda dapatkan. Pilihan warna natural juga lengkap tergantung warna yang diminati, apakah mahoni, yellow teak, walnut brown, salak brown, dll.

Cara Memilih Furniture Anak

Menentukan furnituriie anak berarti pemilihan aman harus sangat dipehatikan. Furniture aman akan menjaga kondisi fisik anak Anda tetap sehat.Berikut ini ciri-ciri furniture yang aman yang harus diperhatikan.

  1. Tidak Bersiku tajam.

Siku pada furniture adalah bagian yang bisa menyebabkan kecelakaan bagi anak-anak. Luka fisik bisa terjadi jika Anda memilih furniture yang bersiku tajam. Hindari siku tajam, pilih furniture yang bersiku tumpul.

  1. Memiliki tinggi tertentu.

Tinggi suatu furniture harus disesuaikan dengan tinggi anak Anda. Terutama jika Anda sedang dalam tahap belajar jalan. Kemungkinan anak berpengangan pada furniture dan tertimpa furniture bisa saja terjadi. Sudah banyak kasus balita tertimpa lemari, maka perhatikan tinggi furniture yang tepat.

  1. Lapisan cat.

Jika furniture menggunakan lapisan cat maka cek apakah furniture memiliki bau menyengat. Jika bau tersebut tersebar di dalam ruangan berarti furniture menggunakan cat yang mengandung formalin. Untuk menghindari hal itu pilih finishing yang menggunakan cat kayu water based.

Ciri-ciri furniture anak yang aman tersebut adalah ciri dasar yang harus diperhatikan terutama pada pemilihan ciri finishing. Penyakit yang ditimbulkan dari cat memang tidak berefek saat itu juga tetapi dalam jangka panjang. Gunakan produk dari manufaktur cat kayu mengkilap Biovarnish.

Biovarnish diformulasikan khusus untuk finishing pada material serat alam dengan warna natural kayu yang transparan. Cat ini juga dilengkapi dengan fitur daya rekat film yang kuat serta transparansi warna yang tajam.

Sehingga, ketika cat diaplikasikan ke permukaan kayu secara merata akan menampilkan permukaan kayu yang tajam. Dan cat ini juga tidak mudah mengelupas meskipun sudah lama digunakan.

Kelebihan cat ini dibandingkan cat kayu pada umumnya adalah tidak mudah pudar. Cat yang pudar biasanya dikarenakan adanya penguapan. Sedangkan penguapan ini hanya terjadi pada jenis cat solvent.

Cat solvent mengandung minyak dan bahan kimia tertentu yang membuat cat tersebut menguap. Sedangkan ketika cat menguap, uap cat tersebut membawa partikel kimia yang berbahaya. Inilah yang disebut dengan VOC yakni senyawa organik yang mudah menguap dan beracun.

Sedangkan regulasi United State Enviromental Protection Agency (EPA) disebutkan dalam halaman websitenya bahwa VOC berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.

Sedangkan untuk media yang dapat diaplikasikan, hampir seluruh serat alam dapat diaplikasikan Biovarnish. Bahkan Biovarnish juga dapat diaplikasikan untuk kayu olahan dan kebutuhan outdoor seperti kursi teras, garden furniture atau gazebo.

Biovarnish menyediakan berbagai produk yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan yakni mulai dari dempul, wood stain, sanding sealer, cat glaze dan topcoat.

Semua produk yang dibutuhkan selama finishing, Biovarnish tersedia. Menariknya adalah untuk proses pengeringan, Anda tidak perlu mengeringkan cat berbahan dasar air ini di bawah sinar matahari langsung melainkan hanya cukup didiamkan dalam suhu ruangan saja.

Untuk mempermudah Anda dalam finishing, berikut langkah-langkah finishing menggunakan Biovarnish:

Persiapan:

  1. Peralatan

Persiapkan kuas/spray gun, kertas ampelas no 320 dan 400, pisau palet, wadah dan cat yang akan digunakan

  1. Media

Pastikan media yang akan digunakan telah bersih dan permukaannya lebih rata. Namun jika masih terdapat kotoran dan permukaan belum rata maka ampelas terlebih dahulu menggunakan kertas ampelas yang permukaannya kasar.

Setelah diampelas, bersihkan sisa debu pengampelasan tersebut sehingga permukaan media siap untuk difinishing.

