Tips dan Cara Finishing Kayu Palet

2019

Finishing merupakan proses akhir dalam pekerjaan produksi furniture. Berbagai jenis kayu tentunya akan difinishing untuk mendapatkan jenis furniture dengan warna yang menarik.

ALT

Proses finishing bukanlah hal yang cukup mudah. Finishing memerlukan ketelitian dan juga harus mengetahui jenis kayu yang akan difinishing. Kayu dengan jenis tertentu harus diberi cat dasar terlebih dahulu sebelum proses pengecatan akhir. Ada juga kayu dengan tipe yang hanya diberi satu lapisan cat saja tanpa cat dasar. Proses finishing yang baik akan menghasilkan furniture yang baik pula.

CS Biovarnish

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses finishing. Oleh sebab itu, finishing harus dilakukan oleh orang ahli. Akan tetapi mungkin apabila finishing dilakukan oleh tukang bangunan akan membutuhkan dana yang besar. Sebenarnya, finishing dapat dilakukan sendiri di rumah. Kali ini yang akan menjadi topik finishing adalah finishing untuk kayu palet.

Berikut tips dan cara finishing kayu palet yang dapat anda lakukan.

  1. Persiapkan bahan

ALT

Tahap pertama dalam proses finishing atau pengecatan adalah persiapan alat dan juga bahan. Pengecatan membutuhkan alat yang cukup sederhana dan mudah didapatkan di pasaran atau pun di toko bangunan. Alat seperti kuas atau alat penyemprot cat, masker, sarung tangan dan plastik atau kertas yang lebar. Bahan yang dibutuhkan adalah cat dan air. Pilih cat dengan warna yang anda inginkan. Untuk kayu palet anda dapat menyesuaikan warna cat kayu dengan warna tema ruangan.

  1. Alasi lantai bawah

Sebelum proses pengecatan dimulai, pastikan siapkan koran bekas atau kertas bekas untuk memberi alas di bawah kayu yang akan dicat. Anda juga dapat menggunakan bahan plastik sebagai alas untuk menutupi lantai agar tidak terkena noda cat. Dalam proses finishing terkadang ada cat yang menetes di lantai. Plastik atau koran akan menghalanginya, sehingga dipastikan tidak ada noda yang terjatuh di atas lantai dan lantai tetap dalam keadaan bersih setelah proses pengecatan.

  1. Cat di tempat yang terbuka

ALT

Sebaiknya proses finishing dilakukan di tempat terbuka agar sirkulasi udara berjalan dengan lancar. Apabila menginginkan untuk mengecat kayu di dalam ruangan maka sebaiknya semua pintu dan jendela ruangan dalam keadaan yang terbuka. Jangan lupa gunakan masker penutup mulut dan hidung untuk menghindari bau menyengat dari cat yang dihasilkan. Selain itu gunakan sarung tangan untuk melindungi tangan anda dari cat yang diaplikasikan sehingga tangan tidak terkesan berwarna-warni setelah proses pengecatan.

  1. Pilih cat yang tepat untuk kayu palet

Berbagai jenis cat dapat dipilih di pasaran. Untuk kayu palet dapat dicat dengan menggunakan pernis atau plitur untuk menonjolkan keindahan serat kayu. Sangat disarankan untuk memilih pernis atau plitur water based yang aman dan kualitasnya juga tidak kalah dibandingkan pernis dan plitur solvent based.

  1. Aplikasikan cat dengan kuas

ALTProses akhir adalah pengecatan yang benar. Gunakan kuas atau alat penyemprot khusus untuk cat. Apabila menggunakan kuas maka kuas bagian kayu dengan hati-hati. Pengecatan dengan pernis atau plitur memerlukan kehati-hatian. Aplikasikan pernis atau plitur pada kayu palet sesuai saran aplikasi dari produsen.

Jika Anda menggunakan kuas, kuaskan secara hati-hati agar terhindar dari efek brush marking. Selain pernis atau plitur berpelarut solvent, Anda bisa memilih cat kayu water based yang mudah diaplikasikan tanpa meninggalkan jejak brush mark seperti Biovarnish. Cat jenis ini dapat diaplikasikan dengan mudah untuk kayu palet.

Demikian beberapa tips untuk anda untuk mengecat kayu palet. Cobalah tips-tips diatas untuk hasil yang maksimal.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here