Tahap Finishing:

  1. Jika menginginkan hasil close pore maka aplikasikan Biovarnish Wood Filler ke seluruh permukaan kayu secara merata. Diamkan selama 20-30 menit dalam suhu ruangan kemudian ampelas ambang dengan grit 320 apabila sudah kering sentuh.
  2. Pilih warna cat yang nantinya akan menciptakan tampilan kayu. Biovarnish menyediakan 20 varian warna yang dapat Anda pilih sesuai keinginan. Untuk mengaplikasikannya, encerkan Biovarnish Liquid Stain dan air lalu aduk hingga tercampur. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 60 menit dalam suhu ruangan. Jika sudah kering sentuh, ampelas ambang dengan kerta ampelas grit 400
  3. Untuk memperhalus tekstur coating, aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer yang sudah dilarutkan dengan air. Kemudian kuaskan atau semprotkan ke seluruh permukaan kayu secara merata. Diamkan selama 60 menit, apabila sudah kering sentuh maka ampelas halus dengan kertas ampelas grit 400
  4. Tahap akhir, aplikasikan Biovarnish Clear Coat gloss untuk mendapatkan tampilan mengkilap. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu dengan merata. Jika sudah diaplikasikan, diamkan selama semalaman atau cat tersebut kering dan furniture siap packing atau digunakan.

Selain cat dengan warna natural dan aman tingat glossy yang diberikan setingkat 80%. Untuk mendapatkan tampilan gloss maksimal maka Anda dapat mengulang pengaplikasian cat beberapa layar hingga mendapatkan tingkat gloss yang diinginkan.

Perawatan Pasca Finishing:

Perawatan setelah finishing sebenarnya tidak lah sulit. Cukup dilakukan secara rutin maka tampilan furniture selalu terjaga dengan baik. Caranya adalah dengan membersihkan permukaan furniture dengan kemoceng atau lap setengah basah apabila terdapat debu yang cukup membandel.

Dan apabila ingin merawat tampilan furniture tampak seperti baru maka Anda dapat mengoleskan poles kayu secara berkala setidaknya sebula sekali. Cara ini tidak hanya menjaga tampilan furniture saja namun juga dapat menjaga kualitas media dari serangan jamur, serangga dll.

Manufaktur Cat Kayu Mengkilap Biovarnish Akses Online

Manufaktur cat kayu yang khusus mengembangkan cat water based yang ramah lingkungan adalah Bio Industries. Tidak hanya cat warna natural saja, manufakturing ini juga mengembangkan cat duco dengan kualitas yang baik dan tentunya ramah lingkungan.

Dengan pengalaman dan minat pasar yang selalu berkembang, manufakturing cat ini tetap mempertahankan cat water based sebagai produk unggulan. Dengan demikian, cat ini justru menjadi pelopor cat water based yang kini semakin populer di kalangan masyarakat.

Hal ini berawal dari tren penggunaan produk ramah lingkungan. Cat water based kembali eksis yang dulunya sempat tenggelam karena cat jenis lainnya. Ya, cat water based sempat populer jauh sebelum cat solvent berkembang.

Kembalinya inovasi cat water based ini yakni sebagai cat kayu menjadi lebih dinantikan. Pasalnya cat tersebut tidak mengeluarkan bau yang menyengat sehingga lebih nyaman ketika langsung digunakan.

Terlebih formula pada bahan-bahan yang digunakan tidak berbahaya sehingga aman. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa cat water based merupakan cat rendah VOC.

Begitu pula dengan Biovarnish yang sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia dari US EPA dan ECHA Reach. Sehingga cat ini aman digunakan, tidak beracun dan rendah VOC.

Kemudahan pembelian cat kayu Biovarnish bisa diakses sekarang juga. Anda tinggal menghubungi costumer service melalui kontak hotline yang sudah tercantum di website ini. Atau Anda dapat mengirim via email untuk pemesana yakni [email protected].

Jika ingin melakukan pembelian yang lebih mudah, Anda dapat melakukan pembelian via marketplace yakni

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Shopee: https://shopee.co.id/Biovarnish.official

Untuk pembelian offline, Anda dapat membeli produk Biovarnish di agen-agen resmi Bio Industries terdekat di daerah Anda.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here